Rabu (7/12/2023), MCorp melaksanakan company visit ke PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) yang berlokasi di Jl. Budi Kemuliaan, Gambir, Jakarta Pusat. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian The 9th ASEAN Marketing Summit yang telah dilaksanakan sejak Selasa, 6 Desember 2023.

Acara diawali dengan persembahan lagu yang dinyanyikan oleh salah satu talent di Blibli. Kemudian dilanjut dengan pemaparan mengenai Blibli Tiket Action oleh Head of ESG, Chiara Irawan. Ia menjelaskan bahwa hingga saat ini Blibli Tiket telah melakukan sejumlah aksi sejak tahun 2020 untuk menciptakan sustainable business melalui berbagai program di bidang Environment, Social dan Government (ESG).

Beberapa contoh program tersebut adalah kampanye Blibli Cintai Bumi, upaya menciptakan sustainable warehouse, eco friendly packaging, green delivery, langkah membumi festival berupa exhibition dan lain-lain. Langkah ini terbukti efektif memberikan dampak yang signifikan tidak hanya bagi perusahaan mereka namun juga para konsumen, masyarakat, partners dan stakeholder lainnya.

Setelah dilakukan sesi pemaparan, para tamu undangan dipersilakan untuk mengajukan pertanyaan. Salah satu peserta bertanya seperti apa upaya Blibli Tiket untuk meningkatkan penjualan melalui program-program tersebut. Pertanyaan ini dijawab langsung oleh Head of CEO, Yohanes Lukman, yang menyatakan bahwa Blibli Tiket berupaya untuk menjadi e-commerce yang paling terpercaya bagi masyarakat. 

Hal ini yang membedakannya dengan para pesaingnya. Mereka berusaha untuk menanamkan kepercayaan pada masyarakat bahwa mereka memiliki impact yang positif bagi ekonomi, lingkungan dan juga sosial.

Company Visit ASEAN Marketing Summit 2023
Company Visit Blibli.com

Acara ditutup dengan penyerahan merchandise antara Blibli maupun MarkPlus. Setelah mini talkshow usai, para tamu diajak untuk mengunjungi BlibliMart yang berada di lantai dasar Gedung Sarana Jaya. BlibliMart merupakan toko offline dari BlibliMart di e-commerce Blibli yang dibuka untuk umum.

Baca juga  Mengenal Greenwashing, Strategi Marketing yang Menyesatkan

Toko offline ini merupakan hasil kerja sama dengan Nielsen yang memberikan pengalaman unik kepada pelanggannya, yaitu berbelanja tanpa kasir (scan & go). Pembeli dapat berbelanja dengan memilih barang yang ingin dibeli kemudian memindai (scan) produk tersebut, melalui scanning tool yang ada di aplikasi Blibli. Hasil scan tersebut akan menunjukkan informasi tagihan belanja yang bisa dibayar melalui Bliblipay dan GoPay.

Salah satu tamu undangan bertanya apa yang menjadi motivasi Blibli untuk membentuk BlibliMart offline dengan konsep cashless (tanpa uang tunai) dan cashierless (tanpa kasir). Pihak Blibli menjawab hal ini merupakan bagian dari langkah mereka untuk menciptakan sustainable business dengan mengurangi penggunaan kertas. 

Selain itu, BlibliMart hadir untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui strategi omnichannel. “generasi millennial maupun generasi Z sangat senang melakukan komparasi harga. Mereka akan melihat harga produk di toko online kemudian membandingkannya dengan harga di toko offline, atau sebaliknya. Artinya, gen millennial dan gen z masih membutuhkan toko offline.” ungkap Chiara Irawan.


Setelah melakukan tur singkat di BlibliMart, para peserta yang datang melakukan sesi foto bersama dan ditutup dengan pembagian merchandise oleh Blibli.

Share with Your Friends!
Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment