Golden Circle: Definisi, Komponen, dan Manfaatnya

By

Iman Fadhilah

| Published

Golden circle adalah konsep yang membantu untuk memahami alasan mengapa seseorang melakukan sesuatu.
Golden Circle, Konsep yang Diperkenalkan Oleh Simon Sinek Sebagai Strategi Dalam Melakukan Sesuatu

Golden Circle adalah sebuah konsep yang telah membuka pintu pemahaman tentang apa yang membuat perusahaan dan pemimpinnya benar-benar luar biasa. 

Konsep ini, yang pertama kali diperkenalkan oleh Simon Sinek, seorang penulis, pembicara, dan pemikir bisnis terkenal, telah menjadi alat yang sangat berharga dalam dunia pemasaran dan kepemimpinan. 

Dengan memahami esensi Golden Circle, Anda akan memiliki dasar yang kuat untuk membangun merek yang lebih kuat, menginspirasi karyawan, dan meraih kesuksesan yang berkelanjutan dalam dunia yang terus berubah dengan cepat ini.

Maka dalam artikel ini, kami akan menggali lebih dalam tentang apa itu Golden Circle, mengapa ini begitu penting dalam konteks bisnis, dan bagaimana perusahaan dapat menggunakannya untuk memandu langkah-langkah mereka. 

Apa Itu Golden Circle?

Golden Circle adalah konsep yang diperkenalkan oleh Simon Sinek dalam bukunya yang terkenal berjudul “Start with Why: How Great Leaders Inspire Everyone to Take Action“.

Konsep ini membahas pola pemikiran yang dimiliki oleh pemimpin dan organisasi yang benar-benar menginspirasi orang untuk bertindak.

Golden Circle terdiri dari tiga komponen utama yaitu Why, How, dan What, yang diilustrasikan sebagai lingkaran berlapis:

Konsep golden circle terdiri dari 3 elemen yaitu why, how dan what.
Ilustrasi dari Konsep Golden Circle Simon Sinek

Mengapa (Why)

Why atau pertanyaan “mengapa menunjukkan tujuan dan nilai inti dari suatu organisasi atau individu. 

Misalnya, “Mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan?, “Mengapa mereka ada?. 

Simon Sinek berpendapat bahwa pemimpin organisasi yang inspiratif dan sukses selalu memulai dengan “Mengapa.”

Ini adalah visi, tujuan, atau kepercayaan yang mendalam yang menggerakkan mereka.

Baca juga  Perencanaan Pemasaran Strategis, Kunci Sukses Mengembangkan Bisnis

Bagaimana (How)

How atau “bagaimana adalah lapisan tengah dari lingkaran yang menjelaskan bagaimana organisasi atau individu menjalankan bisnis mereka. 

Hal ini mencakup bagaimana mereka (pebisnis atau pemimpin) mencapai tujuan dan nilai inti yang telah mereka tentukan dalam “Mengapa.” Ini mencakup strategi, taktik, dan proses yang digunakan.

Apa (What)

Ini adalah lapisan terluar dari lingkaran dan menjelaskan apa yang sebenarnya dilakukan organisasi atau individu. 

Ini adalah produk atau layanan yang mereka tawarkan atau kegiatan yang mereka lakukan.

Simon Sinek berpendapat bahwa kebanyakan organisasi dan individu memulai dari lapisan terluar, “Apa,” saat berkomunikasi dengan dunia luar. 

Namun, pemimpin dan organisasi yang benar-benar menginspirasi orang mulai dari “Mengapa.” 

Mereka mengkomunikasikan visi, tujuan, dan kepercayaan mereka terlebih dahulu, dan ini menciptakan ikatan emosional dengan orang-orang yang bersedia mengikuti mereka.

Manfaat Golden Circle

Konsep golden circle memiliki sejumlah manfaat, yaitu untuk menginspirasi orang lain dan membuat tujuan bisnis yang lebih terarah.
Ilustrasi Seseorang Menggunakan Golden Circle dalam Perencanaannya

Penyusunan Golden Circle dalam suatu bisnis atau organisasi memiliki beberapa manfaat, berikut adalah 5 manfaat utama dari Golden Circle

  1. Membantu Menginspirasi dan Menciptakan Kepemimpinan yang Kuat

Golden Circle membantu pemimpin dan organisasi untuk menginspirasi orang dengan lebih fokus pada “Why, yaitu suatu alasan mengapa seseorang perlu menjalankan bisnis tersebut.

Ini memungkinkan pemimpin untuk memotivasi orang untuk bertindak berdasarkan visi dan tujuan yang lebih dalam. Sehingga, pemimpin mampu untuk menyentuh sisi emosional dari orang yang dipimpinnya.

  1. Pengambilan Keputusan yang Lebih Bijaksana

Memahami “Why” atau alasan utama dapat membantu pemimpin dalam pengambilan keputusan yang lebih bijaksana. 

Organisasi dan individu dapat mengukur setiap keputusan berdasarkan sejauh mana itu mendukung tujuan dan nilai inti mereka.

  1. Diferensiasi dan Branding yang Kuat

Golden Circle membantu perusahaan dan merek untuk membedakan diri dari pesaing atau yang biasa disebut dengan brand differentiation. 

Baca juga  Apa itu Demand Generation dalam Dunia Marketing?

Hal tersebut memungkinkan sebuah perusahaan untuk membangun merek yang kuat dengan visi yang kuat dan nilai inti yang jelas.

  1. Loyalitas Pelanggan

Orang-orang yang berbagi visi dan nilai inti dengan perusahaan atau individu cenderung menjadi pelanggan yang lebih setia. 

Mereka merasa terhubung secara emosional dan berkomunikasi lebih baik dengan merek tersebut.

  1. Pemahaman yang Lebih Baik tentang Motivasi 

Konsep ini membantu dalam memahami motivasi manusia yang lebih dalam. 

Misalnya, mengapa orang bertindak seperti yang mereka lakukan? Bagaimana cara mempengaruhi perilaku mereka dengan lebih efektif?

Dengan menerapkan prinsip-prinsip Golden Circle, individu dan organisasi dapat mencapai tujuan mereka dengan lebih baik, memotivasi orang lain, dan membangun budaya yang didasarkan pada visi dan nilai-nilai yang kuat.

Kembangkan Kemampuan Leadership dan Bisnis Dengan Mengikuti Pelatihan Eksekutif

Untuk menetapkan tujuan bisnis yang kuat, Anda dapat menggunakan golden circle sebagai pondasinya.
Salah Satu Cara Untuk Menetapkan Tujuan Bisnis yang Kuat Adalah Dengan Mempelajari Golden Circle

Dengan menetapkan tujuan bisnis yang kuat dalam menerapkan konsep Golden Circle melalui Pelatihan Executive Education Program, perusahaan dan para pemimpin dapat mencapai keberhasilan yang lebih besar. 

Mengintegrasikan konsep Golden Circle dalam strategi kepemimpinan, pengembangan produk, pemasaran, dan budaya perusahaan, kita dapat memperkuat merek, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan mencapai visi bisnis yang lebih besar. 

Kami sangat merekomendasikan Executive Education Program ini untuk membimbing perjalanan menuju kesuksesan. Untuk informasi lebih lanjut tentang program ini, kunjungi artikel Executive Education Program di link berikut ini.

Kemudian, jika Anda tertarik dengan artikel seputar marketing, bisnis, leadership, dan sejenisnya, Anda dapat mengunjungi artikel MarkPlus Institute lainnya di tautan berikut ini.

Ayo, #PerluasKapasitas bersama MarkPlus Institute!

Share with Your Friends!

Leave a Comment