Networking dan 5 Manfaatnya dalam Dunia Kerja

By

Iman Fadhilah

| Published

Networking atau membangun relasi dan jaringan memiliki manfaat yang sangat besar bagi keberlangsungan bisnis dan karir Anda.
Ilustrasi Seseorang yang Sedang Memperluas Relasi

Saat ini, kita berada di dalam era yang semakin terhubung. Maka, memperluas jaringan atau networking menjadi kunci yang penting dalam meraih kesuksesan dalam dunia kerja dan bisnis.

Membangun dan menjaga hubungan yang kuat dengan berbagai individu, baik rekan kerja, mitra bisnis, maupun profesional di industri yang berbeda, memiliki manfaat yang besar bagi keberlangsungan karir dan bisnis Anda.

Pada kesempatan ini, kami akan menggali lebih dalam tentang bagaimana networking dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam pengembangan karir dan pertumbuhan bisnis.

Serta kami akan menjabarkan beberapa alasan mengapa kemampuan ini begitu penting dalam lingkungan kerja yang kompetitif saat ini, mari simak!

Apa Itu Networking dalam Dunia Kerja?

Networking adalah pertukaran informasi dan ide antara orang-orang dengan profesi atau minat khusus yang sama.
Ilustrasi Jaringan Pekerjaan atau Relasi

Dilansir dari laman Investopedia, networking adalah pertukaran informasi dan ide antara orang-orang dengan profesi atau minat khusus yang sama. Biasanya, networking dilakukan dalam suasana sosial yang santai.

Para profesional menggunakan networking untuk memperluas jaringan kenalan, mengidentifikasi tentang peluang kerja di bidang mereka, dan meningkatkan kesadaran mereka tentang berita dan tren di bidang mereka atau dunia yang lebih luas.

Tidak hanya dalam dunia bisnis atau pekerjaan, melainkan networking bermanfaat di segala aspek kehidupan. Mulai dari pendidikan, hobi, dan kehidupan sehari-hari.

Bagaimana Cara Kerja Networking dalam Bisnis dan Karier?

Perlu diingat, bahwa orang-orang biasanya bergabung dengan kelompok atau jaringan berdasarkan satu hal yang sama. Misalnya kesamaan bidang bisnis, atau profesi.

Dikutip dari laman Forbes, peluang untuk mendapatkan relasi biasanya berasal dari seminar, pameran bisnis, konferensi, perguruan tinggi, dan klub pribadi karena menarik banyak individu dengan minat yang sama.

Baca juga  Simple Marketing Plan Template

Networking akan membantu seseorang untuk dapat terhubung dengan peristiwa terkini di bidangnya dan membangun hubungan dengan orang lain yang akan meningkatkan prospek bisnis atau pekerjaan di masa mendatang.

Selain itu, relasi yang dibangun juga memberikan peluang untuk membantu orang lain dalam menemukan pekerjaan, menjalin hubungan, dan mengikuti berita terkini.

Misalnya, pemilik usaha kecil menjalin networking untuk mengembangkan hubungan dengan orang dan perusahaan yang mungkin akan menjalin bisnis dengannya di masa depan.

Koneksi yang dibangun dalam suatu jaringan membantu mereka membangun hubungan dan kepercayaan di antara orang-orang tersebut.

Maka, sebuah networking atau relasi dapat dikatakan berkualitas jika secara teratur berkomunikasi dan bertukar informasi berharga yang tidak mudah didapatkan di luar jaringan.

Manfaat dari Networking untuk Karir Anda

Networking memiliki banyak manfaat untuk karir Anda
Ilustrasi Manfaat dari Networking

Berikut adalah 5 manfaat dari networking yang penting untuk karir dan bisnis Anda.

  1. Peluang Kerja dan Pekerjaan Baru

Melalui networking, Anda dapat mengetahui tentang peluang pekerjaan yang mungkin tidak dipublikasikan secara luas. Banyak perusahaan lebih suka merekrut melalui referensi internal atau rekomendasi dari kontak yang terpercaya.

  1. Peningkatan Peluang Bisnis

Networking membantu membangun hubungan dengan calon klien, mitra bisnis, dan pelanggan potensial. Ini bisa membuka pintu untuk kerjasama, proyek bersama, atau peluang penjualan yang dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda.

  1. Pengembangan Keterampilan dan Pengetahuan 

Melalui diskusi dengan rekan-rekan di industri Anda, Anda dapat memperdalam pemahaman tentang tren terbaru, praktik terbaik, dan perkembangan teknologi. Hal ini membantu Anda tetap relevan dan kompeten di lapangan Anda.

  1. Pengaruh dan Reputasi yang Lebih Baik

Dengan memiliki jaringan yang kuat, Anda dapat membangun reputasi sebagai seseorang yang memiliki pengetahuan dan koneksi yang luas dalam industri Anda. Ini dapat meningkatkan pengaruh Anda dan membuat Anda lebih dihormati.

  1. Dukungan dan Dorongan
Baca juga  Negosiasi Bisnis Adalah: Tahapan, dan Mengapa Skill Ini Penting

Jaringan dapat memberikan dukungan emosional dan profesional. Anda dapat mendapatkan nasihat dari orang-orang yang telah menghadapi tantangan serupa dan mendapatkan dorongan untuk tetap fokus pada tujuan Anda.

Dengan memanfaatkan networking dengan baik, Anda dapat memperluas peluang, mengembangkan karir atau bisnis Anda, serta menghubungkan diri dengan individu yang dapat membantu Anda mencapai kesuksesan.

Salah Satu Cara Mendapatkan Networking adalah Mengikuti Pelatihan Eksekutif 

Pelatihan eksekutif dari MarkPlus Institute atau yang biasa disebut dengan Executive Education Program diikuti oleh para eksekutif dan pekerja profesional dari berbagai perusahaan. 

Program ini dirancang untuk mempersiapkan para pemimpin perusahaan agar memiliki skill leadership yang baik dan dilengkapi dengan pengetahuan tentang bisnis dan marketing management yang mumpuni.

Dengan mengikuti program pendidikan eksekutif dari MarkPlus Institute, Anda tidak hanya akan memperluas pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga membuka pintu menuju jaringan yang luas. 

Relasi yang terjalin melalui program ini dapat menjadi aset berharga dalam membangun hubungan yang mendukung karir dan bisnis Anda di masa depan.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti Executive Education Program dari MarkPlus, Anda dapat simak informasi selengkapnya pada link artikel berikut ini.

Jangan lupa simak artikel dari MarkPlus Institute lainnya jika Anda tertarik dengan informasi seputar marketing, bisnis, dan manajemen di link yang tertera.

Ayo, #PerluasKapasitas bersama MarkPlus Institute!

Share with Your Friends!

Leave a Comment