Apakah Anda pernah melihat sebuah iklan atau sponsor di acara-acara besar? Hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan agar produk mereka semakin dikenal pada skala yang lebih luas. Teknik tersebut dinamakan sponsorship marketing

Teknik ini akan menampilkan satu atau lebih merek sponsor pada acara yang tengah diselenggarakan, sehingga membantu brand usaha mendapat atensi dari para penonton atau audiens yang hadir (calon konsumen).

Pada artikel ini akan dijelaskan lebih mendalam mengenai teknik sponsorship marketing, mulai dari definisi, jenis, keuntungan, dan media yang bisa digunakan untuk menerapkan teknik tersebut. Simak penjelasannya hingga selesai, ya!

Apa itu Sponsorship Marketing?

Sponsorship marketing merupakan cara atau teknik pemasaran di mana suatu perusahaan membayar atau menyediakan sumber daya untuk mendukung suatu acara, kegiatan, aktivitas, atau program tertentu. Sebagai balasannya, maka perusahaan bisa menampilkan logo atau menjual produk di acara tersebut.

Contoh sederhananya adalah perusahaan yang mensponsori sebuah acara perlombaan olahraga. Perusahaan dengan tim penyelenggara acara melakukan simbiosis mutualisme, di mana perusahan memberikan dukungan operasional acara, sementara tim penyelenggara mempersilakan perusahaan untuk menampilkan logo brand perusahaan pada seragam para atlet ataupun arena pertandingan. Teknik ini tentu menguntungkan perusahaan sebab mampu menarik perhatian audiens pada acara tersebut.

Baca juga  SEO dan SEM: Apa Perbedaan dan Manfaatnya bagi Bisnis?

Meskipun begitu, sponsorship marketing tidak terbatas hanya pada event-event off air saja, melainkan juga bisa pada event on air. Contohnya, perusahaan atau brand yang membayar sejumlah uang agar mereka dapat muncul dalam program televisi (iklan).

Jenis-jenis Sponsorship Marketing

Jenis-jenis sponsorship marketing dapat dibagi berdasarkan berbagai kriteria, termasuk jenis acara atau aktivitas yang didukung, tujuan pemasaran dan cara perusahaan terlibat. Di bawah ini akan disebutkan beberapa contoh sponsorship marketing yang umum ditemukan, antara lain:

1. Event Sponsorship

Jenis sponsorship ini yang paling umum digunakan. Biasanya, perusahaan akan mendukung dan menjadi sponsor suatu acara, seperti konferensi, festival musik, pertandingan olahraga, dan lain sebagainya.

Pada jenis ini, perusahaan mendapatkan eksposur merek melalui logo mereka yang ditampilkan, berjualan atau promosi selama acara.

2. Media Sponsorship

Perusahaan menjadi sponsor media, seperti televisi, radio atau publikasi online. Perusahaan akan memberikan dukungan finansial atau berbagai bentuk lainnya, seperti iklan, konten editorial, atau promosi merek melalui media sponsor tersebut.

3. Atlet Sponsorship

Jenis ini sering Anda lihat pada pertandingan olahraga besar, di mana perusahaan bermitra dengan tim olahraga ataupun atlet individu untuk mempromosikan merek mereka. Perusahaan akan mendapatkan hak eksklusif untuk menampilkan logo mereka pada seragam perlengkapan atlet atau area permainan.

4. Sponsorship Komunitas Sosial

Perusahaan mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan acara amal, program pendidikan atau proyek lingkungan hidup untuk membangun hubungan yang baik dengan masyarakat setempat dan memperkuat citra merek mereka.

5. Edukasi dan Penelitian Sponsorship

Perusahaan mendukung institusi pendidikan, universitas atau lembaga penelitian dengan membiayai program pendidikan, memberikan beasiswa, riset atau pengembangan teknologi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk terlibat dalam penelitian dan inovasi baru, sambil membangun hubungan dengan komunitas akademik.

Baca juga  Apa Itu Krisis Perusahaan? Inilah Definisi dan Penyebabnya

Jenis-jenis Sponsorship Marketing
Jenis-jenis Sponsorship Marketing

Keuntungan Sponsorship Marketing

Sponsorship marketing dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi perusahaan atau organisasi yang memilih untuk terlibat dalam strategi ini. Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari sponsorship marketing:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Melalui sponsorship, perusahaan dapat meningkatkan brand awareness di kalangan audiens yang relevan. Acara atau aktivitas yang didukung bisa menjadi platform yang kuat untuk mempromosikan merek.

2. Mengembangkan Citra Positif

Terlibat dalam kegiatan atau acara yang memiliki reputasi baik, dapat membantu perusahaan membangun citra positif di masyarakat. Asosiasi dengan entitas terkait dapat meningkatkan kepercayaan, keandalan dan otoritas yang lebih besar pada perusahaan.

3. Membangun Hubungan yang Kuat dengan Konsumen

Sponsorship membantu perusahaan untuk berinteraksi langsung dengan audiens yang sudah memiliki minat atau afinitas dengan jenis acara atau aktivitas yang didukung. Secara tidak langsung, hal ini sama saja dengan membangun hubungan yang lebih, menciptakan ikatan dan meningkatkan loyalitas merek.

4. Diferensiasi Merek

Apabila perusahaan mensponsori suatu acara secara eksklusif, tentu hal ini menjadi alat pembeda perusahaan dari kompetitornya. Perusahaan atau merek akan lebih mudah dikenali oleh audiens yang datang pada acara tersebut.

5. Mendapat Sorotan Media

Banyak event dan perlombaan mengundang berbagai media untuk meliput kegiatan acara mereka, apalagi acara tersebut diisi oleh artis ternama dan dihadiri oleh tokoh-tokoh tertentu.  Perusahaan atau brand dapat memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan publisitas dari media, sehingga dapat semakin dikenal oleh masyarakat.

6. Meningkatkan Brand Recall

Sponsorship dapat meningkatkan tingkat pengenalan dan ingatan merek di benak konsumen. Hal ini berlaku apabila sponsor (perusahaan atau merek) berada dalam hubungan yang kuat dengan acara atau aktivitas yang didukung.

Baca juga  Brand Repositioning: Pengertiannya dan Contoh Kasusnya

7. Meningkatkan Hubungan Bisnis

Melalui sponsorship, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan pihak lain yang terlibat, seperti mitra bisnis potensial, pemilik acara, atau pemain industri terkait. Kemitraan semacam ini dapat membuka kerja sama secara berkelanjutan.

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sponsorship marketing dapat menjadi instrumen kuat dalam membangun dan memajukan merek suatu perusahaan. Selain itu, teknik ini juga membuka pintu untuk jaringan bisnis yang lebih baik lagi. Anda bisa mempelajari berbagai tips menerapkan sponsorship marketing dan juga teknik pemasaran lainnya secara lebih mendalam bersama program Executive MBA in Strategic Marketing. 

Program ini merupakan pascasarjana pertama dan satu-satunya dalam bidang pemasaran strategis di Indonesia yang dirancang untuk memberikan Anda pemahaman tentang bagaimana strategi pemasaran harus dirumuskan dalam lanskap Indonesia dan ASEAN, termasuk implementasi sponsorship marketing.

Sebagian besar mata pelajaran dibuat untuk memberikan sudut pandang yang lebih kontekstual sesuai dengan apa yang terjadi di Indonesia saat ini dan di masa mendatang sehingga cocok untuk Anda yang telah memiliki pengalaman kerja berkualitas tinggi dan orang yang ingin menambah pengetahuan tentang Strategic Marketing.

Tunggu apalagi? Pantau informasi pendaftarannya di sini dan segera daftarkan diri Anda pada pendaftaran Gelombang 1 dari tanggal 27 September – 25 Oktober 2023! Yuk, jadi bagian dari Strategic Marketing Executive MBA Batch 8! 

Share with Your Friends!
Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment