Negosiasi Bisnis Adalah: Tahapan, dan Mengapa Skill Ini Penting

By

Iman Fadhilah

| Published

Negosiasi bisnis adalah kemampuan yang sangat penting dalam dunia bisnis dan kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi Negosiasi Bisnis

Negosiasi bisnis adalah kemampuan yang sangat penting dalam dunia bisnis dan kehidupan sehari-hari.

Dalam konteks bisnis, negosiasi bisa menjadi faktor penentu keberhasilan kesepakatan, perjanjian, atau kerjasama antar perusahaan dan individu.

Kemampuan bernegosiasi yang baik dapat menghasilkan manfaat yang signifikan seperti peningkatan keuntungan, penghematan biaya, dan penguatan hubungan dengan mitra bisnis.

Namun, mempelajari skill negosiasi adalah tantangan yang kompleks, di mana pihak yang terlibat juga perlu mengatasi perbedaan pendapat, kepentingan yang bertentangan, dan faktor lainnya.

Maka, dalam artikel kali ini kami akan membahas seputar konsep dasar negosiasi bisnis dan alasan mengapa skill negosiasi yang efektif sangat penting bagi keberlangsungan karir atau bisnis Anda.

Apa Itu Negosiasi Bisnis?

Negosiasi bisnis adalah proses interaksi antara dua pihak atau lebih yang memiliki kepentingan berbeda dalam rangka mencapai kesepakatan atau kesepakatan yang saling menguntungkan terkait dengan suatu transaksi bisnis.
Pengertian Negosiasi Bisnis

Dikutip dari laman Harvard Law School, negosiasi bisnis adalah proses interaksi antara dua pihak atau lebih yang memiliki kepentingan berbeda dalam rangka mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan terkait dengan suatu transaksi bisnis. 

Tujuan utama dari negosiasi bisnis adalah untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan semua pihak yang terlibat, sehingga memungkinkan mereka untuk mencapai tujuan dan kepentingan masing-masing.

Dalam negosiasi bisnis, terdapat tiga etika dasar yang perlu diperhatikan, yaitu; equality (pembagian setara atau sama), equity (pembagian yang sesuai dengan kontribusi), dan needs (pembagian yang menguntungkan negosiator yang membutuhkan).

Tiga etika ini perlu diperhatikan sebab negosiasi bukan hanya menentukan siapa yang mendapatkan kesepakatan paling menguntungkan.

Namun, negosiasi perlu dilakukan dengan tiga etika ini karena seringkali sebuah negosiasi berada di ambang kebuntuan.

Dengan adanya penerapan tiga aspek ini, negosiasi bukan hanya ajang meraih kesepakatan bersama, namun juga menjaga hubungan dan menambah nilai-nilai baik bagi kedua belah pihak.

Baca juga  Penyebab Kegagalan Seorang Pemimpin dan Langkah Apa yang Harus Dilakukan

Sesuai dengan fungsi utama negosiasi, kemampuan bernegosiasi yang baik dapat membantu mencapai kesepakatan yang menguntungkan, membangun hubungan yang kuat dengan mitra bisnis, dan memastikan keberhasilan dalam dunia bisnis.

Alasan Mengapa Skill Negosiasi Wajib Dimiliki

Untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan negosiasi ini, program Executive Education atau pelatihan eksekutif adalah pilihan yang sangat berharga.
Inilah Alasan Mengapa Skill Negosiasi Itu Penting

Skill negosiasi merupakan keterampilan yang mutlak wajib dimiliki dalam dunia bisnis dan kehidupan sehari-hari. 

Pertama, kemampuan bernegosiasi memungkinkan individu untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan, baik dalam konteks bisnis maupun personal. 

Hal ini dapat menghasilkan transaksi yang adil dan meminimalkan konflik. 

Kedua, negosiasi memungkinkan individu untuk mempengaruhi orang lain, membangun hubungan yang lebih baik, dan menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif. 

Ketiga, dalam bisnis, negosiasi dapat membantu meningkatkan profitabilitas atau keuntungan dengan mencapai harga yang lebih baik atau persyaratan kontrak yang menguntungkan. 

Keempat, skill negosiasi juga berguna dalam mengatasi perbedaan pendapat, menyelesaikan masalah, dan mencapai tujuan bersama. 

Terakhir, kemampuan untuk bernegosiasi adalah modal berharga untuk mengembangkan karier dan membangun reputasi profesional yang kuat. 

Dengan demikian, skill negosiasi menjadi esensial dalam mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Melakukan Negosiasi Bisnis

Sebelum melakukan negosiasi bisnis, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar Anda dapat menghadapi proses negosiasi dengan lebih percaya diri dan efektif yang salah satunya adalah mengikuti pelatihan eksekutif atau Executive Education Program.
Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Negosiasi Bisnis

Sebelum melakukan negosiasi bisnis, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar Anda dapat menghadapi proses negosiasi dengan lebih percaya diri dan efektif. 

Berikut beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan:

  1. Riset Terhadap Perusahaan Yang Akan Bernegosiasi

Pelajari sebanyak mungkin tentang perusahaan yang akan Anda negosiasikan. Misalnya, ketahui latar belakang, visi misi, kebijakan, dan sejarah bisnis mereka.

Anda juga perlu memperluas pengetahuan tentang industri yang mereka geluti beserta tren terbaru di bidang tersebut yang mungkin akan mempengaruhi negosiasi

  1. Riset Terhadap Lawan Bicara

Setelah melakukan kepada riset perusahaannya, maka kenali lawan bicara negosiasi Anda.

Misalnya, riset terlebih dahulu latar belakang dan pengalaman dari si lawan bicara. Sehingga pada waktu negosiasi Anda dapat memposisikan diri dengan lebih baik.

  1. Merencanakan Strategi dan Taktik
Baca juga  4 Jenis Decision Making Yang Wajib Anda Ketahui

Buat rencana strategi untuk negosiasi, termasuk cara mendekati pihak lawan, bagaimana Anda akan merespons tawaran atau tuntutan mereka, dan bagaimana Anda akan mengkomunikasikan argumen Anda dengan efektif.

Selain itu, siapkan semua dokumen atau data yang mungkin diperlukan dalam negosiasi, seperti laporan keuangan, kontrak sebelumnya, atau informasi yang mendukung posisi Anda.

Meskipun Anda harus mempersiapkan beberapa hal di atas dengan baik, tapi Anda perlu tetap terbuka untuk perubahan dan penyesuaian selama negosiasi berlangsung. Khususnya dengan rencana-rencana cadangan yang telah dipersiapkan.

  1. Berlatih Komunikasi dan Pengendalian Emosi

Berlatih komunikasi dapat dilakukan dengan simulasi negosiasi dengan kolega atau rekan bisnis Anda.

Dengan begitu, Anda dapat lebih percaya diri dan siap menghadapi situasi negosiasi yang sebenarnya.

Selain itu, pelajari cara mengendalikan emosi Anda selama negosiasi. Emosi yang tidak terkendali dapat mengganggu proses dan mengurangi efektivitas Anda.

Pastikan bahwa pendekatan Anda selama negosiasi sesuai dengan etika bisnis dan nilai-nilai perusahaan Anda.

Dengan melakukan persiapan yang matang sebelum negosiasi bisnis, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan dan mengelola proses negosiasi dengan lebih efektif.

Kesalahan Umum Saat Melakukan Negosiasi Bisnis

Dalam proses negosiasi bisnis, ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh seseorang.
Perhatikan Beberapa Kesalahan Umum Saat Negosiasi Berikut Ini

Dalam proses negosiasi bisnis, ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh seseorang. Ini adalah beberapa kesalahan tersebut:

  1. Mementingkan Ego dan Terlalu Agresif

Terlalu agresif dalam negosiasi dapat membuat pihak lawan merasa terdesak atau merasa bahwa Anda tidak bersedia bekerja sama. 

Jika hal ini terjadi terus menerus, Anda dapat merusak hubungan dengan pihak lawan dan menghambat proses negosiasi.

Maka, sebaiknya turunkan ego dan mementingkan ketiga etika dalam melakukan negosiasi bisnis.

  1. Terlalu Cepat Menyerah

Beberapa orang terlalu cepat menyerah dalam negosiasi hanya karena ingin menghindari konflik atau tidak memiliki ketekunan. 

Baca juga  5 Skill Komunikasi yang Baik dan Wajib Dimiliki Seorang Leader

Dengan cepat menyerah, Anda dapat menyebabkan mereka kehilangan kesempatan untuk mencapai kesepakatan yang lebih baik.

  1. Tidak Memahami Nilai Perusahaan Anda

Salah satu kesalahan paling umum adalah tidak memahami nilai yang Anda miliki dalam negosiasi. 

Hal ini dapat mengakibatkan Anda menerima tawaran yang kurang menguntungkan atau gagal mencapai kesepakatan yang lebih baik.

  1. Tidak Menyusun Strategi dan Taktik

Strategi dan taktik pada saat negosiasi sangatlah krusial pada setiap tahapan dalam negosiasi. Khususnya seputar reaksi apa yang harus diberikan pada saat lawan bicara merespon sesuatu.

Sehingga, kurangnya persiapan sebelum negosiasi dapat membuat Anda tidak yakin atau tidak tahu cara merespons tawaran atau argumen pihak lawan.

Menghindari kesalahan-kesalahan di atas dan belajar dari pengalaman adalah kunci untuk menjadi seorang negosiator yang lebih baik. 

Dengan praktik dan refleksi terhadap pengalaman sebelumnya, Anda dapat mengembangkan keterampilan negosiasi yang lebih efektif dan berhasil dalam bisnis.

Pelajari Keterampilan Bisnis Dengan Mengikuti Pelatihan Eksekutif

Salah satu cara untuk melatih keterampilan negosiasi bisnis adalah dengan mengikuti pelatihan eksekutif
Pelatihan Eksekutif Sebagai Salah Satu Cara Untuk Melatih Skill Negosiasi

Dengan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya keterampilan negosiasi dalam dunia bisnis dan kemampuan untuk mencapai solusi kreatif yang menguntungkan semua pihak, mengikuti pelatihan dalam program Executive Education salah satu langkah yang cerdas.

Program ini tidak hanya akan membantu Anda mengasah keterampilan bisnis Anda, tetapi juga memberikan Anda alat yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dalam negosiasi bisnis dengan percaya diri dan keberhasilan. 

Dengan berbagai pengetahuan yang diperoleh dari program ini, Anda akan siap untuk menghadapi negosiasi bisnis yang kompleks dan menciptakan kesepakatan yang menguntungkan. 

Jadi, temukan kesempatan untuk mengikuti program Executive Education dan tingkatkan keterampilan Anda dalam dunia bisnis, dimulai dengan melihat artikel Executive Education Program dari MarkPlus Institute di link berikut ini.

Ayo, #PerluasKapasitas bersama MarkPlus Institute!

Share with Your Friends!

Leave a Comment