Maraknya proses digital transformation menekan para profesional untuk memiliki digital skill (keterampilan digital) yang berguna bagi kebutuhan bisnis atau perusahaan. Hal ini dikarenakan sebagian besar aktivitas perekonomian telah dilakukan secara digital, rasanya tidak mungkin apabila Anda belum bergerak untuk mengasah digital skill.

Oleh karena itu, artikel ini akan membantu Anda memahami digital skill lebih mendalam, mulai dari definisi, jenis, hingga cara yang efektif untuk mengasahnya. Simak hingga selesai untuk mengetahui penjelasannya secara lengkap!

Pengertian Digital Skill

Digital skill (keterampilan digital) merupakan kemampuan suatu individu dalam menggunakan atau memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (digital tools). Digital skill memungkinkan individu untuk membuat dan berbagi konten digital, berkomunikasi dan berkolaborasi, serta memecahkan masalah (problem solving) dengan efektif dan efisien. 

Tanpa penguasaan keterampilan digital yang baik, maka individu tersebut sulit untuk mendorong inovasi dan kemungkinan besar akan tertinggal jauh dari mereka yang lebih menguasai digital skill

Oleh karena itu, saat ini digital skill sangat penting bagi bisnis di berbagai industri, khususnya mereka yang ingin meningkatkan brand awareness, pemasaran, generate leads, maupun meningkatkan keuntungan. Bahkan, sudah banyak perusahaan yang memprioritaskan kandidat karyawan yang memiliki potensial dan dapat menunjukkan keterampilan digital mereka.

Jenis-jenis Digital Skill

Setelah memahami apa dan mengapa digital skill penting untuk dikuasai oleh individu, selanjutnya akan dijelaskan beberapa contoh jenis digital skill yang sangat dibutuhkan saat ini, antara lain:

1. Social Media

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa lembaga, menyatakan bahwa lebih dari 4,6 juta orang di dunia aktif menggunakan media sosial untuk terhubung secara digital. Maka, tidak heran apabila kemampuan untuk memahami dan menggunakan media sosial merupakan salah satu digital skill yang sangat efektif dan bernilai bagi seluruh profesional.

Saat ini pemasaran melalui media sosial lebih dari sekadar mengunggah konten. Para pemasar harus memahami hubungan yang dinamis antara merek, influencer dan konsumen. Sederhananya, bisnis perlu menjangkau pelanggan dengan cara yang akan mengarahkan mereka menuju situs web produk atau potensi membeli produk. Selain itu, media sosial juga dapat menjadi tempat untuk memberikan layanan pelanggan yang baik, seperti tempat mengajukan pertanyaan atau memberikan komentar. 

2. Search Engine Marketing (SEM)

Selanjutnya, ada SEM sebagai salah satu keterampilan yang berguna agar situs web perusahaan dapat terlihat di mesin pencariaan, seperti Google. Sebagai informasi, 81% masyarakat dunia menggunakan Google untuk mencari suatu produk atau layanan yang ingin mereka gunakan. Maka, keterampilan SEM sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan agar kampanye dapat dilakukan dengan efisien dan efektif.

Baca juga  7 Alasan Pentingnya Circular Economy bagi Bisnis Berkelanjutan

3. Data Analyst

Kemampuan menganalisis data sangat dibutuhkan untuk membaca data digital dari berbagai sumber, seperti situs web atau mobile app. Individu dengan kemampuan data analyst mampu menerjemahkan data tersebut untuk nantinya diolah dan dijadikan laporan agar perusahaan bisa memutuskan pilihan dan strategi yang efektif.

4. Content Marketing

Saat ini, konten hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari artikel blog, infografis, video, podcast, hingga status di media sosial. Kemampuan untuk mengelola konten sangat dibutuhkan perusahaan untuk mendorong brand awareness, agar konsumen lebih memahami manfaat suatu produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan.

Individu dengan kemampuan content marketing yang baik, mampu melakukan riset kata kunci (keywords) untuk membuat konten yang relevan dengan target audiens perusahaan mereka. Tujuannya agar konten yang dibuat tidak hanya mengandung informasi namun juga mendorong konsumen untuk menggunakan produk atau layanan perusahaan.

5. Email Marketing

Email adalah salah satu bentuk direct marketing yang telah diterapkan sejak lama namun masih memiliki pengaruh yang kuat dalam meningkatkan retensi pelanggan. Mulai dari perusahaan startup hingga perusahaan multinasional menggunakan strategi ini karena dianggap sebagai kampanye pemasaran yang efektif.

Menurut beberapa penelitian, kebanyakan orang mengubah akun media sosial mereka namun cenderung tidak mengubah alamat emailnya. Oleh sebab itu, sampai saat ini berbagai perusahaan masih mencari para profesional yang memiliki keterampilan yang baik dalam mengelola email marketing.

6. Mobile Marketing

Menurut laporan We are Social dan Hootsuite Digital 2021, sebanyak 97% populasi dunia menggunakan ponsel, dibandingkan desktop. Maka, perusahaan perlu menciptakan aplikasi web ramah seluler yang dirancang untuk meningkatkan kehadiran konsumen, terutama konsumen yang tidak memiliki akses ke desktop.

7. Strategy & Planning

Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk merencanakan dan mengembangkan strategi yang efektif dalam konteks digital, seperti pemasaran online, analisis data, manajemen proyek digital, dan pengelolaan sumber daya digital.

Dalam dunia digital yang terus berkembang, memiliki keterampilan strategi dan perencanaan yang kuat sangatlah penting sebab berguna untuk membantu perusahaan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam rangka mencapai tujuan bisnis.

Beberapa contoh keterampilan yang termasuk dalam kategori “Strategy & Planning” di dunia digital termasuk:

1. Pemasaran Digital: Meliputi perencanaan kampanye pemasaran online, analisis data, dan pengoptimalan strategi pemasaran melalui saluran digital seperti media sosial, iklan online, dan strategi konten.

Baca juga  Rekomendasi 10 Tools Digital Marketing Esensial

2. Manajemen Proyek Digital: Kemampuan untuk merencanakan, mengelola, dan melaksanakan proyek-proyek digital dengan efisien, termasuk penjadwalan, alokasi sumber daya, dan pemantauan kemajuan proyek.

3. Analisis Data: Memahami dan mampu menganalisis data digital untuk mendapatkan wawasan yang berharga untuk pengambilan keputusan strategis.

4. Pengelolaan Sumber Daya Digital: Mengelola aset digital seperti situs web, platform media sosial dan konten digital lainnya dengan cara yang efektif dan efisien.

5. Rencana Bisnis Digital: Membuat rencana bisnis yang mencakup strategi digital untuk mencapai tujuan bisnis dan mengukur keberhasilannya.

8. Social Selling

Keterampilan social selling merujuk pada praktik penggunaan platform media sosial seperti LinkedIn, Twitter, Facebook, dan lainnya untuk membangun hubungan dengan prospek dan pelanggan potensial, serta mempromosikan produk atau layanan.

Akan tetapi, hal ini tidak hanya berfokus pada penjualan langsung saja, melainkan juga untuk membangun kepercayaan, mengedukasi prospek dan memberikan nilai tambah melalui konten dan interaksi online.

9. Pay-Per Click Marketing (PPC)

Keterampilan Pay-Per-Click Marketing (PPC) adalah salah satu jenis keterampilan digital yang penting dalam dunia pemasaran online. PPC adalah model iklan di mana pengiklan membayar setiap kali iklannya diklik oleh pengguna. Iklan PPC dapat muncul di berbagai platform online, seperti mesin pencari seperti Google, media sosial seperti Facebook dan platform periklanan lainnya.

Individu yang memiliki keterampilan PPC memahami tentang cara membuat, mengelola dan mengoptimalkan kampanye iklan PPC untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu. Hal ini meliputi penentuan kata kunci yang tepat, penulisan iklan yang menarik, dan mengelola anggaran periklanan dengan efisien.

Seiring dengan kemampuan teknis, memahami analisis dan memonitoring kinerja kampanye PPC juga merupakan bagian penting dari keterampilan ini. Dengan menggunakan data analitik, seorang profesional PPC dapat mengidentifikasi strategi yang efektif dan membuat penyesuaian untuk mencapai hasil yang diinginkan.

10. Video

Keterampilan video meliputi kemampuan untuk membuat, mengedit, dan memproduksi konten video dengan menggunakan berbagai perangkat lunak dan alat yang tersedia. Keterampilan ini dapat bermanfaat dalam berbagai konteks, seperti produksi konten digital, pemasaran online, pendidikan, dan hiburan.

Saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan video untuk menyampaikan pesan, berbagi informasi, menghibur, dan lain-lain dengan tujuan menciptakan pemasaran yang efektif. Oleh karena itu, memiliki kemampuan untuk membuat dan mengedit video dengan baik dapat menjadi aset berharga di dunia digital saat ini.

Cara Mengasah Digital Skill

Setelah mengetahui beberapa contoh jenis digital skill yang sangat dibutuhkan saat ini, selanjutnya akan dijelaskan berbagai cara efektif untuk mengasah kemampuan tersebut.

Baca juga  Corporate Social Responsibility: Solusi Menjaga Nama Baik Perusahaan

Untuk mengasah keterampilan digital, termasuk keterampilan video, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Tentukan keterampilan digital apa yang ingin Anda tingkatkan. Misalnya, apakah itu pengolahan video, desain grafis, pengembangan web, atau hal lainnya.

2. Memanfaatkan berbagai sumber daya online gratis ataupun berbayar yang dapat membantu Anda untuk mempelajari keterampilan digital. Platform seperti YouTube, Udemy, Coursera, dan banyak situs web lainnya menyediakan kursus dan tutorial yang dapat Anda ikuti.

3. Setelah mempelajari teorinya, Anda perlu melakukan praktiknya, sebagai kunci untuk mengasah keterampilan digital. Teruslah mencoba, bereksperimen, dan membuat proyek-proyek kecil untuk memperdalam pemahaman.

4. Bergabung dengan komunitas online atau forum terkait keterampilan yang Anda kembangkan dapat memberikan manfaat besar. Anda dapat bertukar informasi, meminta saran dan belajar dari orang lain.

5. Meminta teman, mentor, atau sesama profesional untuk memberikan umpan balik konstruktif tentang keterampilan digital yang Anda miliki. Hal ini dapat membantu Anda mengidentifikasi area mana yang Anda bisa ditingkatkan ataupun diperbaiki.

8. Dunia teknologi terus berkembang, maka sangat penting untuk tetap memantau perkembangan dan tren terbaru dalam keterampilan digital yang Anda kembangkan.Ingatlah bahwa mengasah keterampilan digital membutuhkan waktu, kesabaran, dan komitmen. Tetaplah konsisten dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru.

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat dikatakan bahwa keterampilan digital (digital skill) merupakan aset yang sangat penting. Hal ini dikarenakan teknologi informasi sudah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat. Oleh karena itu, digital skill memiliki dampak yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan maupun profesional.

Anda bisa mempelajari lebih mendalam berbagai digital skill, terutama dalam dunia pemasaran, bersama MarkPlus Institute dan ITS dalam program Magister Manajemen Teknologi yang unggul, inovatif, profesional, dan berintegritas, MMT in Technomarketing.

Program ini menawarkan bidang keahlian Technomarketing yang membahas aspek fundamental dalam dunia bisnis teknologi, seperti manajemen bisnis dan aspek strategis pemasaran bisnis teknologi, termasuk cara menghadapi transformasi digital yang saat ini bergerak dengan sangat cepat.

Bidang ini akan mengenalkan Anda tentang konsep, praktik dan studi kasus seputar bisnis dan pemasaran produk teknologi. Selain itu, Anda akan mendapatkan pengetahuan seluk-beluk manajemen teknologi dan manajemen marketing yang aplikatif agar dapat diterapkan dalam dunia bisnis atau perusahaan.

Tunggu apalagi? Jadilah bagian dari MMT SIMT ITS sekarang juga! Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa klik di sini, ya! 

Share with Your Friends!
Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment