Dalam persaingan yang sangat ketat dan kompetitif, sebuah brand perusahaan harus bisa memiliki daya saing agar dapat tetap bertahan. Salah satu caranya adalah dengan membuat brand identity yang kuat dan jelas.

Sebab, brand identity memainkan peran penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Ini melibatkan elemen-elemen yang membentuk image unik dan menggambarkan esensi perusahaan kepada konsumen dan pemangku kepentingan. 

Dalam artikel ini, MarkPlus Institute akan menjelajahi konsep brand identity dan manfaatnya bagi perusahaan hingga bagaimana membangun brand identity yang kuat. Yuk, simak!

Apa Itu Brand Identity?

Singkatnya, brand identity adalah konsep yang melibatkan semua elemen untuk mempresentasikan sebuah perusahaan ke dunia luar. Mulai dari warna, desain, logo, tagline, values, hingga cerita yang dihubungkan dengan brand perusahaan.

Dengan kata lain, brand identity bertujuan untuk mencerminkan identitas sebuah perusahaan dan memperkenalkannya ke khalayak luas. Identitas tersebut berupa kepribadian, tujuan, filosofi yang menjadi pedoman atau dasar dari semua aktivitas dan komunikasi perusahaan.

Di sisi lain, brand identity juga penting untuk membedakan suatu brand perusahaan dengan pesaingnya. Sebab, brand yang kuat dan jelas akan menang dalam menarik perhatian konsumen di sebuah pasar yang kompetitif.

Dengan menggunakan elemen yang khas, hal tersebut akan menjadi unique selling point dari sebuah brand perusahaan dalam membantu konsumen mengenali dan mengingat brand, serta membedakannya dari pilihan lain yang tersedia di pasaran.

Maka dari itu, brand identity sangat penting dan menjadi alat efektif dalam membangun brand image positif di mata konsumen. Dengan menggabungkan elemen-elemen yang sesuai dengan kepribadian, tujuan, dan filosofi perusahaan, perusahaan dapat menciptakan brand identity yang kuat, konsisten, dan relevan dengan pasar sasaran.

Baca juga  Pentingnya Kecerdasan Emosional Dalam Lingkungan Kerja

Apa Manfaat Brand Identity Bagi Perusahaan?

Perlu diketahui, brand identity yang kuat memberikan dampak positif dan menguntungkan bagi perusahaan. Berikut beberapa keuntungan yang bisa dirasakan perusahaan ketika memiliki brand identity adalah:

1. Memperkuat Keunggulan Kompetitif

Pertama, dampak positif dari brand identity adalah dapat membantu perusahaan dalam memperkuat keunggulan kompetitif. Hal ini dikarenakan dengan adanya identitas yang jelas, perusahaan dapat membedakan diri dari pesaingnya. 

Dengan memiliki elemen-elemen unik dan mencolok, perusahaan dapat menonjol di antara banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran. Ini membantu perusahaan memperkuat keunggulan kompetitifnya dan memenangkan perhatian konsumen.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Selanjutnya, manfaat dari adanya brand identity adalah mampu meningkatkan brand awareness yang lebih tinggi di kalangan konsumen. Sebab, identitas yang jelas dan kuat akan memudahkan konsumen dalam mengidentifikasinya.

Selain itu, perusahaan dapat membuat kesan yang lebih tahan lama di benak konsumen melalui elemen-elemen yang unik. Hal ini membantu perusahaan mendapatkan awareness yang lebih luas dan meningkatkan peluang untuk menarik perhatian dan minat konsumen.

3. Menciptakan Ikatan Emosional dengan Konsumen

Brand identity yang kuat dapat menciptakan ikatan emosional antara perusahaan dan konsumen. Melalui core values yang disampaikannya, perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih dalam dan berarti dengan konsumen. 

Tentu saja, ini memberikan kesan bahwa brand tersebut memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga menciptakan rasa keterikatan yang kuat dan meningkatkan loyalitas konsumen.

4. Menguatkan Kepercayaan dan Loyalitas Konsumen

Berikutnya, brand identity yang konsisten bisa membantu memperkuat kepercayaan konsumen terhadap perusahaan dan brand-nya. Konsumen merasa yakin dengan kualitas dan konsistensi produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. 

Dengan adanya kepercayaan ini, perusahaan dapat membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen yang setia dan berpotensi menghasilkan user generated content yang memberikan rekomendasi positif kepada orang lain.

5. Memberikan Panduan Internal yang Jelas

Terakhir, manfaat dari adanya brand identity adalah memberikan panduan internal yang jelas bagi perusahaan. Artinya, perusahaan dapat mengarahkan tim internal dalam merumuskan strategi dan mengambil keputusan yang konsisten sesuai dengan brand values. Dengan demikian, tim internal perusahaan bisa bekerja sama untuk meraih tujuan bersama dan mencapai konsistensi dalam semua aspek bisnis perusahaan.

Baca juga  6 Cara Bonding Dengan Rekan Kerja, Wajib Tahu!

Bagaimana Cara Membuat Brand Identity?

Berikut beberapa cara untuk membuat brand identity. Di antaranya:

1. Riset Brand dan Konsumen

Dalam membuat identitas brand, pemahaman yang mendalam tentang brand dan konsumen sangat diperlukan. Dalam tahap ini, perusahaan perlu memahami karakteristik, kebutuhan, dan preferensi audiensnya serta mengidentifikasi nilai-nilai dan kepribadian brand yang ingin disampaikan.

2. Diferensiasi dan Positioning

Selanjutnya, perusahaan harus melakukan diferensiasi dan positioning. Di mana dalam tahap ini perusahaan perlu mengidentifikasi elemen unik yang membedakan brand-nya dari pesaing dan menempatkannya dengan jelas di benak konsumen sebagai pilihan yang relevan dan menarik.

3. Pengembangan Visual Identity

Visual identity memainkan peran penting dalam membentuk brand identity yang kuat. Bagian ini meliputi logo, desain, warna, dan tipografi. Perusahaan perlu mengembangkan elemen visual yang mencerminkan kepribadian dan brand values, serta konsisten dalam penggunaannya di berbagai saluran komunikasi agar pesan yang disampaikan tersalurkan dengan baik.

4. Penyampaian Brand Storytelling

Dalam menyampaikan pesan ke konsumen, perusahaan perlu membuat brand storytelling yang jelas. Sebab, hal tersebut dapat menciptakan ikatan emosional antara brand dan konsumen. Maka dari itu, perusahaan perlu mengembangkan cerita yang menginspirasi dan relevan dengan konsumen, menyampaikan values dan tujuan brand dengan cara yang menarik dan autentik.

5. Konsistensi dan Pengawasan

Dalam membuat identitas yang kuat dan jelas, perusahaan perlu konsisten dalam mengelola brand identity. Semua elemen brand yang disampaikan ke konsumen perlu diawasi secara konsisten agar semuanya sama. Selain itu, pengawasan yang cermat terhadap penggunaan brand dan pemeliharaan keselarasan dengan brand values juga diperlukan.

Contoh Brand Identity dalam Perusahaan

Brand Identity

Berikut salah satu penjelasan dari brand identity yang diterapkan oleh Indomie, di antaranya:

Baca juga  Digital Maturity, Tingkatan Sukses Perusahaan di Dunia Digital

Logo Indomie yang berisi tulisan “Indomie” dengan font khas dan warna merah yang cerah dan kontras, yang mana mencerminkan keceriaan dan keberanian brand. Logo ini telah menjadi ikon yang sangat dikenal di Indonesia dan membangun brand awareness yang kuat.

2. Packaging

Desain kemasan Indomie yang terdiri dari bungkus kertas dengan kombinasi warna merah dan kuning memberikan kesan yang cerah, segar, dan menggugah selera. Gambar mi yang menggoda dan presentasi visual yang menarik pada kemasan juga membantu memperkuat brand identity Indomie.

3. Rasa Khas

Rasa mi instan Indomie yang kaya, gurih, dan lezat telah menjadi ciri khas brand ini. Keunikan rasa tersebut membedakan Indomie dari produk serupa di pasaran dan membangun kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk, serta membuat konsumen menjadi loyal terhadapnya.

4. Slogan

Slogan “Indomie, Seleraku!” merupakan slogan yang kuat dan mudah diingat. Slogan ini mencerminkan hubungan emosional yang terjalin antara konsumen dengan brand Indomie, serta menekankan kepuasan dan kenikmatan yang dirasakan konsumen saat menikmati produk mereka.

5. Komunikasi Visual

Terakhir, Indomie menggunakan komunikasi visual yang menarik dan unik dalam campaign iklan, media sosial, dan saluran pemasaran lainnya. Contohnya, ketika Indomie tidak menampilkan visual mi instan di dalam campaign-nya saat bulan puasa.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, perusahaan sangat butuh yang namanya brand identity dalam menjalankan bisnisnya di tengah persaingan yang ketat ini. Sebab, identitas yang jelas akan membawa manfaat positif yang signifikan bagi perusahaan.

Dengan adanya brand identity, perusahaan jadi bisa membedakan dirinya dari kompetitor, membangun brand awareness yang tinggi, hingga meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen. Bisa dikatakan, identitas yang kuat merupakan aset berharga yang membantu perusahaan meraih kesuksesan jangka panjang.

Bagi Anda yang ingin memperluas pemahaman tentang brand management dan mempelajari lebih lanjut tentang strategi atau praktik terbaru dalam dunia bisnis dan pemasaran, Anda bisa mengunjungi Blog MarkPlus Institute. Yuk, perluas wawasan Anda sekarang!

Share with Your Friends!
Avatar for Fachri Rizki
SEO Content Writer at MarkPlus Institute

Leave a Comment