Seperti yang kita ketahui bersama, pelanggan adalah aset yang sangat penting bagi perusahaan. Bukan hanya dianggap sebagai pembeli, melainkan juga mitra yang memiliki peran sentral dalam perjalanan bisnis. Customer Relationship Management (CRM) menjadi salah satu solusi yang dibutuhkan perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap produk mereka.

Ketika pelanggan merasa puas dengan apa yang telah diberikan oleh perusahaan, maka hasilnya pun luar biasa. Pelanggan akan menunjukkan loyalitasnya, meningkatkan intensitas transaksi dengan perusahaan, memberikan referensi positif, dan tindakan lainnya yang menguntungkan perusahaan.

Lantas, bagaimana Customer Relationship Management (CRM) membantu perusahaan untuk mendapatkan itu semua? Simak penjelasannya di artikel ini, ya!

Apa itu Customer Relationship Management (CRM)?

Customer Relationship Management (CRM) merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan maupun calon pelanggan.

CRM dapat dijadikan sebagai alat untuk mengetahui bagaimana perilaku setiap pelanggan dan apa saja yang mereka butuhkan. Melalui data tersebut, perusahaan dapat mengatur strategi pendekatan dan pemasaran yang tepat, sehingga pelanggan mendapatkan prospek yang baik dari perusahaan.

Prospek yang baik ini nantinya akan menimbulkan timbal balik positif dari para pelanggan, sehingga nilai jual bisnis yang positif dari perusahaan di mata pelanggan dapat dipertahankan dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa contoh dari perangkat lunak Customer Relationship Management adalah Barantum, SalesForce, Pipedrive, Hubspot, dan lain sebagainya.

Baca juga  Bagaimana AI Marketing Technology Merevolusi Dunia Pemasaran?

Apa saja Jenis-jenis Customer Relation Management (CRM)?

Sistem dari Customer Relationship Management (CRM) dapat dibagi menjadi beberapa jenis, berdasarkan fokus dan fungsi mereka, antara lain:

1. Operasional

Berfokus pada proses operasional perusahaan sehari-hari yang berkaitan dengan pelanggan. Hal ini mencakup otomatisasi penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan. Operasional CRM membantu perusahaan untuk mengelola interaksi sehari-hari dengan pelanggan, seperti pengiriman email, penjadwalan janji temu, pemantauan status pesanan, dan lain sebagainya.

2. Analitik CRM

Berfokus pada pengumpulan, analisis, dan interpretasi data pelanggan yang dapat membantu perusahaan memahami perilaku pelanggan, tren pasar, dan preferensi pelanggan. Dengan data-data tersebut, perusahaan dapat membuat keputusan strategis yang lebih baik untuk menentukan teknik pemasaran, penjualan, dan pengembangan produk.

3. Kolaboratif CRM

Jenis CRM yang satu ini dapat membantu kerja sama (kolaborasi) perusahaan antar tim dalam hal berbagi informasi pelanggan. Contohnya, adanya kolaborasi antara tim penjualan, pemasaran, dan tim lainnya untuk berbagi data penting tentang pelanggan dan mengkoordinasikan tindakan selanjutnya secara efektif.

Apa saja Manfaat Customer Relation Management (CRM)?

Customer Relationship Management memiliki segudang manfaat yang sangat penting bagi perkembangan bisnis perusahaan, salah satunya adalah customer loyalty. Semakin banyak pelanggan yang setia dengan merek perusahaan, maka semakin banyak pula profit yang dihasilkan.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa keuntungan dari CRM tidak hanya berupa materi saja, namun ada beberapa keuntungan lain yang berguna bagi perusahaan. Berikut ini penjelasannya.

1. Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan

CRM membantu perusahaan memahami pelanggan ataupun calon pelanggan mereka dengan lebih baik, sehingga perusahaan mampu memberikan layanan yang lebih personal dan relevan. Tindakan ini nantinya dapat meningkatkan kepuasan mereka dan memperkuat hubungan jangka panjang.

Baca juga  4 Elemen Keberhasilan Manajemen Teknologi dan Inovasi

2. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Data pelanggan yang diperoleh CRM, dapat membantu perusahaan mengidentifikasi siapa saja pelanggan yang berpotensi meninggalkan produk mereka.  Dengan demikian, perusahaan bisa mengambil tindakan proaktif untuk menjaga mereka tetap setia dengan produk atau merek perusahaan.

3. Meningkatkan Produktivitas

CRM mampu mengotomatisasi banyak tugas administratif ataupun tugas yang bersifat repetitif, seperti mengirim email, mengatur janji temu dan mengelola data pelanggan. Dengan bantuan ini, maka CRM memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus pada tugas-tugas yang lebih penting, seperti berinteraksi dengan pelanggan, menjual produk atau layanan ataupun mengemukakan strategi yang memerlukan ide kreatif dan inovatif.

4. Meningkatkan Layanan Pelanggan

CRM dapat membantu perusahaan memberikan dukungan atau layanan kepada pelanggan dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan CRM mampu melacak permintaan pelanggan, mengelola tiket dukungan dan memastikan bahwa permintaan pelanggan ditangani dengan tepat waktu.

5. Menghemat Biaya Operasional

Meskipun implementasi awal CRM dapat terbilang cukup mahal, namun hasil jangka panjangnya yang didapatkan akan menghemat biaya operasional perusahaan. Contohnya, mengurangi biaya administrasi dengan tetap mengoptimalkan proses bisnis dan mengurangi biaya akuisisi pelanggan dengan meningkatkan retensi.

6. Meningkatkan Kolaborasi

CRM memungkinkan tim yang berbeda dalam perusahaan, seperti penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan, untuk berkolaborasi dengan lebih baik. Semua tim memiliki akses ke data pelanggan yang sama, sehingga  komunikasi yang terjalin menjadi lebih efektif dan efisien.

7. Skalabilitas Bisnis

CRM dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan, serta dapat bertumbuh seiring dengan berjalannya bisnis. Hal ini tentunya berguna bagi perusahaan untuk mengelola pertumbuhan mereka secara lebih baik dan memastikan bahwa mereka dapat mengakomodasi pelanggan baru, tanpa mengorbankan kualitas layanan.

Baca juga  7 Alasan Pentingnya Circular Economy bagi Bisnis Berkelanjutan

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa CRM (Customer Relationship Management) merupakan alat yang kuat untuk membangun dan memelihara hubungan yang baik antara perusahaan dan pelanggan mereka. Selain itu, CRM juga mampu meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dan mencapai keberhasilan bisnis yang lebih besar lagi.

Seiring berkembangnya teknologi dan dunia bisnis yang semakin dinamis, CRM hadir menjadi solusi untuk membantu perusahaan beradaptasi dengan dinamika tersebut, serta memenuhi ekspektasi pelanggan yang terus berubah. Anda bisa mempelajari bagaimana memanfaatkan perangkat lunak CRM bersama MarkPlus Institute dan ITS dalam program Magister Manajemen Teknologi yang unggul, inovatif, profesional, dan berintegritas, MMT in Technomarketing.

Program ini menawarkan bidang keahlian Technomarketing yang membahas aspek fundamental dalam dunia bisnis teknologi, seperti manajemen bisnis dan aspek strategis pemasaran bisnis teknologi, termasuk pemanfaatan Customer Relationship Management (CRM).

Bidang ini akan mengenalkan Anda tentang konsep, praktik dan studi kasus seputar bisnis dan pemasaran produk teknologi. Selain itu, Anda akan mendapatkan pengetahuan seluk-beluk manajemen teknologi dan manajemen marketing yang aplikatif agar dapat diterapkan dalam dunia bisnis atau perusahaan.

Tunggu apalagi? Jadilah bagian dari MMT SIMT ITS sekarang juga! Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa klik di sini, ya! 

Share with Your Friends!
Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment