Perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih menyukai sustainable living, mengakibatkan pesatnya pertumbuhan prospek kerja di berbagai bidang yang berfokus pada keberlanjutan (sustainability). Hal ini disebut sebagai sustainable job.

Jenis pekerjaan ini tidak hanya membantu membuka lapangan pekerjaan baru, namun juga turut berkontribusi dalam melestarikan lingkungan, menjaga kesejahteraan sosial dan juga menumbuhkan perekonomian. Sustainable job berhasil menjadi opsi pekerjaan yang populer bagi kalangan milenial dan gen z, yang dianggap sebagai generasi dengan tingkat kepedulian sustainability yang tinggi.

Artikel ini akan menjelaskan beberapa contoh prospek kerja di bidang sustainability yang mungkin saja belum Anda ketahui. Oleh karena itu, simak penjelasannya hingga selesai, ya!

Pengertian Sustainable Job

Istilah sustainable job merujuk pada jenis pekerjaan atau karir yang berfokus pada prinsip-prinsip keberlanjutan (sustainability), dengan tujuan untuk memberikan dampak positif pada lingkungan, sosial dan ekonomi.

Jenis pekerjaan ini memungkinkan para pekerjanya terlibat dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan kebijakan, strategi, maupun praktik bisnis yang lebih berkelanjutan. Contohnya, seperti perlindungan lingkungan, pengurangan emisi karbon, penggunaan sumber daya yang bijaksana, pemberdayaan sosial, dan lain sebagainya. Sustainable job dapat ditemukan di berbagai sektor, seperti bisnis, pemerintahan, organisasi nirlaba maupun pendidikan.

10 Contoh Sustainable Job yang Sangat Populer Saat ini

Sustainable job menjadi salah satu jenis pekerjaan dengan prospek yang sangat luas dan fleksibel, sehingga memungkinkan orang-orang dari berbagai latar belakang dan tingkat pendidikan manapun, bisa menemukan pekerjaan impiannya di sini. Berikut beberapa contohnya, antara lain:

Baca juga  Sustainability Report: Pengertian, Komponen & Contohnya

Chief Sustainability Officer

Pejabat tingkat tinggi di perusahaan yang bertanggung jawab atas keseluruhan praktik sustainability perusahaan. Posisi ini memastikan perusahaan selalu mengikuti perkembangan hukum, peraturan dan praktik yang sesuai dengan regulasi yang berlaku. 

Sustainable Product Developer

Posisi ini bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan dengan mempertimbangkan dampak lingkungan, menggunakan bahan ramah lingkungan dan mengurangi limbah pada siklus hidup produk.

Sustainable Logistics Manager

Posisi ini bertanggung jawab atas transportasi dan distribusi produk dengan cara yang efisien dan berkelanjutan. Misalnya, menggunakan transportasi ramah lingkungan dan pengemasan yang berkelanjutan.

Sustainability Analyst

Posisi ini bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan menganalisis data terkait kinerja keberlanjutan perusahaan. Mereka turut membantu mengidentifikasi tren, mengukur dampak dan membuat rekomendasi apa saja yang perlu diperbaiki oleh perusahaan perihal keberlanjutan. Nantinya hal ini akan dilaporkan langsung kepada pemangku kepentingan (stakeholders).

Environmental Public Relations Specialist

Posisi ini menyusun kampanye PR dan melaksanakan program pendidikan mengenai lingkungan di komunitas. Mereka memastikan masyarakat dan bisnis lokal mengetahui seluruh peraturan lingkungan hidup dan konsekuensi atau bahaya yang timbul apabila mengabaikan peraturan tersebut.

Environmental Licensing Specialist

Posisi ini membantu perusahaan untuk memenuhi segala persyaratan perizinan serta regulasi lingkungan yang berlaku. Mereka juga memastikan bahwa perusahaan telah melakukan operasionalnya berdasarkan standar keberlanjutan.

CSR (Corporate Social Responsibility) Manager

CSR Manager bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengelola berbagai program yang mendukung tanggung jawab perusahaan terhadap keberlanjutan.

Sustainable Fashion Designer

Perancang mode yang mengkhususkan diri untuk menciptakan produk pakaian atau fesyen dengan memprioritaskan praktik berkelanjutan dalam seluruh proses desain dan produksi. Misalnya, bergerak melalui konsep slow fashion, di mana mereka menekankan pembuatan pakaian yang berkualitas tinggi, tahan lama dan berkelanjutan daripada mode yang cepat berubah berdasarkan siklus musim atau tren.

Baca juga  Sustainable Marketing: Pengertian, Prinsip, Manfaat, dan Contoh Penerapannya dalam Bisnis

Organic Food Entrepreneur

Pengusaha atau wirausaha yang mendirikan dan menjalankan bisnis yang berorientasi pada produksi, pengolahan dan penjualan makanan yang ditanam atau dilakukan dengan metode organik. Mereka berkontribusi dalam menyediakan alternatif makanan yang lebih sehat dan ramah lingkungan bagi konsumen.

Sustainable Marketer

Posisi ini bertanggung jawab dalam mempromosikan produk atau layanan yang memperhatikan dampak lingkungan, sosial dan ekonomi. Beberapa hal yang dilakukan, yaitu mengidentifikasi target pasar berkelanjutan, pengembangan kampanye, pemilihan saluran pemasaran, branding, edukasi, dan lain sebagainya. 

Sustainable marketer berperan penting dalam membantu perusahaan mengkomunikasikan dan memasarkan produk atau layanan berkelanjutan kepada pelanggan yang semakin peduli akan isu-isu keberlanjutan.

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa tren sustainable job memiliki prospek karir yang sangat luas di berbagai bidang. Contoh-contoh di atas hanyalah sebagian kecil yang bisa disebutkan, mengingat isu keberlanjutan menjadi isu yang sangat diperhatikan oleh generasi sekarang hingga mendatang nanti.

Anda bisa mempelajari konsep mengenai sustainability lebih mendalam bersama program kekhususan eksekutif kolaborasi antara Unika Atma Jaya, universitas yang mengusung kajian sustainability komprehensif di Indonesia, dengan MarkPlus Institute, konsultan pemasaran pertama dan ternama di Indonesia, yaitu Program Master in Management Sustainability Marketing.

Program ini bertujuan untuk membentuk talenta organisasi yang mampu membangun strategi bisnis, memahami manajemen bisnis berkelanjutan dan menguasai strategi marketing yang aplikatif dan bisa membangun market competitiveness. Tunggu apalagi? Jadilah bagian dari Sustainability Marketing sekarang juga!


Untuk informasi lebih lanjut, klik tautan berikut ini Sustainability Marketing

Share with Your Friends!
Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment