7 Cara Membangun CRM demi Kesuksesan Bisnis

By

Atha Hira

| Published

CRM

Di era yang semakin digital seperti saat ini, masyarakat atau pelanggan semakin selektif dan kritis dalam membuat keputusan pembelian. Loyalitas para pelanggan tidak hanya berdasarkan pada kualitas produk atau layanan, melainkan juga dipengaruhi oleh kualitas interaksi dan pengalaman yang mereka rasakan. 

Dalam mengatasi hal ini, CRM (Customer Relationship Management) hadir sebagai solusi strategi pemasaran untuk mempertahankan hubungan perusahaan dengan pelanggan. Membangun CRM dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Lantas, bagaimana membangun CRM yang efektif dan efisien? Simak penjelasannya di bawah ini!

Membangun CRM (Customer Relationship Management) pada Bisnis

Membangun sistem CRM (Customer Relationship Management) pada bisnis adalah langkah penting untuk mempertahankan hubungan positif dengan pelanggan. CRM membantu perusahaan mengelola informasi pelanggan, melacak interaksi dengan mereka, dan memastikan bahwa perusahaan dapat memberikan layanan yang lebih baik dan lebih terpersonalisasi.

Berikut adalah strategi untuk membangun CRM pada bisnis Anda:

1. Buat Visi yang Jelas

Dalam upaya meningkatkan penjualan dan customer experience, maka perusahaan wajib memiliki visi yang jelas sebagai dasar. Dari visi ini, perusahaan bisa melacak perkembangan tim dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Buat Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Komunikasi merupakan kunci utama untuk mengelola hubungan yang baik dengan pelanggan. Pastikan perusahaan memiliki kemampuan komunikasi sebaik mungkin dengan pelanggan, seperti menampung masukan atau keluhan dari pelanggan, menjawab atau merespon masukan atau keluhan tersebut, memperhatikan sopan santun, dan lain sebagainya. Pelayanan yang baik akan meninggalkan kesan positif di mata pelanggan.

Baca juga  4 Cara Efektif Membangun Innovative Team dalam Perusahaan

3. Terhubung dengan Pelanggan

Pastikan perusahaan selalu terhubung dengan seluruh pelanggan agar mereka tidak berpikir untuk berpindah kepada kompetitor. Contohnya, perusahaan dapat mengucapkan selamat ulang tahun kepada para pelanggan yang setia, memberikan notifikasi produk terbaru, mengirimkan email apresiasi, mengedukasi lewat sosial media, dan lain sebagainya.

4. Perhatikan Feedback dari Pelanggan

Perusahaan dapat meminta feedback dari pelanggan secara rutin untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan agar bisa lebih baik lagi. Hal ini dapat dilakukan melalui survey, email, media sosial, live chat, maupun kolom komentar di berbagai platform perusahaan.

5. Apresiasi Pelanggan Setia

Pada dasarnya, mempertahankan pelanggan lama akan meminimalkan pengeluaran operasional perusahaan Anda. Oleh karena itu, perusahaan wajib menjaga pelanggan lama agar selalu setia pada mereka. Caranya dengan memberikan apresiasi, bisa berupa potongan diskon, akses memesan produk terbaru secara eksklusif dan lainnya.

Di samping bisa mendorong minat mereka untuk berbelanja lebih banyak namun juga dapat membuat pelanggan merasa lebih dihargai atas loyalitasnya terhadap bisnis perusahaan.

6. Menjawab Setiap Keluhan secara Efektif

Di era digital seperti sekarang ini, suatu keluhan atau testimoni negatif dari pelanggan bisa menjadi pisau bagi perusahaan jika tidak ditangani dengan baik. Hal ini dikarenakan adanya kekuatan media sosial yang dengan mudah dan cepat dalam menyebarkan suatu berita dan juga menggiring opini publik.

Dalam mengatasi hal ini, maka perusahaan wajib memberikan solusi yang efektif untuk memperbaiki citra negatif yang sudah tersebar di masyarakat. Pengalaman negatif tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi agar kualitas bisnis Anda dapat meningkat.

7. Buat Content Marketing yang Baik

Content marketing yang efektif tidak hanya berguna untuk meningkatkan penjualan namun juga membangun customer relationship management (CRM) yang baik. Konten tersebut harus bisa menyampaikan pesan yang berguna untuk target konsumen, khususnya berpeluang besar melakukan pembelian. Konten yang dibuat dapat disebarkan melalui website, email maupun media sosial.

Baca juga  Transformasi Digital, Kunci Sukses Bisnis Masa Kini

Penutup

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa CRM (Customer Relationship Management) merupakan alat yang kuat untuk membangun dan memelihara hubungan yang baik antara perusahaan dan pelanggan mereka. Selain itu, CRM juga mampu meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dan mencapai keberhasilan bisnis yang lebih besar lagi.

Pelajari lebih lanjut tentang strategi membangun CRM bersama program Executive MBA in Strategic Marketing SBM ITB bersama Markplus Institute. Program ini merupakan pascasarjana pertama dan satu-satunya dalam bidang pemasaran strategis di Indonesia yang dirancang untuk memberikan Anda pemahaman tentang bagaimana strategi pemasaran harus dirumuskan dalam lanskap Indonesia dan ASEAN, termasuk strategi membangun Customer Relationship Management.

Sebagian besar mata pelajaran dibuat untuk memberikan sudut pandang yang lebih kontekstual sesuai dengan apa yang terjadi di Indonesia saat ini dan di masa mendatang sehingga cocok untuk Anda yang telah memiliki pengalaman kerja berkualitas tinggi dan ingin menambah pengetahuan tentang strategic marketing.

Tunggu apalagi? Pantau informasi pendaftarannya di sini.

Share with Your Friends!
Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment