11 Gaya Kepemimpinan, Strategi untuk Kesuksesan Bisnis

By

Fachri Rizki

| Published

Gaya Kepemimpinan
Gaya Kepemimpinan

Dalam dunia bisnis, kepemimpinan memegang peranan penting dalam menentukan arah, kinerja, dan keberhasilan sebuah perusahaan. Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri, yang mencerminkan cara mereka berinteraksi dengan tim dan mengambil keputusan. 

Gaya kepemimpinan adalah sebuah perilaku yang digunakan dan diterapkan oleh seseorang dalam memimpin, mengelola, dan mempengaruhi perilaku orang lain. Perlu diketahui, gaya kepemimpinan sangatlah beragam dan unik. 

Maka dari itu, MarkPlus Institute ingin membahas jenis-jenis gaya kepemimpinan yang bisa diadopsi oleh para pemimpin. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Saja Gaya Kepemimpinan?

Gaya Kepemimpinan

Adapun beberapa gaya kepemimpinan adalah sebagai berikut: 

1. Democratic Leadership 

Jenis pertama adalah gaya demokratis, di mana pemimpin akan melibatkan partisipasi anggota tim dalam pengambilan keputusan. Dalam gaya ini, pemimpin akan mendengarkan ide dan masukan dari semua anggota tim sebelum membuat keputusan akhir. Gaya kepemimpinan demokratis begitu ideal untuk diterapkan di zaman sekarang yang mana dapat meningkatkan kreativitas dan keterlibatan anggota tim.

2. Autocratic Leadership 

Kedua, gaya kepemimpinan yang bisa Anda adopsi adalah autocratic leadership style. Pemimpin otoriter mengambil keputusan secara mandiri dan memberikan perintah tanpa banyak keterlibatan anggota tim. Gaya ini cocok untuk situasi darurat atau ketika keputusan harus diambil dengan cepat.

3. Laissez-Faire Leadership 

Selanjutnya ada laissez-faire leadership style. Pemimpin dengan gaya ini cenderung memberikan kebebasan penuh kepada anggota tim untuk mengambil keputusan dan menyelesaikan tugas mereka. 

Baca juga  9 Ciri Social Leader yang Wajib Diketahui para Entrepreneur

Apabila seorang pemimpin mengadopsi gaya kepemimpinan ini, maka tim anggota yang dipimpinnya harus berjiwa mandiri, memiliki inisiatif tinggi, dan mempunyai motivasi tinggi.

4. Strategic Leadership 

Dalam gaya ini, biasanya pemimpin memiliki visi jangka panjang untuk mencapai tujuan bisnis. Langkah yang diambil meliputi, melakukan identifikasi dan analisis terkait peluang, serta ancaman.

Berdasarkan analisis tersebut, pemimpin ini baru merumuskan strategi jangka panjang yang mencakup berbagai hal, misalnya pengembangan produk baru, ekspansi ke pasar internasional, investasi dalam teknologi canggih, dan lainnya.

5. Transformational Leadership 

Jenis selanjutnya adalah transformasional. Di mana, pemimpin memotivasi anggota tim untuk mencapai prestasi yang luar biasa. Pemimpin tersebut menciptakan perubahan positif dalam organisasi bisnis dan mengembangkan potensi setiap anggota tim.

Contohnya, jika ingin mencapai kesuksesan bisnis yang diharapkan, maka seorang pemimpin dengan gaya ini cenderung memberikan dukungan dan motivasi kepada bawahannya agar lebih semangat.

6. Transactional Leadership 

Berikutnya, jenis gaya kepemimpinan adalah transactional leadership, di mana pemimpin akan memberikan hadiah dan penghargaan kepada anggota tim yang mencapai tujuan dan menjalankan tugas dengan baik.

Biasanya pemimpin dengan gaya kepemimpinan transactional ini menggunakan sistem penghargaan dan hukuman sebagai alat untuk memotivasi anggota tim dalam mencapai hasil yang diharapkan.

7. Coaching Leadership 

Pemimpin dengan gaya coaching leadership membantu anggota tim untuk mengembangkan keterampilan dan potensi mereka melalui dukungan, bimbingan, dan feedback. Gaya ini efektif dalam meningkatkan kualitas individu dalam tim.

Pemimpin dengan coaching leadership biasanya rutin melibatkan anggota tim dalam sesi coaching individu atau kelompok. Dalam sesi tersebut, dia akan memberikan dukungan aktif untuk mengatasi tantangan dan kesulitan yang dihadapi oleh anggota timnya.

Baca juga  Mengenal White Paper Marketing dan Fungsinya

8. Bureaucratic Leadership 

Bureaucratic leadership merupakan jenis gaya kepemimpinan dengan konsep birokrasi. Di mana pemimpin mengikuti aturan dan prosedur dengan ketat. Pemimpin dengan gaya ini menekankan efisiensi dan konsistensi dalam operasional bisnis.

Contohnya, pemimpin birokratis selalu memastikan bahwa semua anggota tim mengikuti peraturan dan prosedur yang telah ditetapkan. Dia juga memiliki struktur organisasi yang jelas dan hierarki yang ketat dalam mengambil keputusan, serta mengalokasikan tugas masing-masing.

9. Visionary Leadership

Selanjutnya, jenis gaya kepemimpinan adalah visionary leadership. Pemimpin visioner memiliki visi yang kuat dan mampu menginspirasi anggota tim untuk mengikuti visi tersebut. Gaya ini menciptakan komitmen yang tinggi dalam mencapai tujuan bersama.

Misalnya, sebagai seorang pemimpin, Anda akan menetapkan visi yang kuat tentang perusahaan terkait inovasi dan teknologi baru. Dengan adanya visi tersebut, Anda mulai melakukan berbagai strategi yang melibatkan segala tim untuk mencapai kesuksesan visi tersebut.

10. Pacesetting Leadership 

Adapun gaya kepemimpinan selanjutnya adalah pacesetting leadership. Pemimpin pacesetting menetapkan standar tinggi dan menjadi contoh bagi anggota timnya. Selain itu, gaya ini juga memotivasi anggota tim untuk mencapai keunggulan

Contohnya, pemimpin pacesetting akan selalu menetapkan standar yang tinggi untuk dirinya sendiri dan timnya. Dia juga selalu berada di garis depan dan berusaha untuk menjadi contoh bagi timnya dalam bekerja dengan intensitas tinggi.

11. Situational Leadership

Jenis terakhir gaya kepemimpinan adalah situational leadership atau kepemimpinan situasional. Biasanya, seorang pemimpin dengan gaya ini menggunakan pendekatan yang berbeda-beda sesuai dengan situasi saat itu.

Misalnya, sebelum mengambil keputusan, pemimpin dengan gaya situational leadership akan melihat berbagai aspek sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan anggota tim. Gaya ini memungkinkan pemimpin untuk beradaptasi dengan situasi yang berubah.

Baca juga  The 5 Level of Leadership, Tahapan Menjadi Pemimpin yang Efektif

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kepemimpinan adalah skill penting yang wajib dimiliki oleh seorang leader. Untuk mencapai kesuksesan bisnis, leader yang efektif harus mengadopsi gaya kepemimpinan yang ideal dan tepat sesuai dengan situasi, serta karakteristik tim mereka. 

Perlu diingat bahwa tidak ada gaya kepemimpinan yang sempurna. Maka dari itu, setiap pemimpin perlu memahami keunikan masing-masing gaya kepemimpinan, sehingga mereka bisa mengembangkan pendekatan yang cocok untuk mencapai kesuksesan bisnisnya.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang berbagai gaya kepemimpinan dan strategi untuk mengasah kemampuan kepemimpinan, kunjungi Blog MarkPlus Institute untuk mendapatkan wawasan dan panduan yang lebih mendalam. Yuk, perluas kapasitas Anda sekarang bersama MarkPlus Institute!

Share with Your Friends!
Avatar for Fachri Rizki
SEO Content Writer at MarkPlus Institute

Leave a Comment