Apa Itu Strategic Marketing Executive MBA (SMEMBA)?

By

Iman Fadhilah

| Published

Apa Itu Strategic Marketing Executive MBA? (SMEMBA)
Hermawan Kartajaya Mengajar Kelas di SMEMBA (Dok. MarkPlus Institute)

Anda adalah seseorang yang ingin belajar strategic marketing tingkat lanjut dan mencari gelar MBA? Mungkin program Strategic Marketing Executive MBA by MarkPlus x SBM-ITB ini cocok untuk Anda. Lantas, apa itu Strategic Marketing Executive MBA?

Sebagai seorang pekerja profesional, Anda dituntut untuk bisa beradaptasi dan berkembang sesuai dengan perubahan zaman.

Sehingga, melengkapi diri dengan skill dan pengetahuan lebih lanjut adalah pilihan yang sangat bijak. Dengan mengikuti program studi yang hanya satu-satunya di Indonesia ini, Anda akan dirancang untuk memiliki kesiapan dalam menghadapi persaingan yang ketat dalam dunia bisnis.

Artikel ini akan membahas seputar Strategic Marketing Executive MBA (SMEMBA), mulai dari apa itu SMEMBA, kenapa penting untuk karir Anda, apa saja materi yang diajarkan, hingga kenapa harus memilih SMEMBA. Tanpa berlama-lama, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Strategic Marketing?

Strategic Marketing adalah bidang ilmu yang mempelajari strategi pemasaran yang holistik dan didukung oleh disiplin ilmu bisnis lainnya, seperti keuangan, manajemen operasional bisnis, dan karakteristik pelanggan.

Dengan menguasai ilmu strategic marketing, seseorang akan lebih paham tentang bagaimana caranya bertindak dalam suatu kejadian di dalam dunia bisnis. Sehingga Anda akan lebih siap untuk bersaing di pasar ekonomi nantinya.

Apa Itu Strategic Marketing Executive MBA?

Apa Itu Strategic Marketing Executive MBA MarkPlus?
Suasana Kelas di Strategic Marketing Executive MBA (Dok. MarkPlus Institute)

Strategic Marketing Executive MBA (SMEMBA) by SBM ITB dan MarkPlus Institute adalah satu-satunya program pascasarjana di Indonesia yang berfokus pada studi strategic marketing.

Program ini didesain untuk Anda dapat mengerti bagaimana strategi marketing perlu dirancang untuk menghadapi dinamika dunia bisnis baik di Indonesia maupun ASEAN.

Karena mahasiswa dipersiapkan untuk menghadapi bisnis di era modern, maka kebanyakan pembelajaran didesain lebih kontekstual sesuai apa yang terjadi di Indonesia sekarang dan di masa mendatang.

Di samping itu, program ini juga mengedepankan relevansi dari kondisi ekonomi di ASEAN sebagai salah satu aspek penting dalam marketing. Yang mana, ASEAN dapat menjadi potensi besar bagi suatu bisnis tanpa batas.

Baca juga  Mengenal Program Magister Manajemen Sustainability Marketing

Program ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2015, sebagai satu-satunya program studi pascasarjana Strategic Marketing yang ada di Indonesia. 

Kenapa Harus Strategic Marketing Executive MBA?

Dengan sejumlah keunggulan yang telah kami jabarkan sebelumnya, lantas apa saja yang membedakan SMEMBA dengan program studi marketing di universitas lainnya? Berikut adalah 3 alasan mengapa harus Strategic Marketing Executive MBA:

  1. Satu-satunya MBA Strategic Marketing Course di Indonesia

SMEMBA adalah program Strategic Marketing Executive MBA pertama di Indonesia yang membahas peran marketing yang lebih strategis dan mendalam. 

Sejalan dengan keadaan ekosistem bisnis Indonesia dan ASEAN yang baru, program SMEMBA dirancang untuk memberikan sudut pandang yang lebih kontekstual sesuai dengan lanskap bisnis saat ini.

  1. Diskusi Mendalam dan Menyeluruh

Dengan mengikuti SMEMBA, Anda berkesempatan untuk bertemu dan belajar dari praktisi bisnis nyata sebagai pembicara tamu.

Mahasiswa juga dapat memperoleh wawasan dari teman sekelas yang merupakan praktisi dan profesional di industri masing-masing. 

Kelas di SMEMBA disampaikan oleh dosen dan praktisi dari SBM ITB dan MarkPlus, yang juga merupakan pemikir, pengajar, dan praktisi marketing teranyar.

  1. Proses Pembelajaran yang Menyenangkan

Selain diskusi dan pembelajaran dalam kelas, mahasiswa SMEMBA dapat belajar dan memperluas pengetahuan mereka melalui praktik di lapangan, akses ke acara-acara marketing milik MarkPlus, dan metode reverse case study.

Mengapa Strategic Marketing Executive MBA Penting Untuk Karir Anda?

Strategic Marketing Executive MBA dapat menunjang pengembangan karir Anda sebagai seorang eksekutif, pekerja profesional, maupun pegiat bisnis. Karena, dibutuhkan ilmu dan pengembangan diri agar bisa tetap sukses di dalam persaingan bisnis masa kini.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Strategic Marketing Executive MBA penting untuk karir Anda:

  1. Lulus Sebagai Alumni One of The Best Universities in Asia

Sekolah Bisnis Manajemen ITB merupakan salah satu universitas paling bergengsi di Asia. SBM ITB juga sudah mengantongi akreditasi bergengsi untuk sekolah bisnis dunia yaitu AACSB. Berdasarkan, ranking, program studi, akreditasi, dan pengakuan dari dunia profesional tentunya akan meningkatkan reputasi positif Anda di mata para rekan kerja.

  1. Pembelajaran yang Didasarkan Pada Kasus Sehari-hari

Karena metode pembelajaran di SMEMBA menggunakan case study, maka nantinya para Anda akan terbiasa menghadapi penyelesaian kasus nyata baik dari perusahaan nasional dan internasional. 

  1. Ilmu Terupdate dan Fresh

Dengan menggabungkan disiplin ilmu lama dengan penemuan baru, pengetahuan Anda akan dilengkapi dengan ilmu terupdate dan relevan untuk menunjang praktik bisnis yang efisien dan minim kesalahan.

  1. Arena Networking dan Prospek Karir
Baca juga  Apa itu Chatbot: Definisi, Cara Kerja & Contohnya

Kebanyakan alumni dari SMEMBA diisi oleh para pekerja profesional seperti para C-level, Direktur, Head, Manager, Senior Officer, dan VP. 

Maka, dalam pembelajaran di kelas Anda akan berkomunikasi langsung dengan mereka. Hal ini tentunya akan menjadi pengaruh positif bagi bisnis atau prospek karir Anda setelah lulus dari SMEMBA.

Siapa Yang Dapat Mengikuti Strategic Marketing Executive MBA?

Untuk bisa berkuliah di SMEMBA, seorang kandidat perlu beberapa persyaratan tertentu seperti perlu berasal dari universitas bergengsi dengan minimum akreditasi B dan minimal pengalaman kerja 3 tahun.

Dalam proses seleksinya, Anda juga perlu mengikuti tes TPA Bappenas (skor minimal 475) dan TOEFL (minimal 500) atau IELTS (minimal 5.5), serta proses wawancara.

Program ini sangat cocok bagi seseorang yang ingin mendapatkan pengalaman kerja tingkat tinggi, meningkatkan kesempatan karir dan skill marketing, berpindah karir dari industri satu ke industri lainnya, dan yang ingin mulai membuat bisnis.

Apa Saja Yang Dipelajari di Strategic Marketing Executive MBA?

Berikut adalah sekilas mata kuliah yang akan diajarkan di Strategic Marketing Executive MBA:

  • Business Ethics, Law, and Sustainability
  • Accounting in Marketing and Business
  • Operation Management
  • Brand and Marketing Communication
  • Marketing Management
  • People in Organization
  • Business Economics
  • Consumer Behavior
  • Finance Management
  • Decision Making and Negotiation
  • International Marketing Management
  • Business Strategy & Enterprise Modelling

Proses pembelajaran di SMEMBA dibagi menjadi 3 semester panjang dan 1 semester pendek, yang mana mahasiswa akan mempelajari secara rinci dan mendalam tentang strategic marketing selama 18 bulan. 

Pengajar di Strategic Marketing Executive MBA

Pengajar di Strategic Marketing Executive MBA berasal dari jajaran akademisi dan praktisi yang ahli dalam bidang bisnis, marketing, sales, dan leadership

Dengan pengalaman berkecimpung dalam industri skala nasional dan internasional, tentunya tim pengajar ini akan menghadirkan pembelajaran berkualitas tinggi, relevan, dan aplikatif bagi mahasiswa.

Salah satu pengajar dalam program SMEMBA ini adalah Marketing Guru sekaligus Founder & Chairman MCorp, yaitu Hermawan Kartajaya. Sebagai pengajar, Hermawan Kartajaya akan memberikan pengetahuan mendalam berdasarkan pengalaman praktisnya dalam dunia bisnis terutama bidang strategic marketing.

Sehingga, Anda sebagai peserta didik diberi kesempatan untuk belajar langsung dari para konsultan dan pengajar terbaik di Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat berdiskusi serta menjalin hubungan profesional dengan mereka.

Baca juga  Cara Efektif Meningkatkan Customer Loyalty pada Bisnis

Berikut adalah beberapa pengajar yang memimpin kelas masing-masing studi di SMEMBA:

  • Dr. (H.C.) Hermawan Kartajaya –  Founder and Chairman MCorp
  • Prof. Kuntoro Mangkusubroto – Founder and Chairman School Advisory Council SBM ITB
  • Dr. Agung Wicaksono – Academic Committee SBM ITB Jakarta Campus
  • Dr. Jacky Mussry – CEO MarkPlus Institute
  • Dr. Yos Sunitiyoso – Head of MBA Program SBM ITB Jakarta Campus
  • Iwan Setiawan, MBA –  CEO Marketeers
  • Yudo Anggoro, Ph.D –  Director of Center for Policy and Public Management SBM ITB
  • Ardhi Ridwansyah, M.Si –  COO MarkPlus Institute
  • Yosanova Savitry, MBA –  Deputy CEO MarkPlus, Inc.

Metode Pembelajaran di Strategic Marketing Executive MBA

Program SMEMBA by MarkPlus dan SBM-ITB
Penyampaian Materi di Kelas SMEMBA (Dok. MarkPlus Institute)

Dalam proses pembelajaran di SMEMBA, metode yang digunakan cukup beragam dan praktikan untuk menyampaikan materi belajar secara efektif.

Beberapa di antaranya adalah Classical Case Method and Group Presentation, Reverse Case Method and Book Writing, National and Regional Marketing Events Participation, and Marketing Projects.

Secara singkat, cara kerja metode di atas adalah menerapkan konsep-konsep dari disiplin ilmu yang dipelajari ke dalam studi kasus nyata dari suatu perusahaan.

Sehingga, penyelesaian suatu masalah perlu dimulai dari interaksi dalam kelompok, menyusun strategi, mensimulasikan nya, dan terjun langsung ke dalam suatu program.

Untuk tempat, perkuliahan SMEMBA berlangsung secara offline di Philip Kotler Theater Class, EightyEight@Kasablanka.

Bagaimana, menarik bukan? Jika Anda tertarik untuk mendaftar ke program SMEMBA, pendaftaran akan dibuka mulai bulan September 2023. Jadi, silahkan tunggu informasi lebih lanjut tentang pembukaan program SMEMBAdi media sosial dan website MarkPlus Institute, ya!

Tingkatkan karir pemasaran Anda dan jadilah seorang Strategic Marketing Executive yang sukses melalui program Strategic Marketing Executive MBA (SMEMBA). 

Dengan kurikulum yang kaya akan strategi pemasaran terkini dan pengembangan keterampilan kepemimpinan, Anda akan siap menghadapi tantangan dalam mengelola inisiatif pemasaran yang strategis.

Kunjungi laman resmi kami sekarang di link berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana program SMEMBA dapat membantu Anda mencapai kesuksesan dalam karir pemasaran Anda.

Selain itu, simak juga artikel-artikel yang akan menambah pengetahuan Anda tentang marketing dari MarkPlus di link berikut ini.

Ayo, #PerluasKapasitas Anda bersama MarkPlus!

Share with Your Friends!

Leave a Comment