Apa Itu Entrepreneurial Marketing MBA (ENMARK-MBA)?

By

Iman Fadhilah

| Published

Apa Itu Enterepreneurial Marketing MBA (ENMARK) di MarkPlus Institute?
Ilustrasi Entrepreneur (Dok. Unsplash)

Jika Anda adalah seorang fresh graduate, pekerja profesional, atau wirausahawan yang ingin meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di dunia bisnis tingkat lanjut, mungkin program Entrepreneurial Marketing MBA cocok untuk Anda. Tapi tahukah Anda, apa itu Entrepreneurial Marketing MBA?

Entrepreneurial Marketing MBA (ENMARK-MBA) adalah program magister kerjasama antara MarkPlus Institute x SBM ITB yang mencakup pengajaran dan penanaman mindset kewirausahaan, marketing, bisnis, dan manajemen.

Dalam persaingan dunia bisnis modern ini, melengkapi diri dengan ilmu dan keterampilan yang cukup sangatlah penting untuk menunjang keberlanjutan bisnis atau karir profesional Anda.

Pada artikel ini, kami akan membahas seputar apa itu entrepreneurial marketing MBA, hal-hal yang dipelajari, pengajar terkemuka yang membimbing dalam proses belajar, hingga kenapa Anda harus memilih program ENMARK-MBA sebagai pilihan studi lanjutan Anda, mari simak!

Apa Itu Entrepreneurial Marketing MBA?

Apa Itu Entrepreneurial Marketing MBA atau ENMARK-MBA?
Jacky Mussry, CEO MarkPlus Inc. Mengajar di Kelas Entrepreneurial Marketing MBA (Dok. MarkPlus Institute)

Entrepreneurial Marketing MBA (ENMARK-MBA) adalah sebuah program pendidikan pascasarjana yang didesain oleh MarkPlus Institute bersama SBM-ITB sejak 2021.

Program ini ditujukan untuk para wirausahawan dan pekerja profesional untuk meningkatkan kualitas pemikiran dan pendekatan strategis dalam keberlangsungan bisnis atau karirnya.

ENMARK-MBA menggabungkan semua prinsip dasar mengenai strategi pemasaran, strategi bisnis, manajemen, dan ilmu entrepreneurial.

Dengan pembelajaran dari penggabungan beberapa konsep di atas, harapan utama yang didapatkan para mahasiswa adalah mindset dan skill lengkap yang dapat menunjang kemampuan mereka dalam dinamika ekosistem bisnis pada masa kini. 

Materi yang akan diajarkan dalam ENMARK-MBA didasarkan pada buku Entrepreneurial Marketing (2023) karya Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Jacky Mussry.

Buku tersebut berisi pemahaman yang mengkonvergensikan cara berfikir seorang wirausahawan dan profesional yang ingin meningkatkan keberlanjutan bisnis mereka mulai dari sisi pemasaran, konsep bisnis, strategi, dan taktik di jangka panjang.

Mengapa Entrepreneurial Marketing MBA Penting Untuk Karir Anda?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa ENMARK-MBA penting untuk karir Anda:

  1. Langkah Strategis Untuk Memulai Bisnis Baru

Berdasarkan riset MarkPlus, sebanyak 20% pengusaha atau entrepreneur dapat mengalami kegagalan pada tahun pertama, sedangkan 50% entrepreneur tidak dapat bertahan dalam dunia bisnis dalam jangka waktu lima tahun.

Melihat adanya kemungkinan gagal yang besar, maka akan lebih bijak jika seseorang melengkapi pengetahuan dengan ilmu sebanyak mungkin untuk mulai sebagai entrepreneur.

Dengan mempelajari ilmu entrepreneurial dan marketing, Anda akan dapat lebih memahami prinsip-prinsip dan cara ketika ingin memulai bisnis, menyikapi kegagalan, mengumpulkan ide lebih efektif, dan menciptakan bisnis yang solid di lingkungan bisnis yang memiliki resiko tinggi.

