Sebagai seorang pekerja profesional, pengetahuan mengenai strategi pemasaran berkelanjutan (sustainability marketing) sangatlah penting untuk Anda kuasai. Strategi ini tidak hanya meningkatkan pertumbuhan bisnis namun juga memberikan pengaruh positif dan kebermanfaatan pada pihak-pihak yang terlibat (lingkungan, ekonomi dan sosial).

Dengan mengikuti program Magister Manajemen Sustainability Marketing, Anda akan mendapatkan bekal pengetahuan yang aplikatif dalam dunia bisnis, khususnya pada bidang pemasaran berkelanjutan.

Artikel ini akan menjelaskan program tersebut secara rinci, mulai dari konsep, manfaat, metode pembelajaran, dan lain sebagainya. Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasinya secara lengkap!

Apa itu Sustainability Marketing?

Setiap bisnis memiliki dampak terhadap kehidupan sosial dan lingkungan, baik itu kecil ataupun besar. Dampak ini jika dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan tidak hanya pada dua komponen tersebut, melainkan juga pada kelangsungan bisnis. Oleh karena itu, saat ini, konsep sustainability (keberlanjutan) tengah digalakkan untuk diterapkan pada seluruh aspek operasional bisnis, termasuk pemasaran.

Dalam dunia pemasaran, hal ini dikenal sebagai sustainability marketing. Sustainability marketing adalah strategi atau proses menetapkan rencana dalam membangun bisnis yang berkelanjutan dan konsisten kepada pelanggan, karyawan, pihak kemitraan, dan lain-lain dalam rangka mencapai tujuan dan target bisnis jangka panjang.

Baca juga  5 Perusahaan Indonesia yang Menerapkan Konsep Green Business

Konsep ini dapat Anda pelajari secara lengkap, baik secara teori maupun praktik melalui program Magister Manajemen Sustainability Marketing yang diselenggarakan oleh Markplus Institute bersama Unika Atma Jaya. Seperti apa programnya?

Apa itu Program Magister Manajemen Sustainability Marketing?

Sustainability Marketing adalah program kekhususan eksekutif kolaborasi antara Unika Atma Jaya, universitas yang mengusung kajian sustainability komprehensif di Indonesia, dengan MarkPlus Institute, konsultan pemasaran pertama dan ternama di Indonesia.

Program ini bertujuan untuk membentuk talenta organisasi yang mampu membangun strategi bisnis, memahami manajemen bisnis berkelanjutan dan menguasai strategi marketing yang aplikatif, serta membangun market competitiveness.

Kenapa Harus Mengikuti Program Magister Manajemen Sustainability Marketing?

1. Pertama di Indonesia

Program Magister Manajemen Sustainability Marketing merupakan program Magister pertama di Indonesia yang mengusung pembelajaran komprehensif terkait konsep keberlanjutan dan konsep marketing strategis secara bersamaan. Hal ini menjadi keunikan program Magister Manajemen ini yang tidak dapat ditemukan di Universitas lain di Indonesia. Dengan keunikan ini, maka mahasiswa akan mendapatkan benefit dalam berkarir dengan jurusan yang sangat spesifik dan lebih berdaya saing.

2. Mengusung Kajian Sustainability secara Komprehensif

Sustainability atau keberlanjutan merupakan konsep bisnis yang penting untuk diimplementasikan saat ini di berbagai perusahaan. Konsep sustainability dapat menjadi sebuah competitive advantage perusahaan dalam bersaing dan mendapatkan konsumen. Oleh sebab itu, pembelajaran sustainability secara komprehensif akan membentuk para mahasiswa yang siap untuk menghadapi tantangan dan perubahan di masa depan.

4. Pengajar dari Akademisi Sustainability dan Konsultan Marketing

Program Magister Manajemen Sustainability Marketing akan diajarkan langsung para akademisi dari UNIKA Atma Jaya yang ahli dalam bidang keberlanjutan. Di lain sisi program ini pun akan diajarkan oleh para konsultan marketing praktis dari MarkPlus Institute dalam membahas strategi marketing secara komprehensif. Hal ini menjadi sebuah manfaat besar bagi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu praktis oleh para ahli untuk diimplementasikan di dunia professional.

Baca juga  Ketahui 5 Dimensi Pembentuk IDGs (Inner Development Goals)

Faculty Member

Berikut merupakan faculty member dari program Sustainability Marketing:

  • Dr. (H.C.) Hermawan Kartajaya –  Founder and Chairman MCorp
  • Dr. Irenius Dwinanto Bimo, SE., MSi.Dekan FEB UNIKA Atma Jaya
  • Dr. Jacky Mussry – CEO MarkPlus Institute
  • Dr. Endang Sulistyaningsih, Msc., PHRi., CISP. – Ka.Prodi Magister Manajemen UNIKA Atma Jaya
  • Ardhi Ridwansyah, M.Si –  COO MarkPlus Institute
  • Dr. Levi Nilawati SE., Msi. Wakil Dekan FEB UNIKA Atma Jaya

5. Hybrid Class (Online & Offline)

Program Magister Manajemen Sustainability Marketing dibentuk untuk memudahkan para profesional dalam meningkatkan kompetensi dan meraih gelar bergengsi. Oleh sebab itu, program ini dilaksanakan secara hybrid, di mana para mahasiswa dapat leluasa untuk menghadiri kelas secara online ataupun offline yang disesuaikan dengan domisili dan pekerjaannya. Kelas ini dilaksanakan setiap hari Jum’at (17.00 – 22.15) dan Sabtu (08.00 – 16.00).

6. Berbagai Special Benefit Khusus

  • Bisa mengikuti berbagai marketing events terbesar di Indonesia yang diadakan oleh MarkPlus, seperti: Jakarta Marketing Week, MarkPlus Conference, Indonesia Marketing Festival, Asean Marketing Summit, dll.
  • Mendapatkan sertifikasi khusus “Marketing Plan” untuk meningkatkan kompetensi praktis mahasiswa dalam dunia professional.
  • Akses ke perpustakaan UNIKA Atma Jaya dan MarkPlus Institute. 
  • Akses ke E-Learning dari MarkPlus Institute.

Apa saja yang Dipelajari di Program Magister Manajemen Sustainability Marketing?

Berikut adalah sekilas mata kuliah yang akan diajarkan dalam program Magister Manajemen Sustainability Marketing:

  1. Corporate Financial Management
  2. Accountancy for Manager
  3. Competencies Based Human Resource Management
  4. Sustainability Entrepreneurship & Innovation Management
  5. Research Method & Data Analytics for Business
  6. Digital Business Transformation
  7. Sustainability Management & Business Strategy
  8. Strategic Marketing
  9. Consumer Behavior
  10. Business Ethics & Corporate Citizenship Responsibility (CCR/CSR)
  11. Service Management

Siapa Saja yang Dapat Mengikuti Program ini?

Program Sustainability Marketing dirancang untuk Fresh Graduates, Young Professional, ataupun Experienced Professional yang tertarik untuk mempelajari pembahasan strategis dan taktis bisnis marketing yang berkelanjutan.

Baca juga  Marketing Technology: Pengertian, Jenis-jenis dan Manfaat

Syarat Pendaftaran

Program Magister Manajemen ini dibuka dua kali dalam satu tahun, di mana calon mahasiswa dapat mendaftarkan diri para program semester ganjil (Januari) ataupun semester Genap (Agustus). Meski gelombang penerimaan dari program ini terbuka setiap bulan dan anda dapat mendaftarkan diri dari jauh-jauh hari. Berikut merupakan beberapa syarat pendaftaran yang perlu Anda penuhi:

  1. Tes Masuk Online
  • English Proficiency Test (Tes Toefl)
  • Tes TPA, & Wawancara
  1. Syarat Administrasi
  • Scan Ijazah Sarjana (S1) Asli
  • Scan Transkrip Nilai Asli
  • Softcopy Foto terbaru ukuran 3 x 4 cm
  • Softcopy Surat Rekomendasi dari dua orang yang berbeda bisa Atasan atau mantan dosen/pembimbing
  • Softcopy e-KTP
  • Curriculum Vitae

Penutup

Bagaimana, menarik bukan? Jika Anda tertarik untuk mendaftar ke program Magister Manajemen Sustainability Marketing, silahkan mengunjungi media sosial dan website Markplus Institute untuk mengetahui informasi lebih lanjut di sini, ya! 

Tingkatkan karir pemasaran Anda dan jadilah seorang profesional sustainable marketer yang sukses melalui program Magister Manajemen Sustainability Marketing. 

Selain itu, simak juga artikel-artikel yang akan menambah pengetahuan Anda tentang marketing dari MarkPlus di link berikut ini.

Ayo, #PerluasKapasitas Anda bersama MarkPlus!

Share with Your Friends!
Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment