1. Sebenarnya, Apa Itu Sertifikasi?

Sertifikasi adalah bukti kepada organisasi atau perseorangan yang telah dinyatakan lulus ujian, memvalidasi fakta kemampuan atau kompetensi mereka untuk melaksanakan tugas tertentu. Individu yang mempunya sertifikasi mendapatkan pengakuan secara professional melalui uji kompetensi. Artinya, kemampuan peserta uji kompetensi akan diakui dan mendapatkan lisensi resmi karena kompetensinya sudah diuji, dievaluasi, dan disetujui oleh pihak ketiga.

2. Apa Tujuan dan Manfaat Sertifikasi?

Tujuan utama sertifikasi adalah meningkatkan kualitas tenaga kerja yang berorientasi pada kebutuhan pasar kerja dan pengembangan sumber daya manusia dan berbasis pada kompetensi kerja. Dengan adanya sertifikasi yang terstandarisasi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), tenaga kerja dengan sertifikasi dapat memenuhi kebutuhan lapangan usaha dengan kompetensi kerja yang berkualitas. Karena, SKKNI telah disusun sedemikian rupa agar tetap relevan dengan kebutuhan pasar kerja.

Tentu saja sertifikasi memiliki segudang manfaat baik bagi individu dan juga perusahaan. Bagi individu, sertifikasi dapat memberikan keunggulan kompetitif (competitive advantage), mengembangkan pengetahuan dan keterampilan, dan juga membangun kredibilitas professional. Hal-hal tersebut bisa menunjang dan membuka peluang karir Anda di masa depan.

Lalu kerap muncul pertanyaan, “Apakah sertifikasi dapat menjamin seseorang mendapat pekerjaan?”. Dengan kepemilikan sertifikat kompetensi, memang tidak ada jaminan untuk mendapat pekerjaan. Seperti yang sudah disebutkan, selain ada banyak manfaat bagi individu itu sendiri, umumnya recruiter melihat sertifikasi ini sebagai nilai tambah. Karena, sertifikat kompetensi dapat memudahkan proses rekrutmen dengan adanya bukti calon karyawan memiliki keahlian tertentu.

Baca juga  Macam-macam E-learning yang Wajib Kamu Ketahui

3. Sertifikasi Apa Saja yang Tersedia?

Sejumlah sertifikasi tersedia untuk berbagai tujuan dan bidang. Untuk bidang pemasaran atau marketing,Anda bisa mengikuti berbagai pilihan program sertifikasi dari MarkPlus Institute yang tersedia untuk professional entry-level hingga professional up-level

Untuk professional entry-level pilihan program sertifikasi dibagi menjadi dua kategori, topic based dan level based. Terdapat sepuluh program sertifikasi untuk topic based, yakni OMNI Brand, OMNI Service, OMNI Sales, Marketing Fundamental, Human Resources, Marketing 4.0, Analytical Thinking, Entrepreneurial Marketing, Marketing Plan, dan Social Media Marketing.

Salah satu program sertifikasi marketing yang paling populer adalah Marketing Fundamental. Pada program sertifikasi marketing tersebut, Anda akan belajar dasar pemasaran dengan menganalisis melalui indicator variabel makro dan juga mikro. Indikator dan variabel tersebut nantinya akan digunakan individu untuk menganalisis kondisi internal perusahaan kemudian mendesain pemasaran dasar yang komprehensif dari analisis tersebut.

Disamping itu, untuk program sertifikasi marketing level based, MarkPlus Institute menawarkan empat pilihan, tiga diantaranya merupakan program kerja sama dengan LSP Pemasaran. Untuk program kolaborasi dengan LSP Pemasaran, Anda bisa mengikuti program sertifikasi brand operation, service operation, dan sales operation. Dengan mengikuti salah satu dari program tersebut, Anda akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lalu, pilihan program sertifikasi terakhir untuk level based berjudul Digital Marketing.

Selanjutnya untuk professional mid-level, Anda dapat memilih empat program sertifikasi yaitu Brand Management, Service Management, Sales Management, dan Digital Marketing Management. Belakangan ini, digital marketing tengah banyak diminati. Untuk program sertifikasi digital marketing management, Anda akan mengikuti program komprehensif untuk mengelola manajemen pemasaran digital untuk manajerial ke atas hingga strategis. Materi dan modul yang terdapat dalam manajemen digital marketing membantu para profesional untuk melihat hal-hal strategis seperti mengelola orang atau tim dan mengelola job desk.

Terakhir, untuk professional up-level tersedia empat pilihan program sertifikasi strategic level yakni brand strategy, service strategy, sales strategy, dan digital marketing strategy. Program-program tersebut ditujukan untuk strategic, board of director, atau professional up-level dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun. Program ini merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan kepada para professional pemasar yang telah mencapai tingkat kompetensi yang diakui terhadap pemahaman pemasaran di Kawasan Asia, baik secara akademik maupun praktis. Pemberian sertifikasi CPM menunjukkan tingkat professionalitas berdasarkan kompetensi dan pencapaian standar yang tinggi terhadap pengalaman, pengetahuan di bidang pemasaran di Asia.

Baca juga  Apakah Sertifikasi Digital Marketing Penting?

4. Apa Saja yang Perlu Diketahui Sebelum Mengikuti Sertifikasi?

  • Metode Program
    • MarkPlus Institute Certification Program merupakan program pelatihan komprehensif dan berjenjang yang dilengkapi dengan ujian sertifikasi untuk mengukur kompetensi pesertanya.
  • Metode Pembelajaran
    • Exclusive Facilitator: Eksklusif fasilitator MarkPlus memiliki track record yang sangat baik sesuai dengan bidangnya. Kami hanya memilih professionaldengan pengalaman kerja minimal 10 tahun sesuai dengan ekspertisenya.
    • Practical Learning: MarkPlus Institute memberikan inovasi dengan mengupdate metode dan modulepembelajaran. Metode praktis semakin diminati sehingga kami memberikan tutorial step-by-step untuk module tertentu.
    • Feedback dari Analis: Memberikan feedback adalah metode pembelajaran 2 arah antara MarkPlus Institute dengan peserta. Dalam memberikan feedback, kami concern dengan 2 hal, struktur analysis, pemberian contoh, dan kedetailan analisis.
    • Forum Diskusi Online: Forum diskusi online adalah metode interaksi dua arah antara peserta dan peserta lainnya, selain itu peserta juga dapat berinteraksi dengan pembuat module.

5. Benefit Program Sertifikasi MarkPlus Institute

Dibawah ini terdapat keunggulan program level-based, topic-based dan profession-based yang akan peserta dapatkan.

  • Fleksibilitas waktu dan tempat: Anda dapat mengakses platform MarkplusInstiute melalui gadget Anda kapanpun sesuai dengan jadwal program yang kami tentukan.
  • Certification of Completion dan 1 Sertifikat Kompetensi: Anda mendapatkan sertifikat completion setelah selesai sesi dan mengupload tugas dan 1 sertifikat kompetensi setelah ujian assessment.
  • Bebas akses platform selama satu bulan: Anda mendapatkan bonus beberapa materi yang kami berikan sebagai tambahan belajar Anda diluar program yang Anda enroll.
  • Feedback tugas dari analis MarkPlus: Analis MarkPlus akan memberikan feedbackdari tugas-tugas yang Anda upload sebagai pengukur kompetensi diri.
Share with Your Friends!
Avatar for Talitha Fakhira
Research and Development team

Leave a Comment