Perusahaan yang sukses merupakan tempat di mana orang-orang inovatif berkumpul (innovative team) dan melakukan kolaborasi untuk merumuskan ide-ide bisnis. Banyak pemimpin perusahaan yang mengharapkan hal ini terjadi dalam perusahaan mereka. 

Mereka mungkin akan bertanya “bagaimana menemukan orang-orang yang inovatif? atau “Dimana saya bisa menemukan orang-orang yang inovatif? Jawabannya adalah tidak ada. Pada kenyataannya, perusahaan yang sukses tidak mencari orang yang inovatif di luar perusahaannya, mereka membuat dan membangun innovative team yang berasal dari orang-orang (pegawai) yang sudah ada di dalam perusahaan mereka.

Membangun innovative team ini tentunya tidak dapat dilakukan secara instan, butuh waktu yang panjang dan dedikasi yang konsisten dari tiap-tiap anggota perusahaan. Meskipun begitu, proses ini akan membantu perusahaan untuk terus berkembang, beradaptasi dengan perubahan dan menciptakan solusi yang efektif.

Lantas, bagaimana cara yang efektif membangun innovative team pada perusahaan? Simak penjelasannya pada artikel ini!

Cara Efektif Membangun Innovative Team

Innovative team memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan dan kesuksesan bisnis atau perusahaan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara yang efektif untuk membangun innovative team yang handal, antara lain:

1. Rekrut Mereka yang Tertarik dengan Visi dan Misi Perusahaan

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah mempekerjakan anggota yang memiliki komitmen, ketertarikan serta kesesuaian dengan visi dan misi perusahaan. Tidak perlu repot mencari mereka yang memiliki creative and innovation mindset yang kuat, sebab mindset ini tidak akan berhasil apabila mereka tidak memiliki rasa ketertarikan terhadap misi perusahaan.

Baca juga  Pentingnya Manajemen Risiko Usaha untuk Perusahaan Dan Bisnis Anda

Berikut ini beberapa contoh langkah yang dapat dilakukan perusahaan:

  1. Pastikan perusahaan memiliki misi dan visi yang jelas dan harus mencerminkan tujuan inovasi perusahaan dan dampak yang ingin dicapai melalui inovasi tersebut.
  1. Fokus pada orang-orang yang memiliki kesesuaian dengan nilai-nilai dan visi perusahaan. Pastikan mereka memiliki antusiasme untuk mewujudkan misi perusahaan dan memiliki hasrat untuk berinovasi.
  1. Ajukan pertanyaan yang mencerminkan komitmen calon anggota tim terhadap misi dan visi perusahaan, serta pertanyaan yang dapat membantu mengungkapkan motivasi mereka.
  1. Jelaskan tentang peran, harapan perusahaan dan tanggung jawab mereka dalam mencapai misi perusahaan

Dengan cara ini, perusahaan akan lebih mudah memastikan bahwa anggota tim benar-benar berdedikasi untuk menciptakan dampak positif melalui inovasi dan berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang perusahaan.

2. Ciptakan Keamanan secara Psikologis

Keamanan psikologis (psychological safety) adalah cara jitu untuk membentuk innovative team yang kuat. Keamanan psikologis dapat menciptakan lingkungan di mana anggota tim merasa nyaman untuk berbicara, berbagi ide inovatif, mengajukan pertanyaan, dan mengambil risiko kreatif yang dapat dipertanggungjawabkan, tanpa adanya rasa takut. 

Dengan demikian, hal ini akan membentuk innovative team yang dapat menciptakan solusi kreatif dan berdampak positif pada perusahaan. Berikut adalah langkah-langkah membentuk keamanan psikologis dalam innovative team:

  1. Pemimpin menjadi contoh yang baik dan terbuka pada masukan, kritik yang membangun dan menunjukkan sikap bahwa semua pendapat dihargai.
  1. Tekankan bahwa pada seluruh anggota tim bahwa lingkungan yang aman secara psikologis dapat meningkatkan kreativitas, kerjasama, dan produktivitas.
  1. Ajak anggota tim untuk bertanya, berdebat, dan mempertanyakan status quo. Beri mereka kesempatan untuk berbicara tanpa membuat suasana menjadi tegang dan menyeramkan.
  1. Aktif mendengarkan pendapat yang berbeda dan beragam, serta mengingatkan anggota tim bahwa konflik yang konstruktif dapat menciptakan ide-ide yang lebih baik dan solutif.
  1. Saat memberikan umpan balik, lakukan dengan cara yang konstruktif dan mendukung. Fokuskan pada peningkatan dan solusi anggota, daripada melakukan kritik negatif.
  1. Tidak mengabaikan perasaan dan emosi seluruh anggota tim. Bantu mereka merasa didengar dan dipahami dalam situasi apapun.
  1. Berikan pelatihan kepada seluruh anggota tim tentang keterampilan komunikasi yang efektif, termasuk mendengarkan dengan empati dan public speaking yang baik.
  1. Tingkatkan budaya aman secara psikologis ini secara berkelanjutan dan terapkan pada seluruh aspek kerja tim.
Baca juga  Apa Perbedaan Sustainable Marketing dan Green Marketing?

Cara Efektif Membangun Innovative Team
Cara Efektif Membangun Innovative Team

3. Memanfaatkan Keanekaragaman

Keanekaragaman dalam innovative team adalah aset berharga yang dapat membantu perusahaan menghasilkan ide-ide baru, beradaptasi dengan perubahan dan mencapai kesuksesan dalam lingkungan bisnis yang beragam. 

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa tim yang beragam merupakan tim yang lebih cerdas, kreatif dan teliti dalam merumuskan ide-ide serta memecahkan masalah. Keanekaragaman yang dimaksud dalam hal ini adalah perbedaan latar belakang, keterampilan dan pengalaman. 

Berikut beberapa langkah yang dapat perusahaan lakukan untuk menciptakan dan memanfaatkan keanekaragaman dalam innovative team.

  1. Pastikan kebijakan rekrutmen perusahaan dirancang untuk mendorong keanekaragaman. Contohnya, memberikan peluang yang adil bagi individu dari berbagai latar belakang dan kelompok minoritas.
  1. Memberikan pelatihan kepada anggota tim tentang keterampilan sensitivitas budaya, seperti pemahaman yang lebih baik tentang budaya, norma, dan nilai-nilai yang beragam.
  1. Menyusun innovative team yang terdiri dari anggota dengan berbagai keterampilan dan latar belakang, seperti keahlian teknis, pemikiran kreatif, pengalaman industri, dan lain-lain.
  1. Pertimbangkan latar belakang kultural dan perspektif pelanggan yang beragam saat merancang atau mengembangkan produk.
  1. Keanekaragaman membawa berbagai sudut pandang dan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Perusahaan bisa memanfaatkan keanekaragaman ini untuk memecahkan masalah, meningkatkan kreativitas, dan merancang solusi yang lebih baik.

4. Menghargai Kerja Sama Tim

Cara terakhir adalah menghargai kerja sama tim. Hal ini menjadi kunci dalam membentuk dan mempertahankan innovative team, sebab inovasi akan sering melibatkan kolaborasi, komunikasi yang efektif dan kontribusi seluruh anggota tim.

Oleh karena itu, menghargai kerja sama tim sangat penting untuk dilakukan karena secara tidak langsung perusahaan telah membangun fondasi tim yang kuat, di mana seluruh anggota dapat bekerja secara efektif dan menghasilkan solusi kreatif. Selain itu, keterlibatan dan semangat kerja tim pun akan meningkat, sehingga perusahaan akan lebih mudah meraih kesuksesan bisnis.

Baca juga  10 Jenis Digital Skill yang Dibutuhkan Bisnis Saat Ini

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa innovative team berperan besar dalam mencapai kesuksesan bisnis. Hal ini dikarenakan seluruh kreativitas, ide dan perubahan dapat diciptakan oleh tim yang ideal, sehingga perusahaan dapat terus berkembang. 

Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai strategi membangun innovative team bersama program Entrepreneurial Marketing “ MBA (ENMARK “ MBA). Program ini dirancang khusus untuk para pemimpin bisnis generasi selanjutnya untuk belajar tentang pemasaran, manajemen, strategi bisnis, dan pola pikir kewirausahaan dalam pelaksanaan bisnis, termasuk bagaimana seorang pemimpin membentuk tim yang inovatif.

Program ini akan mengadakan berbagai kelas yang langsung diajarkan oleh akademisi terbaik dari marketing thinker SBM ITB dan pengajar profesional dari MarkPlus Institute. Output dari program ini diharapkan dapat mencetak para wirausaha yang akan membantu membangun ekosistem kewirausahaan di tingkat nasional maupun internasional.

Tunggu apalagi? Simak informasi selanjutnya di sini.

Share with Your Friends!
Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment