Dalam era bisnis yang terus berubah dengan cepat dan kompetitif saat ini, memiliki perencanaan pemasaran strategis menjadi suatu elemen penting dalam mencapai keberhasilan. 

Perubahan teknologi, pergeseran preferensi konsumen, dan perkembangan pasar global telah mengubah lanskap bisnis secara signifikan. 

Oleh karena itu, para profesional harus memahami konsep dasar pemasaran strategis dan mengaplikasikannya dengan bijaksana agar tetap relevan, serta berhasil di pasar yang dinamis ini. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas pentingnya perencanaan pemasaran strategis dalam dunia bisnis era saat ini dan mengapa hal ini menjadi kunci keberhasilan bagi para profesional.

Mengapa Pemasaran Strategis Penting?

Pemasaran strategis merupakan pendekatan yang menggabungkan aspek bisnis Anda dengan rencana pemasaran yang akan mengarahkan seluruh arah organisasi, serta menentukan cara operasional bisnis secara keseluruhan. 

Pemasaran strategis mempertimbangkan berbagai faktor yang meliputi keadaan persaingan di pasar, karakteristik demografi konsumen, dan kinerja perusahaan, dengan tujuan mencapai sasaran bisnis yang telah ditetapkan. 

Dalam hal ini, pemasaran strategis menjadi landasan yang penting untuk membangun fondasi yang kuat dalam menghadapi dinamika pasar dan memastikan kesuksesan jangka panjang bagi perusahaan Anda.

Apa Itu Pemasaran Strategis?

Konsep dasar pemasaran strategis adalah proses yang dilakukan perusahaan dalam melakukan diferensiasi terhadap kompetitor. Langkah ini melibatkan perusahaan untuk fokus terhadap kekuatan yang dimilikinya dalam memberikan service dan value ke konsumen. 

Untuk mencapai tujuannya, perusahaan mengembangkan dan menjaga keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Hal ini menyangkut beberapa hal, mulai dari pasar mana yang akan dituju, produk apa yang akan ditawarkan, hingga bagaimana cara menentukan harga dan mempromosikannya.

Perencanaan pemasaran strategis menjadi pilihan terbaik bagi perusahaan untuk terus bertahan dan berkembang di dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah. Memiliki proses pemikiran pemasaran strategis yang terstruktur dengan baik sangat penting untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat, sesuai dengan visi dan misi.

Proses Perencanaan Pemasaran Strategis

Perlu diketahui bahwa perencanaan pemasaran strategis memiliki pengaruh langsung terhadap berbagai elemen yang terdapat dalam strategi pemasaran secara keseluruhan. Maka dari itu, sangatlah penting untuk melakukan pendekatan dengan penuh kewaspadaan dan perhatian. 

Untuk memastikan kesuksesan dalam menerapkan strategi pemasaran strategis, diperlukan pendekatan yang terstruktur dan berfase. Dengan memahami dan melalui setiap fase ini secara cermat, Anda dapat memastikan bahwa strategi pemasaran strategis yang diterapkan memiliki landasan yang kokoh, serta dapat mengarahkan perusahaan Anda menggapai tujuan yang diinginkan.

Berikut beberapa fase dalam proses pemasaran strategis yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Baca juga  The 5 Level of Leadership, Tahapan Menjadi Pemimpin yang Efektif

Tahap Perencanaan

Pertama, langkah pemasaran strategis adalah tahap perencanaan. Langkah pemasaran strategis ini paling krusial karena merupakan fondasi dari segala perencanaan Anda. Dalam tahap ini, Anda harus mengidentifikasi tujuan, kebutuhan, tujuan, serta target bisnis yang ingin dicapai. Dengan mengetahui hal itu semua, Anda bisa menjangkau tujuan secara mudah.

Ketika Anda tidak memiliki informasi ini, maka akan akan sulit untuk melangkah ke tahap berikutnya karena kurangnya pemahaman tentang tujuan yang mendasari maksud pemasaran Anda. 

Hal ini menjadikan semakin sulit untuk merancang rencana yang kokoh dan pada akhirnya memengaruhi kesuksesan Anda. Dengan tidak memiliki informasi yang tepat, Anda akan kesulitan dalam mengidentifikasi sasaran yang ingin dicapai, memahami kebutuhan dan preferensi konsumen, serta mengenali peluang dan tantangan di pasar yang dapat memengaruhi strategi pemasaran. 

Oleh karena itu, memiliki pemahaman yang luas tentang informasi di tahap perencanaan menjadi kunci penting dalam mengarahkan langkah-langkah Anda ke depan dan menciptakan rencana pemasaran yang solid untuk meraih kesuksesan yang diinginkan.

Tahap Analisis

Selanjutnya, langkah pemasaran strategis adalah tahap analisis. Di fase ini, Anda harus pintar dalam melihat dunia luar untuk mengamati kompetitor secara menyeluruh dan melakukan pemetaan persaingan. Dalam tahap ini banyak melibatkan kegiatan riset pasar dan analisis pesaing.

Saat melakukan riset pasar, perusahaan akan mengumpulkan data dan informasi yang relevan tentang tren, preferensi, dan kebutuhan konsumen. Sementara itu, analisis pesaing akan melibatkan evaluasi kompetitor langsung dan tidak langsung, termasuk penilaian terhadap kekuatan dan kelemahan mereka, strategi pemasaran yang digunakan, serta posisi mereka dalam pasar. 

Dengan melakukan analisis ini secara komprehensif, perusahaan dapat memperoleh wawasan yang lebih baik tentang lingkungan persaingan dan industri, sehingga dapat merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan berdaya saing.

Kesimpulannya, di tahapan analisis ini Anda harus menyediakan pemahaman tentang seberapa kompetitif Anda dalam strategi pemasaran untuk mengungguli bisnis serupa dan menjadi pemimpin di industri tersebut.

Fase Pengembangan

Langkah pemasaran strategis selanjutnya adalah tahap pengembangan. Di fase ini, Anda akan mengembangkan rencana pemasaran komprehensif yang telah dihasilkan dari pemahaman di tahap sebelumnya terkait industri tempat Anda beroperasi. 

Dalam mengembangkan rencana pemasaran, Anda akan memikirkan strategi yang tepat untuk memperkenalkan produk ke pasar, menarik minat konsumen, dan membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Dengan mengikuti pendekatan ini, Anda dapat mengoptimalkan potensi pemasaran dan mencapai keberhasilan dalam mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pada tahap ini, Anda juga akan merumuskan bauran pemasaran atau marketing mix yang mencakup berbagai elemen penting, seperti 4P (Product, Price, Place, & Promotion). Anda harus menentukan bagaimana setiap elemen tersebut berkontribusi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan pada tahap sebelumnya, dengan mempertimbangkan informasi yang telah ditemukan selama tahap analisis dan riset pasar. 

Baca juga  Golden Circle: Definisi, Komponen, dan Manfaatnya

Menurut Hermawan Kartajaya, Founder sekaligus Chairman dari MarkPlus, Inc, mengemukakan bahwa marketing mix masuk ke dalam 9 Elemen Pemasaran atau 9 Core Elements of Marketing yang merupakan framework dasar dari semua kegiatan bisnis.

Agar lebih jelas, mari kita bahas bauran pemasaran atau marketing mix yang terdiri dari 4P menurut 9 Core Elements of Marketing Hermawan Kertajaya. Di antaranya:

Product atau Produk

Produk merupakan sesuatu yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Biasanya, tugas ini dilakukan oleh Tim Pemasaran atau Product Manager yang bertanggung jawab dalam melaksanakan pekerjaan ini. 

Prosesnya melibatkan tahapan penelitian yang telah dilakukan pada fase sebelumnya, yaitu tahap analisis dan riset pasar, serta melibatkan pengembangan dan penjadwalan peluncuran produk yang sesuai. 

Tim Pemasaran atau Product Manager akan secara cermat meneliti pasar dan konsumen, memahami kebutuhan dan keinginan mereka, serta merancang produk yang memenuhi ekspektasi pelanggan. 

Dengan kata lain, mereka akan mengembangkan produk tersebut dengan memperhatikan beberapa faktor, seperti ragam produk, kualitas, desain, fitur, dan packaging

Price atau Harga

Harga adalah senilai uang yang ditentukan untuk menjual produk kepada konsumen. Penetapan harga ini juga harus didasarkan pada informasi yang diperoleh dari riset pasar yang telah dilakukan sebelumnya, serta referensi dari berbagai strategi penetapan harga yang ada. 

Dalam proses penetapan harga, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor yang dapat memengaruhi harga, seperti biaya produksi, permintaan pasar, serta nilai yang diberikan kepada konsumen. Di dalam harga terdapat, list harga, diskon, periode pembayaran, dan credit terms.

Dengan menganalisis data dan informasi yang relevan, perusahaan dapat menetapkan harga yang sesuai dengan nilai produk yang ditawarkan, serta menciptakan keunggulan kompetitif dalam pasar yang bersaing. 

Place atau Tempat

Place atau tempat memberikan akses kepada konsumen untuk menikmati produk melalui channel dengan coverage tertentu yang didukung dengan lokasi, inventori, dan transportasi.

Pertimbangan mengenai tempat di mana produk Anda akan dijual merupakan aspek penting dalam perencanaan pemasaran strategis. Anda perlu memutuskan apakah produk tersebut akan dijual secara online melalui platform e-commerce atau melalui toko fisik.

Promotion atau Promosi

Dalam upaya memperkenalkan produk ke pasar, Anda perlu merencanakan strategi pemasaran yang efektif untuk mengiklankan dan mempromosikannya. Salah satu aspek kunci dari strategi ini adalah mempertimbangkan berbagai saluran promosi yang akan Anda gunakan, seperti above-the-line, digital (through-the-line), dan below-the-line

Melalui saluran promosi yang tepat, Anda dapat menciptakan minat pada produk, serta memengaruhi target audiens untuk membeli produk bisnis Anda. Misalnya, dengan memanfaatkan platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, atau LinkedIn, Anda dapat membangun keterlibatan, membagikan konten yang menarik, dan menjalin hubungan yang lebih personal dengan konsumen potensial. 

Baca juga  Apa Perbedaan Taktik Pemasaran 4P dan 7P? Yuk, Simak di Sini!

Tahap Implementasi

Terakhir, fase dalam langkah pemasaran strategis adalah tahap implementasi. Di sini, Anda akan memulai cara efektif untuk mengeksekusi strategi pemasaran yang telah dikembangkan berdasarkan perencanaan dan riset pasar yang telah dilakukan. 

Setelah melakukan impelemntasi, Anda harus meninjau kembali proses yang telah dilakukan dan membuat perubahan jika diperlukan. Dikarenakan pasar akan selalu mengalami perubahan, maka Anda mungkin perlu memperhatikan kembali beberapa aspek yang telah dianalisis pada tahap sebelumnya, mengingat adanya tren baru yang muncul atau perubahan dalam minat dan preferensi konsumen. 

Dengan melakukan peninjauan ini secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa strategi pemasaran Anda tetap relevan dan efektif dalam menghadapi dinamika pasar yang terus berubah. Dalam hal ini, fleksibilitas dan kemampuan untuk beradaptasi menjadi kunci penting dalam mencapai pemasaran strategis yang sukses.

Kesimpulan

Dalam era bisnis yang terus berkembang saat ini, strategi pemasaran strategis menjadi suatu hal yang tidak bisa diabaikan oleh para profesional yang ingin mencapai kesuksesan dalam jangka panjang. 

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif dan berubah dengan cepat, strategi pemasaran strategis memainkan peran penting dalam menentukan arah dan tujuan perusahaan. Dengan memahami secara menyeluruh tentang pasar, pelanggan, pesaing, dan tren industri, para profesional dapat merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat untuk menghasilkan keunggulan kompetitif, serta mencapai hasil yang diinginkan. 

Dengan memahami lingkungan bisnis yang dinamis, membangun keunggulan bersaing, menggunakan data dan analitik, membangun hubungan pelanggan yang kuat, serta menghadapi tantangan dengan cepat, para profesional dapat meraih kesuksesan dalam karir dan bisnis mereka. 

Strategi pemasaran strategis juga membantu para profesional dalam mengidentifikasi peluang baru, mengatasi tantangan yang dihadapi, dan mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan. 

Dengan demikian, dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, pemasaran strategis menjadi landasan yang kokoh dalam mencapai keunggulan kompetitif dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari pemasaran strategis lebih dalam, saatnya bergabung bersama MarkPlus di Executive Education Program.

Executive Education Program diciptakan bagi Anda profesional dan eksekutif yang ingin meningkatkan kemampuan kepemimpinan, memperluas networking, dan menguasai strategi bisnis terkini. 

Dengan mengikuti program ini, Anda akan memperoleh keterampilan yang diperlukan dalam pemasaran strategis untuk mendukung perkembangan karier dan kesuksesan perusahaan Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Saatnya #PerluasKapasitas bersama MarkPlus!

Share with Your Friends!
Avatar for Fachri Rizki
SEO Content Writer at MarkPlus Institute

Leave a Comment