Jika Netflix membutuhkan 3.5 tahun. Facebook membutuhkan 10 bulan. Instagram mengejutkan kita dengan membutuhkan 2.5 bulan.

Dan datanglah ChatGPT.

Yang hanya membutuhkan 5 hari untuk varian model GPT (Generative Pre-trained Transformer) ini mendapatkan 1 juta pengguna.

Y Uvnk1DQFxfbsGEE4U5V7kDJnVVsU 1ZkkcoPJe0jLigA1ZwTeAhuqJgll8jiwBA2J4rj6AYu3P7DsDUI6UZpvRFlF5Ccw26t0cMjAsYymkHFlYIL1p7j2nOkIREGDwJ8p R chRJbd8Xa lUdy9r4

Sumber Foto

Di mulai dari tahun 2022, OpenAI, menciptakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang bisa digunakan untuk riset and perkembangan sebuah perusahaan. Bahkan, AI ini sangat memiliki potensi yang tinggi untuk merubah cara melakukan pemasaran dan periklanan dalam sebuah industri.

Lanjut baca untuk mengetahui bagaimana caranya.

Apa itu ChatGPT?

ChatGPT adalah sebuah program komputer yang menggunakan kecerdasan buatan, dirancang khusus untuk  menghasilkan respons teks yang mirip dengan gaya percakapan manusia.

Model GPT didasari oleh arsitektur pembelajaran yang disebut transformer, yang telah merevolusi dalam bidang pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing/NLP).

Model AI ini memanfaatkan fungsi dari NLP untuk memahami dan menghasilkan teks, memungkinkannya untuk menginterpretasikan pertanyaan pengguna, menjawab pertanyaan, memberikan rekomendasi, dan terlibat dalam percakapan multi-turn.

Ketika seseorang melakukan percakapan dengan ChatGPT, semua pertanyaan tersebut akan dijawab berdasarkan data yang dapat mereka akses.

Oleh karena itu, dia memiliki kemampuan untuk menghasilkan respons informatif dan kreatif, menjadikannya alat serbaguna untuk berbagai aplikasi dalam pemasaran, layanan pelanggan, penciptaan konten, dan lain sebagainya.

Fungsi lain ChatGPT:

  • Menjawab pertanyaan lanjutan (follow-up questions).
  • Mengakui kesalahan.
  • Menantang premis yang salah.
  • Menolak permintaan yang tidak pantas

Dan masih banyak fungsi lain dari AI ini, karena memiliki kemampuan jawab seperti seorang manusia.

Baca juga  Decision Making, Skill Penting dalam Dunia Bisnis

5 Fungsi Spesial ChatGPT (AI) untuk Pemasaran

Ide Konten

Membuat ide konten merupakan salah satu tugas yang paling penting dari seorang pemasar. Karena, ini sama halnya seperti menjawab pertanyaan, bagaimana cara mendapatkan perhatian dari pelanggan? Tren apa yang paling signifikan? Atau lebih baik lagi, bagaimana mereka bisa menciptakan tren?

Meskipun pembuatan ide konten sangat membutuhkan seorang pemasar yang hebat, kali ini ChatGPT hadir untuk membantu dalam proses ideasi, penulisan, dan konten dengan waktu yang sangat singkat.

Seorang pemasar dapat memanfaatkan AI ini untuk membuat konten yang menarik, seperti:

  • Konten blog: Dengan memasukan kata kunci (keywords) yang spesifik ke dalam pertanyaan. Model AI ini akan memberikan jawaban dengan konten original berkualitas tinggi yang ramah SEO dan menarik bagi audiens target.
  • Konten media sosial: Jika seorang pemasar ingin membuat konten media sosial di Facebook, Instagram, Twitter and LinkedIn. kata-kata yang sedang tren dan mengoptimalkan teks pendek, singkat atau lebih panjang, teks bergaya blog untuk pengguna dapat didapatkan melalui pencarian database oleh teknologi AI.
  • Skrip video: Model AI memiliki kemampuan membuat skrip video untuk pemasaran dan promosi. Yang terpenting, seorang peminta harus mencantumkan informasi yang lebih jelas dan gaya skrip yang akan dibuat.

Generasi Prospek

Model AI dapat memberikan panduan dan saran untuk strategi generasi prospek bagi sebuah perusahaan. Namun, penting untuk dicatat bahwa implementasi dan eksekusi strategi ini membutuhkan keahlian dan keterlibatan manusia. 

Meskipun dia dapat membantu menghasilkan ide dan memberikan wawasan, implementasi taktik generasi prospek umumnya melibatkan kombinasi keahlian pemasaran, kreativitas, dan pengambilan keputusan secara real-time.

Untuk lebih spesifiknya, berikut merupakan beberapa strategi generasi prospek dari ChatGPT yang dapat dipertimbangkan:

  • Pemasaran Konten
  • Pemasaran Email
  • Pemasaran Media Sosial
  • Halam Tujuan dan Magnet Prospek
  • Program Referral
  • Webinar atau Acara Virtual
Baca juga  5 Langkah Pemasaran Strategis untuk Capai Tujuan Bisnis

Dan jangan lupa, generasi prospek adalah proses yang berkelanjutan yang membutuhkan pemantauan, optimisasi, dan adaptasi terus-menerus berdasarkan hasil dan umpan balik yang diterima.

Manajemen Media Sosial

Banyak dari brand menggunakan AI untuk mengatur media sosial mereka. Meskipun ada beberapa platform di luar sana yang menangani penjadwalan, perampingan, dan pengoptimalan, AI ini dapat melakukan tugas yang sama, seperti:

  • Pengaturan jadwal: Model AI dapat memberikan arahan untuk setiap brand yang memerlukan penjadwalan media sosial mereka. Hal ini juga termasuk penjadwalan postingan media sosial berdasarkan perilaku audiens, preferensi, dan waktu penggunaan puncak.
  • Analisis: Program ini dapat menganalisis data dan memberikan pengetahuan tentang perilaku, preferensi, dan tren konsumen untuk memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk menciptakan strategi yang lebih kuat.
  • Iklan: Ketika seorang pemasar meminta rekomendasi terbaik untuk format dan elemen kreatif dalam kampanye sebuah perusahaan. ChatGPT menjadi salah satu pilihan yang dapat melakukannya.

Dukungan dan Keterlibatan Pelanggan

ChatGPT dapat digunakan untuk menangani pertanyaan pelanggan dan memberikan dukungan secara real-time. Varian model AI ini dapat memberikan respons otomatis untuk pertanyaan yang sering diajukan, membantu dalam pemecahan masalah, dan terlibat dalam percakapan personal untuk meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan.

  • Chatbots otomatis: mampu mengelola permintaan layanan pelanggan yang terus terang dan berulang, termasuk tugas seperti melacak pesanan, memberikan informasi akun, dan menawarkan detail tentang produk.
  • Self-service: memungkinkan pelanggan menemukan solusi untuk masalah mereka secara mandiri. ChatGPT dapat mengarahkan pelanggan ke pertanyaan umum (FAQ), tutorial, dan video, yang dapat menyelesaikan pertanyaan mereka tanpa memerlukan bantuan langsung dari agen dukungan pelanggan.
  • Dukungan Multi-Bahasa: Kesulitan mencari pelayan konsumen yang bisa berbagai bahasa dapat diganti dengan penggunaan AI ini. 
Baca juga  Evolusi Framework Marketing Funnel

Personalisasi dan Rekomendasi

ChatGPT dapat menganalisis data pelanggan dan interaksi untuk memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi atau penawaran pemasaran yang disesuaikan. Dengan memahami preferensi pelanggan dan pola perilaku, pemasar dapat membuat kampanye yang lebih ditargetkan dan efektif.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh AI ini, mereka juga dapat memberikan rekomendasi terhadap: produk, konten dan pengiklanan.

Kelemahan ChatGPT untuk Pemasaran

Meskipun banyak dari bermacam aspek pemasaran dapat dilakukan melalui model AI ini, tetapi masih banyak pekerjaan yang tidak bisa mereka gantikan dan memerlukan campur tangan manusia.

  1. ChatGPT tidak bisa melakukan tugas yang bersifat fisikal, seperti mengirimkan fisikal produk, dan juga memimpin pertemuan tim tentang kepribadian dan melakukan riset pasar secara langsung.
  2. Tidak ada jaminan 100% terhadap data yang diberikan, basis data yang diberikan diperoleh melalui apa yang tersedia di internet – dan tidak semua yang di internet itu benar. Oleh karena itu, seorang pemasar harus cerdas dalam memilih informasi yang relevan.
  3. Tidak ada pengganti dalam memberikan keputusan. Terlepas dari data dan rekomendasi yang AI berikan, insting dari seorang pemasar masih sangat diperlukan pada saat sebelum melakukan pemasaran kepada publik.
Share with Your Friends!

Leave a Comment