Di era yang serba digital seperti sekarang ini, perusahaan memerlukan sebuah alat yang mampu mengurangi biaya perawatan dan pemeliharaan perangkat, seperti software as a service (SaaS). 

Perangkat ini dikenal sebagai alat yang memungkinkan perusahaan mendapatkan pelayanan maksimal dari penyedia jasa tersebut, seperti memungkinkan penggunanya terhubung dengan menggunakan aplikasi berbasis cloud melalui internet. 

Contoh dari aplikasi perangkat lunak ini sangatlah akrab dengan Anda karena biasa digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari, yaitu Microsoft Office 365 atau Google Docs. Lantas, bagaimana SaaS dapat berguna untuk memudahkan operasional bisnis Anda? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa itu SaaS?

Software as a Service (SaaS) merupakan model perangkat lunak berbasis cloud yang memudahkan pekerjaan Anda dengan mengirimkan aplikasi ke pengguna akhir melalui peramban internet. 

Melalui penawaran yang diberikan oleh perangkat lunak ini, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan cara bagaimana memelihara layanan atau mengelola infrastruktur yang mendasarinya. Dengan kata lain, ketika Anda menggunakan layanan tersebut, Anda hanya perlu memanfaatkan aplikasi tersebut dengan bantuan internet, tanpa harus memahami hal teknis dari layanan yang diberikan.

Manfaat SaaS bagi Perusahaan

Beberapa manfaat utama dari Software as a Service apabila dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh perusahaan , antara lain:

1. Akses melalui Internet

SaaS diakses melalui internet, biasanya melalui peramban web, sehingga pengguna tidak harus mengunduh perangkat lunak tersebut secara lokal pada komputer mereka.

2. Berlangganan (subscription) dengan Harga Relatif Murah

Model bisnis perangkat lunak ini umumnya berbasis langganan secara bulanan atau tahunan. Pelanggan membayar untuk menggunakan perangkat lunak dan dapat memilih dari berbagai opsi berlangganan yang berbeda. Harga yang ditawarkan jauh lebih murah apabila perusahaan memutuskan untuk melakukan perawatan server secara mandiri.

Baca juga  7 Manfaat QR Code sebagai Strategi Pemasaran

3. Pembaruan Otomatis

Pembaruan perangkat lunak dan perbaikan keamanan dilakukan oleh penyedia SaaS sendiri secara otomatis. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa pelanggan selalu menggunakan versi terbaru dan paling aman dari perangkat lunak tersebut.

4. Akses Multi-Platform

Dikarenakan SaaS dapat diakses melalui web, pengguna dapat mengaksesnya dari berbagai perangkat, seperti komputer, laptop, tablet, bahkan smartphone. Hal ini memungkinkan fleksibilitas sehingga Anda dapat bekerja dari mana saja.

5. Tidak Memerlukan Manajemen Infrastruktur

Pengguna perangkat lunak ini tidak perlu mengelola infrastruktur perangkat keras atau perangkat lunak yang terkait dengan aplikasi, seperti pemeliharaan server, penyimpanan data, dan perangkat lunak backend lainnya. Semuanya akan ditangani oleh penyedia layanan.

6. Keamanan

Penyedia SaaS memiliki langkah-langkah keamanan yang ketat untuk melindungi data pelanggan, seperti enkripsi data, otentikasi ganda dan tindakan keamanan lainnya.

7. Mudah Dikelola dan Menghemat Waktu

Perangkat lunak ini mampu mengurangi beban manajemen IT yang kerap diperlukan saat mengelola perangkat lunak tradisional, sehingga dengan kehadiran SaaS dapat menghemat waktu dan sumber daya perusahaan.

8. Memudahkan Proses Analisis Data

Pengguna dapat dengan mudah menganalisa data kinerja perusahaan bergantung pada software yang dimiliki. Misalnya, perusahaan menggunakan content management system (salah satu contoh aplikasi SaaS) untuk melakukan analisis performa konten dan hal lainnya yang berkaitan. Data yang didapatkan merupakan data real time sehingga perusahaan akan lebih mudah melakukan pengendalian dan perencanaan.

