E-Learning untuk training perusahaan: MOOC, COOC, SPOC, SOOC

By

Talitha Fakhira

| Published

Massive Open Online Course
Massive Open Online Course

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk menerapkan e-learning untuk training karyawan perusahaan Anda? Baik karena alasan yang terkait dengan bisnis, untuk mengembangkan kesadaran merek, atau karena Anda ingin memulai transformasi digital?

Untuk memulainya, Anda perlu tahu bahwa setidaknya ada empat jenis training perusahaan digital dengan e-learning. Artikel ini memungkinkan Anda untuk memahami karakteristik dari masing-masing jenis e-learning dan memilih formula yang paling sesuai untuk kebutuhan karyawan Anda.

E-learning MOOC

MOOC atau Massive Open Online Course adalah kursus online yang diajarkan oleh seorang pelatih profesional, seringkali gratis dan dapat diakses secara umum di platform khusus dalam format digital. MOOC terbuka untuk semua orang, seringkali dengan pendaftaran sederhana (misal dengan membuat akun gratis) yang tersedia melalui portal lembaga yang menyediakannya.

Selain disediakan oleh sekolah atau universitas, e-learning jenis ini juga disediakan oleh organisasi pelatihan. Salah satunya oleh MarkPlus Institute salah satu perusahaan training terbaik di Indonesia. Untuk mengakses e-learning MarkPlus Institute, kunjungi tautan berikut ini.

Peserta e-learning bisa mendapatkan manfaat dari kelas online berkualitas tinggi, seperti kesempatan untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari melalui latihan praktis, kuis, case study, dan lain-lain.

Jika peserta ingin mendapatkan sertifikat atau kualifikasi setelah pelatihan divalidasi, mereka seringkali harus memilih MOOC versi berbayar. Pilihan ini bisa menarik bagi pelajar yang ingin menghargai keterampilan baru mereka di pasar kerja, misalnya. Menyertakan jenis kualifikasi ini di CV merupakan nilai tambah untuk mencari pekerjaan.

Kelebihan utama dari jenis kursus ini adalah aksesibilitasnya. Selain dapat diakses oleh semua orang, MOOC menawarkan kemudahan untuk diakses kapan pun dan di mana pun mereka berada, selama peserta mereka memiliki komputer, tablet, atau smartphone yang terhubung ke Internet.

Baca juga  Pengertian, Sejarah, dan Manfaat E-Learning

Sementara itu, kekurangan e-learing MOOC umumnya tidak melibatkan interaksi apa pun dengan pelatih. Sehingga, hanya sebagian kecil dari mereka yang terdaftar benar-benar menyelesaikan kursus. Akibatnya, sulit untuk mendorong keterlibatan pelajar tanpa interaksi yang dipersonalisasi.

E-learning COOC

COOC atau Corporate Online Open Course adalah kursus digital yang juga diajarkan oleh pelatih profesional, berdasarkan model MOOC. Hal ini mencakup bagian teori dalam bentuk video online atau bagian praktek dengan latihan, kuis dan permainan untuk memungkinkan peserta berinteraksi satu sama lain.

Yang membedakannya dengan MOOC, COOC hanya terbuka untuk sejumlah kecil peserta. Alasannya sederhana, mereka diberikan oleh suatu institusi kepada anggotanya, untuk memungkinkan mereka mengembangkan keterampilan dan keahlian mereka.

Format pelatihan ini memungkinkan karyawan meningkatkan keterampilan mereka. Disertai dengan kelebihan yang sama seperti MOOC yang membuatnya begitu sukses: kemungkinan menyelesaikan pelatihan kapan dan di manapun peserta menginginkannya selama mereka memiliki koneksi internet. Pelatihan disampaikan oleh pelatih berpengalaman. Sertifikat penyelesaian dapat dikeluarkan untuk seluruh kursus atau bahkan untuk modul tertentu yang memungkinkan peserta memperoleh keterampilan khusus.

Kelebihan utama dari COOC adalah keleluasaan bagi pembelajar untuk mengatur pembelajaran mereka sesuai keinginan sesuai dengan jadwal mereka. Mereka mudah diatur dari sudut pandang organisasi: tidak perlu menemukan waktu dan tempat khusus untuk mengumpulkan semua orang.

COOC terutama dikalibrasi untuk perusahaan dan dirancang dengan warna mereka (dan karenanya mendapat manfaat dari citra yang baik karena menunjukkan investasi perusahaan dalam penawaran pelatihan ini). COOC juga menangani pengetahuan atau masalah seputar perusahaan.

E-learning SPOC

Small Private Online Course atau yang disingkat menjadi SPOC juga disajikan seperti MOOC, namun dengan versi berbayar. Untuk mengikuti pelatihan SPOC, peserta diharuskan membayar untuk mengakses materi-materi pelatihan.

Baca juga  Apakah Sertifikasi Digital Marketing Penting?

Ini terdiri dari video yang menyajikan teori dan validasi pembelajaran melalui berbagai bentuk latihan praktis (kuis, kasus praktis, dll.). Perbedaannya di sini adalah bahwa SPOC bersifat pribadi. Mereka dirancang untuk sekelompok orang di perusahaan yang sama (SPOC intra-perusahaan) atau dari perusahaan yang berbeda (SPOC antar perusahaan). Mereka relatif selektif karena menangani audiens yang berspesialisasi dalam bidang tersebut. Oleh karena itu, pelatihan ini lebih terpersonalisasi.

Seperti SOOC, SPOC berfokus pada pertukaran pengetahuan, baik antara pelatih dan peserta didik maupun antara peserta didik itu sendiri. Saat merancang SPOC, Anda dapat memasukkan sistem pembinaan individu atau kolektif. Hal ini dapat memotivasi pelajar sekaligus memaksimalkan peluang keberhasilan mereka berkat dukungan kualitas (dan kuantitas) yang tinggi.

Letak kekuatan utama dari jenis pelatihan ini ialah skala pesertanya. Mengingat jumlah peserta didik yang terbatas, pelatih dapat menanggapi setiap peserta secara individu ketika diperlukan. Menawarkan pengalaman belajar yang lebih mendalam.

Sertifikat penyelesaian dikeluarkan pada akhir kursus dan laporan tersedia untuk manajer dan kepala pelatihan. SPOC adalah alat pelatihan yang sangat populer di kalangan perusahaan.

E-learning SOOC

Terakhir, SOOC atau Small Online Open Courses adalah kursus pelatihan digital yang terbuka untuk semua. Seperti semua jenis pelatihan lain yang disajikan di sini, perbedaan dengan SOOC tidak terletak pada bentuknya.

Mereka menargetkan audiens yang relatif ahli, melalui judul kursus tertentu. Di atas segalanya, mereka fokus pada aspek sosial. SOOC menggunakan media sosial khususnya untuk mendorong pertukaran dan kontak antara peserta juga antara peserta didik dengan pengajar.

Oleh karena itu, peserta didik didorong selama pelatihan untuk mendiskusikan materi pelatihan dan latihan aplikasi praktis, serta berbagi praktik terbaik.

Baca juga  Tren E-Learning yang Penting Diketahui di 2023!

Share with Your Friends!
Avatar for Talitha Fakhira
Research and Development team

Leave a Comment