Saat ini, membangun brand identity yang kuat adalah hal krusial bagi perusahaan yang ingin berkembang di dalam lanskap bisnis yang kompetitif. Corporate branding adalah salah satu strategi yang bisa membantu perusahaan dalam mencapai tujuan tersebut.

Branding perusahaan memainkan peran penting dalam membentuk citra perusahaan yang baik hingga menciptakan identitas yang berbeda dari pesaing. Perlu diketahui, corporate branding lebih dari sekadar memilih tagline yang menarik. Namun, ini mencakup strategi komprehensif untuk menumbuhkan citra brand yang kuat dan terpadu.

Corporate branding adalah serangkaian proses mengelola dan mengembangkan identitas brand perusahaan secara keseluruhan. Ini melibatkan pembuatan narasi yang unik dan menarik yang merangkum visi, misi, values perusahaan, sambil mengkomunikasikannya secara efektif kepada target konsumen.

Dalam artikel ini, MarkPlus Institute akan membahas apa itu corporate branding, mempelajari pentingnya branding perusahaan dan implikasinya yang luas untuk bisnis, serta strategi corporate branding yang bisa jadi patokan untuk perusahaan Anda!

Apa Itu Corporate Branding?

Corporate branding adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam strategi pemasaran perusahaan secara menyeluruh. Secara umum akan melibatkan berbagai tindakan, strategi, dan pedoman branding yang digunakan untuk menciptakan identitas unik untuk brand dan produk perusahaan. 

Dalam kenyataannya, strategi ini bukan hanya sekadar membuat tagline atau logo. Namun, mencakup elemen-elemen lainnya, seperti budaya perusahaan, nilai-nilai inti, brand image, dan customer experience. Corporate branding bertujuan untuk membangun dan mempertahankan brand image yang kuat di mata konsumen dan masyarakat.

Baca juga  Menjadi Pemimpin yang Inovatif, Bagaimana Caranya?

Manfaat dari Corporate Branding

Branding perusahaan merupakan upaya awal yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan brand equity dengan cara membentuk citra baik di mata konsumen dan masyarakat. Di samping itu, corporate branding juga memiliki manfaat lain, di antaranya:

1. Memberikan Keunggulan Kompetitif

Salah satu manfaat dari corporate branding adalah perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif dalam menjual produk di pasar. Hal ini dikarenakan konsumen telah aware terhadap perusahaan melalui brand image dan corporate identity yang dibuatnya.

Selain itu, perusahaan juga memiliki unique selling point yang dapat membedakannya dari pesaing. Dengan demikian, branding perusahaan mampu menarik konsumen karena telah menciptakan brand trust yang kuat.

2. Memfasilitasi Perilisan Produk Baru 

Manfaat selanjutnya adalah dapat memfasilitasi peluncuran produk baru. Artinya, identitas perusahaan telah dikenal dan diterima dengan baik di pasar, sehingga memberikan kepercayaan tambahan bagi konsumen untuk mencoba produk baru yang ditawarkan oleh perusahaan.

3. Memasuki Pasar dan Lokasi Baru

Membangun corporate branding yang tepat dapat membangun reputasi yang baik bagi perusahaan. Dengan kata lain, strategi tersebut dapat membantu perusahaan untuk mengakses dan memasuki pasar dan lokasi baru, baik di tingkat domestik maupun internasional.

4. Menciptakan Hubungan Emosional dengan Konsumen

Dengan adanya corporate branding yang kuat, hubungan emosional antara konsumen dan perusahaan pun tercipta dengan baik. Hal ini memunculkan rasa loyalitas brand dalam pikiran konsumen, yang kemudian mempengaruhi keputusan mereka dalam memilih produk dan layanan perusahaan.

5. Memudahkan Upaya Pemasaran dan Promosi

Keuntungan lainnya adalah memudahkan upaya pemasaran dan promosi. Mengapa? Hal ini dikarenakan dengan adanya branding perusahaan yang baik, maka konsumen memiliki rasa kepercayaan terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan. 

Corporate branding yang kuat juga menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang perusahaan dan penawaran produknya. Sehingga, konsumen bisa dengan cepat mengidentifikasi logo, slogan, nuansa warna, dan elemen merek lainnya dengan mudah.

Baca juga  4 Tahap OMNI Brand Management‹ Framework untuk Optimalkan Bisnis

Tips Membangun Corporate Branding yang Baik

Perlu diketahui, membangun branding perusahaan yang baik membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda membangun corporate branding yang kuat, di antaranya:

1. Lakukan Brand Audit

Langkah pertama adalah melakukan brand audit. Dalam proses ini, perusahaan perlu menganalisis setiap kelebihan dan kelemahan dari setiap persona yang dibangun di seluruh saluran komunikasi.

Selain itu, perusahaan juga harus mengecek setiap brand message, visual identity, dan lainnya agar konsisten serta relevan dengan audiens. Perusahaan bisa memilih persona mana yang ingin dipertahankan dan mana yang perlu dibenah.

Dalam proses ini, perusahaan juga bisa melakukan evaluasi performa dari brand itu sendiri. Caranya dengan menggunakan metriks PAR (Purchase Action Ratio), membandingkan konsumen yang mengenal dengan yang menggunakan produk/jasa dan BAR (Brand Advocacy Ratio), membandingkan konsumen yang kenal dengan yang mengadvokasikan produk/jasa Anda.

2. Diskusi Terkait Visi dan Misi Perusahaan

Langkah selanjutnya adalah menentukan visi dan misi perusahaan. Di mana, setiap pemangku kepentingan di dalam perusahaan harus berdiskusi dan membahas seluruh values dari brand yang ingin disampaikan.

Dalam proses ini, akan lebih baik apabila ada bantuan dari profesional spesialisasi branding. Sehingga akan sesuai dengan pedoman branding dan brand message utama perusahaan dapat tersalurkan dengan tepat.

3. Buat Brand Identity yang Kuat

Terakhir, perusahaan dapat membuat identitas yang kuat melalui corporate identity. Hal ini bertujuan untuk memberikan identitas baik kepada produk dan perusahaan itu sendiri. Maka dari itu, semua pegawai perlu mengikuti guidelines yang dimiliki oleh perusahaan.

Contoh Corporate Branding yang Berhasil

Corporate Branding

Apple adalah salah satu contoh perusahaan yang menerapkan corporate branding. Strategi yang diadopsi oleh Apple terbilang cukup sukses, sebab perusahaan teknologi ini terkenal dengan menawarkan berbagai gadget mulai dari ponsel, tablet, laptop, televisi, dan lainnya yang memiliki dampak positif di seluruh dunia.

Baca juga  Halo Effect: Pengertian, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Produk-produk dari Apple terbilang cukup berhasil di pasaran karena langkah-langkah kuat yang diambil oleh Apple untuk membangun corporate branding. Bisa dibilang, strategi corporate branding memiliki peran penting dalam memperkuat identitas brand Apple.

Salah satu strategi corporate branding yang dilakukan oleh Apple adalah dengan menerapkan konsistensi desain yang diusung dan logo yang jelas terlihat dalam berbagai saluran komunikasi. Dengan demikian, Apple telah berhasil membangun kehadiran brand yang kuat dan dikenal di pasaran. 

Bisa dikatakan, Apple telah berhasil menempatkan dirinya sebagai pemimpin global di industri teknologi dengan memperhatikan corporate branding yang tepat. Hal ini bisa dibuktikan dengan kualitas, kelas, teknologi, identitas visual yang ditawarkan dalam produk-produknya, sehingga Apple dapat membedakan diri dari pesaing dan menarik perhatian target konsumennya.

Corporate Branding

Dari perusahaan Indonesia, ada tiket.com yang terbilang sukses dalam menerapkan corporate branding yang baik. Perusahaan ini telah membangun identitas brand-nya dengan tagline “Mau ke mana? Semua ada tiketnya!” yang merepresentasikan nilai-nilai kemudahan, kecepatan, dan keandalan dalam memberikan layanan kepada konsumen.

Strategi corporate branding yang diadopsi oleh tiket.com dapat dilihat dari situs web mereka hingga layanan pelanggan yang mencerminkan profesionalisme dan kualitas pelayanan yang baik. 

Selain itu, kesuksesan corporate branding tiket.com juga tercermin dalam berbagai kampanye pemasaran dan iklan yang diminati oleh banyak konsumen dalam mengkomunikasikan keuntungan, serta kenyamanan menggunakan layanan mereka.

Kesimpulan

Pada akhirnya, corporate branding adalah salah satu kunci dalam brand management bagi perusahaan yang ingin mencapai keberhasilan di era bisnis yang kompetitif ini. Dengan mengadopsi strategi corporate branding, perusahaan bisa membangun identitas yang kuat hingga menciptakan hubungan emosional terhadap konsumen.

Bagi Anda yang ingin memperdalam pemahaman terkait dunia bisnis dan berbagai strateginya yang efektif, langsung saja kunjungi Blog MarkPlus Institute sekarang juga. Saatnya temukan wawasan baru, tips praktis, dan studi kasus yang menginspirasi!

Share with Your Friends!
Avatar for Fachri Rizki
SEO Content Writer at MarkPlus Institute

Leave a Comment