Manfaat SaaS bagi Kebutuhan Marketing (Pemasaran)

Software as a Service menawarkan berbagai manfaat yang signifikan untuk kebutuhan pemasaran, antara lain:

1. Memudahkan Akses dan Kolaborasi

Perangkat lunak ini memungkinkan tim pemasaran mengakses data dan alat yang mereka butuhkan dari mana saja hanya dengan internet, sehingga memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antar anggota tim.

Baca juga  Bagaimana AI Marketing Technology Merevolusi Dunia Pemasaran?

2. Skalabilitas 

Perangkat lunak pemasaran ini dapat dengan mudah disesuaikan dengan pertumbuhan bisnis perusahaan Anda. Contoh, Anda dapat menambahkan atau mengurangi fitur atau pengguna sesuai kebutuhan dari pemasaran di perusahaan.

4. Kemampuan Analitik dan Pelaporan yang Kuat

Perangkat lunak pemasaran ini menyediakan alat analitik yang baik, sehingga memungkinkan divisi pemasaran untuk melacak kinerja kampanye, mengidentifikasi tren dan mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang telah disediakan.

5. Meningkatkan Produktivitas

Dengan SaaS, divisi pemasaran dapat mengotomatiskan tugas, seperti pengiriman email, otomatisasi pemasaran dan manajemen iklan. Hal ini memungkinkan tim pemasaran untuk lebih fokus pada strategi kreatif dan inovasi.

Contoh Software as a Service (SaaS)

Ada banyak contoh SaaS yang tersedia untuk berbagai kebutuhan bisnis dan individu. Berikut beberapa contoh SaaS yang umum digunakan:

1. Microsoft 365

SaaS produktivitas yang mencakup aplikasi, seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan lainnya.

2. Salesforce

Salesforce adalah platform CRM (Customer Relationship Management) yang membantu bisnis mengelola hubungan dengan pelanggan, penjualan dan pemasaran dengan kemampuan pelacakan data pelanggan.

3. Google Workspace

Suite produktivitas yang mencakup Gmail, Google Drive, Google Docs, Google Sheets, dan alat kolaborasi lainnya.

4. Adobe Creative Cloud

Koleksi perangkat lunak khusus desain dan kreatif yang mencakup Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign, dan lainnya.

5. HubSpot

HubSpot adalah platform pemasaran, penjualan dan layanan pelanggan yang terintegrasi untuki membantu bisnis dalam mengelola kampanye pemasaran, melacak prospek, dan memberikan dukungan pelanggan.

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, SaaS memiliki segudang manfaat yang sangat bervariasi tergantung pada jenis bisnis dan kebutuhan spesifiknya. Akan tetapi, secara umum, SaaS mampu meningkatkan efisiensi, fleksibilitas dan keamanan operasional bisnis.

Baca juga  Digital Maturity, Tingkatan Sukses Perusahaan di Dunia Digital

Oleh karena itu, perusahaan perlu mengoptimalkan SaaS secara baik agar bisa merasakan kebermanfaatan yang diberikan. Anda bisa mempelajari lebih mendalam mengenai SaaS bersama MarkPlus Institute dan ITS dalam program Magister Manajemen Teknologi yang unggul, inovatif, profesional, dan berintegritas, MMT in Technomarketing.

Program ini menawarkan bidang keahlian Technomarketing yang membahas aspek fundamental dalam dunia bisnis teknologi, seperti manajemen bisnis dan aspek strategis pemasaran bisnis teknologi, termasuk memanfaatkan teknologi Software as a Service (SaaS).

Bidang ini akan mengenalkan Anda tentang konsep, praktik dan studi kasus seputar bisnis dan pemasaran produk teknologi. Selain itu, Anda akan mendapatkan pengetahuan seluk-beluk manajemen teknologi dan manajemen marketing yang aplikatif agar dapat diterapkan dalam dunia bisnis atau perusahaan.

Tunggu apalagi? Jadilah bagian dari MMT SIMT ITS sekarang juga! Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa klik di sini, ya! 

Share with Your Friends!
Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment