Kalian sedang mencari pelatihan digital marketing secara online. Yuk simak 5 pelatihan gratis yang kalian bisa ikuti

Dulu di waktu internet baru muncul, digital marketing itu adalah keterampilan elit bagi sekelompok profesional yang sudah terlatih. Cukup aneh memang membayangkannya hari ini keterampilan itu sudah banyak dikuasai bahkan oleh orang-orang yang baru sebentar belajar marketing!

Digital marketing sangat terkait dengan pemasaran secara umum, hampir tidak mungkin untuk memisahkannya. Seperti yang kita tahu digital marketing sekarang ada di mana-mana! Dari mesin telusur dan media sosial hingga aplikasi seluler dan periklanan, setiap organisasi menggunakannya dengan satu atau lain cara.
Hari ini berkat internet, siapa pun bisa belajar tentang digital marketing, apakah kamu ingin belajar otodidak, mengambil kursus bersertifikat, atau hanya ingin menambah keterampilan kamu yang ada dengan tren dan alat terbaru, tentu sudah ada banyak caranya untuk belajar digital marketing.

Dalam artikel ini, kami memberikan rangkuman 10 pelatihan digital marketing online terbaik yang bisa kamu pilih saat ini! Banyak program berbayar dengan sertifikat yang bermanfaat, dan bahkan ada juga yang gratis sesuai dengan kemampuan kamu. 

Udemy

Udemy merupakan salah satu platform pelatihan online terbesar. Mereka menawarkan berbagai kursus tentang sejumlah mata pelajaran yang mencakup semua bidang pemasaran, mulai dari SEO hingga Iklan Google dan Penjualan. Materi pelatihan dari Udemy dapat ditonton kapan saja dan dimana saja, jadi kamu bisa belajar sesuai dengan kenyamanan dan kecepatan pemahaman kamu. Banyak pelatihan digital marketing online yang ada di Udemy ini juga bisa kamu lompati, jadi kamu bisa belajar topik materi ke topik yang paling menarik bagi kamu.
Salah satu pelatihan digital marketing online yang bisa kamu coba adalah Udemy Complete Digital Marketing Course. Pelatihan digital marketing online dari Udemy ini adalah paket lengkap dari topik 12 pelatihan digital marketing online yang kamu perlukan. Pelatihan digital marketing online yang satu ini berhasil dengan baik dalam memecah fokus pelatihan pada setiap platform, misalnya ada kursus mini terpisah tentang iklan Facebook dan Instagram, LinkedIn, Pinterest, aplikasi, Quora, Twitter, dan pemasaran Youtube. Kamu juga bisa belajar membuat situs web dan menavigasi Google Ads. 

Baca juga  Macam-macam E-learning yang Wajib Kamu Ketahui

SEMrush Academy

Pelatihan digital marketing online yang kamu ambil bisa juga kamu temukan di SEMrush Academy. Khususnya untuk kamu yang ingin belajar SEO, SEMrush Academy ini cocok untuk kamu, karena banyak sekali pelatihan SEO yang mereka berikan.
Mau tau yang lebih keren lagi? Semua kursus di SEMrush Academy gratis! Lama waktu pelatihan nya bermacam-macam, dari dari satu jam bahkan hingga 4 jam. Beberapa kursus bahkan bisa mendapatkan sertifikat. Kursus ini cocok untuk kamu yang ingin belajar tanpa modal sepeserpun!

Coursera

Program pelatihan digital marketing dari Coursera juga bisa menjadi alternatif pelatihan digital marketing kamu. Coursera merupakan salah satu platform pelatihan dan sertifikasi mirip seperti Udemy. Untuk kamu yang tertarik belajar digital marketing online, kamu bisa mengikuti program pelatihan digital marketing Coursera berjudul ‘Coursera Digital Marketing Specialization’. Program pelatihan digital marketing online ini adalah sebuah gabungan serangkaian modul kursus yang digabungkan untuk membangun keterampilan di bidang tertentu, dalam hal ini, pemasaran digital. Spesialisasi khusus ini membutuhkan penyelesaian enam kursus, tetapi kamu bisa mengikuti masing-masing kursus dengan kecepatan kamu sendiri.
Setiap spesialisasi Coursera mencakup proyek langsung tergantung modul kursus, yang harus kamu selesaikan untuk mendapatkan sertifikasi. Untuk kursus pemasaran digital ini, kamu akan menerapkan keterampilan baru kamu ke proyek nyata yang dibuat dengan kemitraan antara program pelatihan dengan perusahaan pemasok industri, Grainger! Sungguh kesempatan belajar yang tidak ada duanya bukan?

Google Digital Garage

Salah satu platform pelatihan online yang ada, salah satunya adalah Google Digital Garage. Google Digital Garage juga menjadi salah satu platform pelatihan digital marketing online dan bisnis gratis milik Google. 
Berbeda dari banyak platform-platform pelatihan digital marketing online kebanyakan, Google Digital Garage ini diproduksi sepenuhnya oleh pelatih-pelatih dari perusahaan. Salah satu pelatihan paling populer adalah Google’s Fundamentals of Digital Marketing yang telah memiliki lebih dari 26 modul pelatihan. Pelatihan digital marketing online milik google ini mempelajari dasar-dasar pemasaran digital, mulai dari konten hingga pelajaran mengenai analitik dasar.

Baca juga  5 Sertifikasi Digital Marketing Gratis untuk Dukung Karirmu

Dari video pendek dan kuis singkat, hingga ujian akhir yang menentukan lulus tidak nya anda untuk menerima sertifikasi digital untuk profil dan resume LinkedIn kamu, Google’s Fundamentals of Digital Marketing inilah program yang cocok untuk kamu yang ingin belajar digital marketing. Oh satu lagi, program Google ini sudah diakreditasi oleh Biro Periklanan Interaktif Eropa dan The Open University loh!

HubSpot

Pilihan lain untuk belajar digital marketing online dan sekaligus bisa berkesempatan mendapatkan sertifikasi dari perusahaan ternama adalah Hubspot Digital Academy. Hubspot adalah salah satu perusahaan terkemuka di industri digital marketing dengan berbagai alat pemasaran, seperti misalnya tools-tools CRM, SEO, pemasaran konten, dan penjualan.
Selain tools-tools yang biasa dipakai digital marketers, HubSpot juga memiliki banyak pelatihan digital marketing online loh! Pelatihan-pelatihan yang ada mencakup topik-topik seperti inbound marketing, content marketing, email marketing, social media marketing, dan masih banyak lagi!


Selain kursus bersertifikasi, HubSpot juga menawarkan sejumlah kursus tanpa sertifikasi yang mencakup SEO, blogging, iklan Facebook, dan saluran pemasaran online lainnya. Semua kursus di HubSpot juga diajarkan oleh banyak ahli digital marketing terkenal loh! Pokoknya gratis dan sangat bermanfaat untuk kamu yang mencari pelatihan digital marketing online!

Kesimpulan

Nah itu dia 5 rekomendasi platform pelatihan digital marketing online yang bisa kamu manfaatkan. Keterampilan digital marketing saat ini sudah semakin penting, khususnya untuk kamu yang sedang mengembangkan bisnis kamu, atau sekadar ingin belajar digital marketing. Semua platform atau program pelatihan digital marketing online tentu saja bisa kamu manfaatkan agar kamu tidak tertinggal dalam bisnis kamu, atau kamu sekadar bisa mengerti mengenai digital marketing agar bisa kamu praktikan di masa depan!

Share with Your Friends!
Avatar for Defantra Ramadhan
Research and Development at MarkPlus

Leave a Comment