Selain mendobrak batasan-batasan seperti halnya ruang dan waktu, e-learning menawarkan sejumlah keunggulan lainnya. Karena banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan, ­e-learning menjadi kian populer untuk mendukung kegiatan pendidikan hingga bisnis (perusahaan). Dengan menggunakan e-learning, kita dapat secara langsung berkontribusi dalam pengurangan penggunaan kertas. Selain itu juga, e-learning tidak memerlukan perpindahan tempat (perjalanan) yang alhasil menggunakan lebih sedikit sumber daya yang secara optimal menghemat banyak energi. 

Melalui artikel ini, Anda bisa mengetahui lebih lanjut keuntungan-keuntungan yang ditawarkan oleh metode ­e-learning. Yuk simak informasinya! 

Hemat biaya (cost efficient)

Platform pelatihan online memungkinkan perusahaan untuk mengurangi anggaran pelatihan dalam jangka panjang. Karena, sistem pelatihan online meminimalisir berbagai biaya yang biasanya terkait dengan pelatihan tatap muka. Beberapa diantaranya yakni biaya perjalanan dan akomodasi, konsumsi, sewa tempat, dan biaya percetakan. Kelas tatap muka mengharuskan peserta sekaligus pelatih melakukan perjalanan ke lokasi pelatihan yang ditentukan. Sementara itu, dengan e-learning tidak ada biaya perjalanan atau akomodasi yang perlu dikeluarkan karena peserta dapat mengikuti sesi pelatihan dari rumah atau dimanapun mereka inginkan. Kemudian, biaya konsumsi seperti camilan atau makan berat pada jam istirahat yang umumnya timbul dan ditanggung oleh perusahaan pada sesi pelatihan tradisional juga dapat dieliminasi.

Selain itu, ruang fisik yang memadai dibutuhkan untuk menjalankan pelatihan. Biasanya, perusahaan perlu menyewa tempat terpisah untuk mengakomodir peserta pelatihan agar mendapatkan pengalaman pelatihan yang nyaman. Yang terakhir, perusahaan dapat menghemat biaya cetak karena materi pelatihan dapat diunggah, didistribusikan, dan diakses secara online. Singkatnya, biaya e-learning dapat mengurangi biaya pelatihan secara signifikan dalam jangka panjang karena dapat meminimalisir biaya-biaya yang timbul pada pelatihan tradisional. Selain itu, biaya pembuatan materi hanya terjadi satu kali karena materi yang sama dapat digunakan untuk beberapa sesi pembelajaran. 

Baca juga  Macam-macam E-learning yang Wajib Kamu Ketahui

Hemat waktu (time efficient)

Bentuk pelatihan e-learning dapat menghemat waktu pembelajaran dikarenakan beberapa hal. Yang pertama, peserta pelatihan dapat belajar dengan kecepatan atau pace mereka masing-masing. Kemudian, terkadang waktu dalam kegiatan pembelajaran di kelas habis terpakai untuk sesi tanya-jawab yang bisa jadi tidak relevan bagi sebagain kebutuhan peserta secara individu. Selain itu, peserta juga memiliki kebebasan untuk melewatkan elemen pembelajaran yang sudah mereka pahami atau tidak relevan. Karena peserta biasanya hanya ingin mendalami materi yang belum mereka kuasai.

E-learning mendukung gaya dan kebutuhan belajar individual karena materi dapat disampaikan lewat media yang menggabungkan informasi dengan berbagai bentuk (visual, auditori, atau kinestetik). Konsep-konsep yang rumit dapat disampaikan secara lisan dan didukung oleh animasi, bagan, ataupun gambar. Karena peserta pelatihan juga dapat menyesuaikan pembelajaran dengan jadwal mereka sendiri, mereka dapat menggunakan waktu dengan lebih efisien. Materi juga selalu tersedia, sehingga mereka dapat dengan cepat mengatasi kesulitan dengan meninjau Kembali materi-materinya.

Ramah lingkungan

E-learning mengurangi konsumsi energi sehingga dapat membantu kita menghadapi tantangan perubahan iklim global. Materi pembelajaran dapat diakses secara bebas secara online. Materi fisik seperti buku teks dan kertas tes tidak lagi dibutuhkan. Sehingga, penebangan pohon untuk pemebnuhan kebutuhan kertas dapat ditekan. Hal ini secara tidak langsung memberikan peran bagi perusahaan dalam mengurangi resiko penggundulan hutan. Terlebih lagi, pengajar dapat memperbaharui materi berkali-kali tanpa batas dengan biaya yang lebih terjangkau. Terlebih lagi, ruang kelas menghabiskan energi untuk memberi daya, menggunakan banyak tenaga listrik untuk teknologi, penerangan, dan sistem pendingin. Selain itu, penggunaan e-learning dapat mengurangi polusi dan emisi karbon dioksida yang tercipta dari kendaraan bermotor. Karena, transportasi merupakan salah satu kontributor terbesar terhadap perubahan iklim.

Baca juga  New year new Skills!

Ternyata, banyak ya keunggulan dari e-learning? E-learning tentu saja dapat menjadi solusi bagi perusahaan-perusahaan untuk menghadirkan pelatihan berkualitas dengan biaya yang lebih efisien. Namun, perusahaan dihadapkan dengan tantangan untuk menghadirkan model e-learning yang dapat menjawab semuan kebutuhan pesertanya, misalnya ketersediaan program hybrid. Kemudian memberikan layanan pembelajaran yang efektif melalui bantuan individual secara jarak jauh dengan menggunakan teknologi dan mempercepat proses transformasi digital. Dan yang terakhir, model pembelajaran yang terukur dan sesuai dengan standar harus dibuat untuk memaksimalkan penilaian capaian belajar.

Share with Your Friends!
Avatar for Talitha Fakhira
Research and Development team

Leave a Comment