  1. Skill yang Lebih Terasah
Baca juga  Sertifikasi Gelar Bertaraf Internasional: Mengapa Ini Penting dalam Dunia Profesi?

Untuk membuat startup yang sukses, sebuah perusahaan perlu memiliki kemampuan adaptasi dan faktor pembeda untuk menjadi perusahaan yang besar. 

Namun, untuk menjadi perusahaan yang besar, kemampuan adaptasi terhadap perubahan saja tidak cukup. Anda dituntut untuk menggabungkan beberapa metode manajemen dan dinamika dari dua disiplin ilmu lama dan yang baru. 

Menggabungkan dua metode ini tidaklah mudah, namun di ENMARK-MBA diajarkan bagaimana hal tersebut dapat menjadi senjata utama dalam menghadapi tantangan bisnis di era modern ini.

  1. Meningkatkan Kualitas Bisnis Anda

Kompetitor bisa datang dari arah mana saja dan memiliki caranya masing-masing untuk menguasai pasar. Mereka memiliki metodenya masing-masing untuk memperbesar perusahaan beserta labanya.

Maka, pada program ENMARK-MBA akan diajarkan pula prinsip-prinsip entrepreneur dan marketing yang akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dan penjualan.

  1. Pelajari Ilmu Marketing Tingkat Lanjut

Sebenarnya, marketing tidak hanya sekedar hal melakukan promosi terhadap produk atau jasa. Melainkan, marketing merupakan metode kompleks yang mencakup analisis pasar, segmentasi customer, targeting, pricing, dan masih banyak lagi.

Karena seorang MBA akan dilatih menggunakan ilmu marketing dan manajemen tingkat lanjut, maka Anda akan memiliki teknik promosi yang lebih baik dari perusahaan lain.

Dalam menempuh ENMARK-MBA, mereka akan dirancang untuk mengetahui bagaimana teknik penjualan dan pemasaran yang baik agar lebih maksimal. Tentunya dengan mengedepankan kepuasan pelanggan dan peningkatan ROI.

Apa Saja yang Dipelajari di Entrepreneurial Marketing MBA

Program MBA yang dirancang oleh MarkPlus Institute dan SBM-ITB Jakarta yang memiliki masa tempuh sebanyak tiga semester panjang dan satu semester pendek (18 bulan) serta dibagi ke dalam 39 SKS pembelajaran.

Sebagai gambaran singkat, berikut adalah beberapa materi yang akan diajarkan di ENMARK-MBA di semester 1:

  1. Marketing Management

Marketing adalah sebuah seni dan ilmu dalam mempengaruhi seseorang untuk membeli produk, jasa, atau pengalaman. 

Di ENMARK-MBA, Anda akan dituntut untuk mengerti kompleksitas dari masyarakat sebagai calon customer yang memiliki karakteristik berbeda dan cara pendekatan yang berbeda.

  1. Operations and Supply Chain Management

Tujuan utama dari operations management adalah untuk menyampaikan keunggulan perusahaan dan servis dengan cara yang efektif. Dalam kata lain, seberapa efisien dan efektif suatu pekerjaan adalah ukurannya. 

Sehingga, diharapkan para siswa mampu untuk menerapkan perencanaan kerja secara cepat, efisien, tanpa kesalahan, dan biaya yang rendah. Karena, kemampuan operations dan supply chain wajib hukumnya dimiliki oleh setiap manajer.

  1. Business Ethics, Law, and Sustainability

Business Ethics, Law, and Sustainability adalah ilmu yang memberikan perspektif etika, hukum dasar, dan kasus-kasus terkait keberlanjutan perusahaan melalui kegiatan bisnis. 

Maka dari itu, mahasiswa diharapkan memiliki kesadaran akan kompleksitas kegiatan bisnis dan mampu mengambil pendekatan yang lebih holistik.

Baca juga  6 Perbedaan Marketing Technology dan Advertising Technology

Tentunya dengan didasarkan pada kombinasi kacamata etika, hukum, dan keberlanjutan yang nantinya akan digunakan dalam memulai dan melaksanakan inisiatif dan transaksi bisnis.

  1. Financial Report

Siswa akan mempelajari bagaimana pencatatan transaksi perusahaan, dikompilasi, dan disampaikan kepada para pembaca, serta membuat hasil akhir yang berisi kondisi keuangan perusahaan.

Siapa Saja yang Dapat Mengikuti Entrepreneurial Marketing MBA 

Tidak ada persyaratan khusus untuk mengikuti Entrepreneurial Marketing MBA, begitu juga dengan batasan usia atau spesifik latar belakang pendidikan tertentu. 

Sehingga, program ENMARK-MBA dapat diikuti oleh semua orang yang tertarik untuk menempuh pendidikan di tingkat master.

Siapa saja yang bisa mengikuti program ini? Mulai dari fresh graduate, pebisnis, pekerja profesional, dan lainnya dapat mengikuti program ini.

Namun, pastikan Anda memiliki beberapa persyaratan dokumen yang perlu dilampirkan dalam proses pendaftaran, seperti; Ijazah S1, Hasil Tes TOEFL/IELTS/ELPT ITB, TPA/GMAT dan beberapa persyaratan tambahan lainnya.

Pengajar di Entrepreneurial Marketing MBA

Kami memiliki sejumlah akademisi di dalam lingkup MarkPlus yang merupakan expert mengajar dalam bidang entrepreneur, marketing, manajemen, dan konsultan bisnis.

Para pengajar telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam masing-masing bidangnya, yang akan memastikan bahwa seluruh peserta didik akan mendapatkan pengajaran berkualitas tinggi.

Beberapa pengajar yang akan memimpin kelas di ENMARK-MBA adalah:

  • Dr. Yos Sunitiyoso –  Director of SBM-ITB Jakarta Campus
  • Dr. Jacky Mussry – Deputy Chairman of MCrop dan CEO of MarkPlus Institute
  • Yudo Anggoro, Ph. D –  Lecturer of SBM-ITB
  • Yosanova Savitry, MBA – Deputy CEO of MarkPlus, Inc.
  • Dr. Agung Wicaksono – Academic Committee SBM-ITB Jakarta Campus
  • Ardhi Ridwansyah, M.Si. – COO of MarkPlus Institute

Bagaimana Metode Pembelajaran di ENMARK-MBA

Di ENMARK-MBA, mahasiswa akan diberikan pendekatan belajar sambil melakukan praktek langsung sesuai dengan hal-hal yang akan terjadi dalam kegiatan sehari-hari, khususnya karir profesional mereka.

Beberapa pendekatan langsung yang akan diberikan seperti penyelesaian project marketing, business immersion, studi kasus yang relevan dengan dinamika bisnis masa kini, dan partisipasi di dalam event marketing terbesar di Indonesia.

Proses belajar mengajar di ENMARK-MBA menggunakan konsep marketing terdahulu yang dikombinasikan dengan konsep marketing yang lebih relevan (New Wave Marketing).

Sehingga, materi yang disampaikan pula masih fresh dan relevan tanpa mengurangi pengajaran terkait ilmu-ilmu terdahulu yang diterapkan secara ketat di SBM-ITB.

Kelas untuk perkuliahan ENMARK-MBA diadakan di Philip Kotler Class, Lantai 8 MarkPlus Main Campus, 88@Kasablanka, Jl. Casablanca Raya Kav. 88 Jakarta 12870.

Kenapa Harus ENMARK-MBA MarkPlus X SBM-ITB?

Metode Pembelajaran di ENMARK-MBA menggunakan metode synchronous dan asynchronous.
Suasana Kelas di ENMARK-MBA, Philip Kotler Class @Office 88 (Dok. MarkPlus Institute)

Dengan hal-hal yang dijabarkan di atas, berikut adalah beberapa hal yang membedakan ENMARK-MBA di MarkPlus x SBM-ITB dengan program MBA lainnya:

  1. Materi Pembelajaran Terupdate dan Fresh

Mata kuliah yang diajarkan di ENMARK-MBA merupakan kombinasi dari disiplin ilmu marketing, entrepreneur, bisnis, dan administrasi. 

Kemudian, materi yang diberikan disesuaikan dengan konteks kejadian sehari-hari dalam aktivitas bisnis, baik ketika Anda menjadi pekerja profesional maupun seorang entrepreneur yang dapat diterapkan secara langsung setelah lulus dari perkuliahan ENMARK-MBA.

  1. Metode Pengajaran Efektif dan Efisien
Baca juga  Webinar Marketing: Definisi dan Keuntungannya bagi Bisnis

Sejalan dengan materi yang diajarkan, metode pembelajaran dari ENMARK-MBA banyak menggunakan studi kasus dan diskusi kelompok secara langsung.

Bahkan tidak jarang mahasiswa akan diarahkan untuk berpartisipasi langsung di beberapa event marketing terbesar yang ada di Indonesia.

Sehingga, materi yang disampaikan akan lebih mudah diserap karena dipraktekan secara langsung oleh para mahasiswa.

  1. Koneksi dengan Jaringan Profesional

Selain dari materi dan metode pembelajaran di ENMARK-MBA, mengapa Anda harus mengikuti program ini adalah bisa terkoneksi langsung dengan pengajar yang merupakan pebisnis, konsultan, dan berbagai bidang kerja lainnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan Anda juga akan bekerja sama dengan para C-level dan pekerja profesional lainnya. Karena dalam proses perkuliahan, Anda akan diarahkan untuk menyelesaikan studi kasus yang membutuhkan diskusi kelompok.

Maka secara langsung, Anda akan terkoneksi dengan orang-orang yang memang ahli di bidangnya, dan juga pastinya bermanfaat untuk kemitraan dan prospek kerja Anda di masa mendatang.

  1. Pengajar dari Bidang Akademisi dan Praktisi

“What the teacher is, is more important than what he teaches” – Karl A. Menninger

Dosen yang mengajar di program ENMARK-MBA merupakan orang-orang yang sudah ahli di bidang bisnis dengan pengalaman lebih dari 10 tahun.

Mulai dari dosen ternama di SBM-ITB hingga para konsultan di MCorp akan memberikan pengajaran ilmu dasar dan pengetahuan yang relevan untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau kasus dalam dunia bisnis.

5. Gratis Mengikuti Seluruh Marketing Events: Mahasiswa ENMARK-MBA

Tidak hanya belajar di kelas, namun para mahasiswa memiliki sejumlah kesempatan untuk meningkatkan wawasan dan pengalamannya lewat akses gratis ke acara terbesar MarkPlus setiap tahunnya.

Misalnya seperti; Jakarta Marketing Week, MarkPlus Conference, WOW Brand, HK Web, dan masih banyak lagi acara-acara menarik lainnya.

Dengan beberapa hal yang telah kami jabarkan, maka sekarang Anda telah memahami seberapa penting dan bermanfaatnya program ENMARK-MBA bagi karir dan bisnis Anda.

Diharapkan dengan program ini Anda dapat memiliki kesempatan dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan jaringan yang nantinya bermanfaat untuk menghadapi dinamika dunia bisnis saat ini.

Perlu dicatat, bahwa ENMARK-MBA sedang membuka pendaftaran bagi mahasiswa yang tertarik untuk belajar Entrepreneurial marketing di jenjang pascasarjana. Perkuliahan akan dibuka mulai Agustus 2023.

Silahkan simak artikel MarkPlus Institute lainnya dan mendapatkan insight lebih banyak seputar bisnis dan marketing pada link berikut.

Kemudian, jika ingin mengetahui lanjut seputar program ENMARK-MBA, Anda juga dapat klik link berikut ini untuk diarahkan ke website resmi ENMARK-MBA.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari, #PerluasKapasitas bersama MarkPlus Institute!

Share with Your Friends!

Leave a Comment