Sejak terjadinya pandemi Covid-19, terdapat satu bentuk teknik marketing organik yang masih disukai hingga saat ini, yaitu webinar marketing. Sebuah penelitian membuktikan bahwa setidaknya sebanyak 58% marketer saat ini, menggunakan webinar sebagai alat menyukseskan pemasaran sebuah bisnis atau perusahaan.

Webinar sangat disukai oleh banyak audience atau masyarakat yang ingin mengikuti seminar dengan topik tertentu namun tidak memakan waktu dan tenaga karena hanya mengandalkan gadget saja. Selain itu, webinar juga dapat menjangkau masyarakat lebih luas dan berasal dari berbagai daerah. Itulah mengapa webinar dianggap sebagai strategi pemasaran yang tepat.

Artikel ini akan membahas webinar marketing secara mendalam, mulai dari definisi, keuntungan, jenis-jenis hingga tips sukses menerapkannya. Simak artikel ini hingga selesai, ya!

Apa itu Webinar Marketing?

Webinar merupakan seminar ataupun workshop yang diselenggarakan secara online melalui berbagai platform video conference, seperti Zoom, Google Meet,dan lain sebagainya. 

Dengan format semacam ini, siapa saja dapat membuat dan mengikutinya dengan hanya berbekal gadget dan koneksi internet. Para marketer memanfaatkan webinar sebagai alat pemasaran untuk mempromosikan produk atau layanan mereka, berbagai informasi atau memberikan pelatihan kepada audiens

Teknik ini dianggap efektif sebab marketer bisa mendekatkan diri dengan audiens melalui komunikasi yang personal dan interaktif. Selain itu, webinar juga mampu menjangkau masyarakat pada cakupan yang lebih luas, sehingga dapat mendatangkan lead yang lebih baik dibandingkan dengan cara-cara biasa.

Contoh pelaksanaan webinar marketing pada umumnya, yaitu penyelenggara akan memberikan materi seminar yang bermanfaat bagi audiens (para pembeli tiket). Kemudian, terdapat satu sesi khusus, di mana penyelenggara mempromosikan bisnis (produk atau jasa yang ditawarkan) mereka.

Jenis-jenis Webinar Marketing

Pada dasarnya, webinar marketing memiliki berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan tujuan pemasaran dan kebutuhan bisnis perusahaan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis webinar marketing yang kerap diaplikasikan oleh berbagai bisnis atau merek, antara lain:

Baca juga  Flanking Marketing: Taktik Jitu Jadi 'Penguasa' Pasar

1. Webinar Promosi Produk atau Layanan

Webinar ini bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu kepada audiens. Biasanya, melibatkan presentasi produk, fitur, manfaat, dan cara penggunaannya.

2. Webinar Pendidikan atau Edukasi

Webinar ini berfokus pada penyampaian informasi atau pelatihan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan audiens. Biasanya, berupa pelatihan dalam industri tertentu, tutorial ataupun sesi pengajaran mengenai topik tertentu.

3. Webinar Diskusi Panel

Webinar semacam ini melibatkan beberapa narasumber atau panelis yang nantinya akan membagikan wawasan dan perspektif mereka tentang suatu topik.

4. Webinar Showcase Kasus Studi atau Testimoni

Jenis webinar ini berfokus pada studi kasus atau cerita sukses tentang produk atau layanan perusahaan yang telah memberikan manfaat kepada pelanggan atau klien lainnya, sehingga dapat membangun kepercayaan dan menunjukkan nilai nyata dari apa yang ditawarkan.

5. Webinar Diskusi Industri atau Tren Terbaru

Webinar ini membahas topik terkini atau tren dalam industri tertentu, sehingga dapat membantu memperkuat otoritas dan mengedukasi audiens tentang perkembangan terbaru.

Keuntungan Webinar Marketing

Keuntungan Webinar Marketing
Keuntungan Webinar Marketing

Webinar marketing memiliki sejumlah keuntungan yang membuatnya menjadi strategi pemasaran yang populer dan efektif bagi banyak bisnis. Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari webinar marketing:

1. Memperluas Jangkauan dan Aksesibilitas

Webinar memungkinkan perusahaan menjangkau orang-orang yang mungkin sulit atau mahal untuk dihubungi dengan cara konvensional.

2. Interaksi Langsung dengan Audiens

Pada webinar, interaksi langsung antara pembicara dan peserta sangat mungkin terjadi sebab peserta dapat mengajukan pertanyaan, memberikan komentar dan berpartisipasi dalam diskusi selama sesi. Secara tidak langsung, hal ini sama saja dengan membangun keterlibatan dan memperkuat hubungan antara perusahaan dan audiens.

3. Memperkuat Otoritas dan Kepercayaan

Mengadakan webinar tentang topik yang relevan dan informatif dapat membantu memperkuat reputasi dan otoritas perusahaan dalam industri atau bidang tertentu, sekaligus meningkatkan kepercayaan pelanggan dan potensial pelanggan terhadap merek perusahaan.

4. Memberikan Nilai Tambah

Webinar dapat berfungsi sebagai platform untuk berbagi pengetahuan, keterampilan, atau informasi yang bermanfaat bagi audiens. Hal ini menjadi nilai tambah dan meningkatkan persepsi positif terhadap merek perusahaan.

Baca juga  Strategic Marketing: Definisi, Manfaat & Langkah-langkahnya

5. Fleksibilitas Waktu

Webinar dapat direkam dan dibagikan kembali di masa mendatang, sehingga orang-orang yang tidak dapat hadir secara langsung tetap bisa menonton siaran ulang dari webinar tersebut.

6. Biaya Rendah

Dibandingkan dengan acara fisik, penyelenggaraan webinar dapat dikatakan lebih menghemat biaya. Hal ini dikarenakan webinar tidak memerlukan biaya transportasi, akomodasi, sewa tempat fisik, dan berbagai anggaran lain yang sering dibutuhkan pada acara fisik.

7. Pengukuran Hasil yang Akurat

Berbagai platform webinar secara khusus menyediakan analisis dan statistik yang sangat akurat untuk mengukur kinerja acara secara rinci, seperti jumlah peserta, tingkat partisipasi dan sebagainya.

Tips Sukses Menyelenggarakan Webinar Marketing

Setelah mengetahui definisi, jenis dan berbagai keuntungan dari webinar marketing. Selanjutnya akan dibahas beberapa tips yang bisa Anda terapkan, agar strategi webinar marketing dapat memberikan keuntungan yang optimal.

Tentu, berikut adalah beberapa tips untuk sukses dalam menyelenggarakan webinar marketing:

1. Tentukan Tujuan

Tentukan dengan jelas tujuan dari pelaksanaan webinar, apakah itu untuk mempromosikan produk, berbagi pengetahuan, membangun otoritas, atau tujuan lainnya. Memiliki tujuan yang jelas akan membantu Anda merencanakan konten dan mengukur keberhasilan acara.

2. Memilih Tema yang Relevan dan Menarik

Pilihlah topik yang relevan dengan target audiens perusahaan dan pastikan bahwa topik tersebut menarik serta bermanfaat bagi mereka. Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu untuk memahami kebutuhan dan minat audiens Anda, sebelum memutuskan apa yang akan menjadi tema webinar.

3. Persiapkan Materi dengan Teliti

Pastikan presentasi atau materi yang akan disampaikan informatif, jelas, dan menarik. Anda dapat menggunakan multimedia seperti gambar, video, atau slide presentasi untuk mendukung pesan yang disampaikan dan menarik perhatian audiens.

4. Promosikan Webinar dengan Efektif

Gunakan email marketing, media sosial, blog, dan situs web perusahaan untuk mempromosikan webinar, jauh sebelum acara berlangsung. Berikan informasi yang jelas tentang kapan, di mana, dan topik utama webinar tersebut.

5. Buat Sesi Tanya Jawab (Q&A)

Baca juga  Sustainable Marketing: Pengertian, Prinsip, Manfaat, dan Contoh Penerapannya dalam Bisnis

Sesi tanya jawab adalah kesempatan bagi peserta untuk berinteraksi langsung dengan perusahaan. Persiapkan beberapa pertanyaan umum terlebih dahulu untuk memulai diskusi, namun tetap membiarkan peserta mengajukan pertanyaan mereka sendiri.

6. Rekam Webinar dan Bagikan Kembali

Rekam acara webinar dan bagikan kembali kepada peserta yang tidak dapat menghadiri acara secara langsung. Hal ini memungkinkan audiens untuk mengakses kembali informasi dan dapat membantu memperluas jangkauan konten perusahaan.

7. Kumpulkan Umpan Balik dan Evaluasi

Setelah acara selesai, minta peserta untuk memberikan umpan balik sebagai bahan evaluasi webinar. Hasilnya dapat dipelajari oleh perusahaan untuk memperbaiki dan meningkatkan webinar selanjutnya.

8. Lanjutkan Komunikasi dengan Peserta

Lanjutkan komunikasi dengan peserta setelah webinar, seperti mengirim pesan terima kasih, informasi tambahan, atau ajakan untuk berpartisipasi dalam kegiatan atau promosi selanjutnya. Hal ini bisa dilakukan melalui email marketing, media sosial dan lain-lain.

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa webinar marketing dapat menjadi salah satu alat dari strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada perusahaan Anda. Selain biayanya yang relatif rendah, webinar juga menghasilkan berbagai keuntungan bagi perusahaan. Anda bisa mempelajari berbagai tips mengenai webinar marketing dan juga teknik pemasaran lainnya secara lebih mendalam bersama program Executive MBA in Strategic Marketing. 

Program ini merupakan pascasarjana pertama dan satu-satunya dalam bidang pemasaran strategis di Indonesia yang dirancang untuk memberikan Anda pemahaman tentang bagaimana strategi pemasaran harus dirumuskan dalam lanskap Indonesia dan ASEAN, termasuk implementasi webinar marketing.

Sebagian besar mata pelajaran dibuat untuk memberikan sudut pandang yang lebih kontekstual sesuai dengan apa yang terjadi di Indonesia saat ini dan di masa mendatang sehingga cocok untuk Anda yang telah memiliki pengalaman kerja berkualitas tinggi dan orang yang ingin menambah pengetahuan tentang Strategic Marketing.

Tunggu apalagi? Pantau informasi pendaftarannya di sini dan segera daftarkan diri Anda pada pendaftaran Gelombang 1 dari tanggal 27 September – 25 Oktober 2023! Yuk, jadi bagian dari Strategic Marketing Executive MBA Batch 8! 

Share with Your Friends!
Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment