Pemasaran atau marketing adalah proses memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat. Marketing juga mencakup proses memasarkan produk atau jasa, mulai dari perencanaan strategi hingga persepsi konsumen terhadap produk atau jasa tersebut.

Perkembangan dunia bisnis telah membuat proses marketing berkembang. Salah satu bukti perkembangan ini adalah munculnya pemasaran online yang mengacu pada upaya memperkenalkan produk atau jasa melalui internet. Dahulu, pemasaran hanya terbatas pada bentuk fisik seperti billboard, pamflet, dan spanduk. Namun, saat ini marketing sudah meluas ke dunia digital, seperti pada media sosial, periklanan online, dan sebagainya. Karena itu menarik untuk tahu lebih lanjut mengenai konsep marketing ini sendiri 

Pengertian dan Definisi Marketing

Definisi marketing sendiri sudah sangat banyak dikemukakan oleh banyak pihak. Definisi sederhana untuk pemasaran adalah sebuah upaya penciptaan dan kepuasan permintaan untuk produk, layanan, atau ide yang kamu miliki. Jika semuanya berjalan dengan baik, permintaan ini harus diterjemahkan ke dalam penjualan dan, pada akhirnya, pendapatan.

Pada tahun 2012, Philip Kotler mendefinisikan pemasaran sebagai “Ilmu dan seni mengeksplorasi, menciptakan, dan memberikan nilai untuk memuaskan kebutuhan target pasar dengan keuntungan. Pemasaran mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan yang belum terpenuhi. Ini mendefinisikan, mengukur, dan menghitung ukuran pasar yang teridentifikasi dan potensi keuntungan” (Kotler, 2012).

The American Marketing Association (AMA), mendefinisikan pemasaran sebagai “Aktivitas, rangkaian institusi, dan proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat pada umumnya” (AMA, 2017).

Sementara itu, Hermawan Kartajaya menyatakan bahwa terdapat sembilan unsur inti dalam pemasaran, yaitu segmentasi, targeting, positioning, diferensiasi, marketing-mix, selling, brand, servis, dan proses. Hermawan juga menekankan bahwa untuk membangun strategi yang kuat, perusahaan harus mampu melihat pasar secara kreatif dan membaginya menjadi segmen-segmen berdasarkan kondisi psikografis dan perilaku tertentu. Dari segmen-segmen tersebut, perusahaan dapat memilih satu atau beberapa segmen yang akan menjadi target pasar.

Untuk memotivasi orang agar membayar produk atau layanan, atau menganggap brand kamu lebih unggul dari pesaing, Kamu perlu menciptakan manfaat dan nilai yang berarti bagi konsumen. Desain produk atau jasa itu sendiri bisa dibilang merupakan salah satu fungsi pemasaran. Nilai yang harus diciptakan pemasar harus sama atau bahkan lebih besar daripada biaya produk bagi konsumen. Melakukan hal ini secara sering dan konsisten akan menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas terhadap merek dan menciptakan ekuitas merek yang kuat. Ini semua adalah bagian dari marketing.

Baca juga  Strategi Social Media Marketing

Tujuan Pemasaran

Pemasaran adalah proses membuat orang tertarik dengan produk atau layanan perusahaan kamu. Marketing terjadi melalui riset pasar, analisis, dan memahami minat pelanggan ideal kamu. Pemasaran berkaitan dengan semua aspek bisnis, termasuk pengembangan produk, metode distribusi, penjualan, dan periklanan. Dalam marketing kita harus mampu memberikan nilai tambah pada produk dan layanan yang ditawarkan. Selain itu, kita juga harus membangun hubungan yang baik dengan target pasar.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan marketing dalam bisnis, di antaranya:

  • Membantu target pasar memahami produk dan layanan yang ditawarkan.
  • Memberikan nilai tambah pada produk dan layanan yang ada.
  • Membantu branding produk atau perusahaan.
  • Membangun hubungan yang baik dengan target pasar.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk atau layanan yang ditawarkan.
  • Menargetkan pasar secara spesifik.
  • Meningkatkan jumlah transaksi dan penjualan.

Jenis Kegiatan Marketing

Dari beberapa manfaat tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemasaran merupakan bagian yang penting dalam bisnis, karena dapat membantu mengarahkan bisnis ke arah yang diinginkan. Ada banyak jenis kegiatan pemasaran yang cukup populer dan bisa digunakan untuk menargetkan pasar. Beberapa di antaranya:

Pemasaran melalui media sosial (SMM)

Marketing media sosial atau social media marketing (SMM) adalah proses mempromosikan produk atau layanan melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. SMM bertujuan untuk mencapai keterlibatan dan interaksi dengan audiens target dan membangun hubungan yang berkelanjutan dengan mereka melalui konten yang menarik dan relevan. Dalam SMM, strategi pemasaran dibangun untuk memaksimalkan penggunaan media sosial, membangun kesadaran merek, meningkatkan lalu lintas, meningkatkan penjualan, dan mengembangkan loyalitas pelanggan.

SEO Marketing

SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu jenis pemasaran yang paling banyak digunakan saat ini. Proses ini melibatkan pengoptimalan situs web agar produk atau layanan tertentu dapat muncul pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Dengan memanfaatkan teknik SEO, pemilik produk atau layanan dapat menargetkan dan menganalisis calon pembeli secara spesifik, seperti yang berusia antara 18 hingga 25 tahun atau orang yang tinggal di kota tertentu.

Pemasaran melalui mesin pencari (Search Engine Marketing/SEM).

Search Engine Marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran digital yang melibatkan penggunaan mesin pencari seperti Google untuk mempromosikan produk atau layanan. SEM mencakup pengoptimalan mesin pencari (Search Engine Optimization atau SEO) dan iklan berbayar (Pay-Per-Click atau PPC) untuk meningkatkan visibilitas dan lalu lintas situs web. Dengan menggunakan SEM, pemasar dapat menargetkan kata kunci tertentu yang relevan dengan produk atau layanan mereka dan menampilkan iklan mereka di hasil pencarian mesin pencari. Tujuan utama SEM adalah untuk meningkatkan konversi dan penjualan dengan menempatkan iklan mereka di depan audiens yang relevan dan tertarget secara geografis. Perbedaan terbesar dengan SEO adalah SEM merupakan jenis marketing berbayar, sementara SEO sifatnya sebagian besar gratis.

Baca juga  Sertifikasi Gelar Bertaraf Internasional: Mengapa Ini Penting dalam Dunia Profesi?

Pemasaran melalui email (Email Marketing)

Email marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang menggunakan email sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan. Strategi ini dapat digunakan untuk mengirimkan berbagai jenis pesan, seperti promosi produk atau jasa, pengumuman penjualan, newsletter, atau informasi penting lainnya. Email marketing biasanya dilakukan oleh perusahaan atau organisasi untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, meningkatkan penjualan, serta memperkuat citra merek atau brand awareness. Dalam email marketing, pengirim email harus memperhatikan aspek-aspek seperti isi pesan, desain email, target penerima, serta waktu pengiriman agar dapat mencapai hasil yang optimal.

Pemasaran melalui program afiliasi (Affiliate Marketing).

Affiliate marketing adalah sebuah bentuk pemasaran di mana seorang afiliasi mempromosikan produk atau jasa orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan. Dalam affiliate marketing, afiliasi bertindak sebagai mitra pemasaran dan biasanya menggunakan saluran pemasaran seperti blog, website, atau media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa. Seorang affiliate akan mendapatkan komisi berdasarkan persentase dari penjualan yang berhasil dilakukan melalui tautan afiliasi yang mereka bagikan. Hal ini membuat affiliate marketing menjadi salah satu cara yang efektif dan hemat biaya bagi perusahaan untuk memperluas jangkauan pemasaran mereka dan meningkatkan penjualan, sementara bagi afiliasi dapat menjadi sumber penghasilan tambahan.

Pemasaran melalui event (Event Marketing)

Event marketing adalah sebuah strategi pemasaran dimana perusahaan menggunakan acara atau kegiatan tertentu untuk mempromosikan produk, merek, atau layanan mereka kepada audiens yang relevan. Dalam event marketing, perusahaan dapat menciptakan pengalaman yang berbeda dari metode pemasaran tradisional seperti iklan atau promosi penjualan. Dalam sebuah acara, perusahaan dapat mengundang audiens target untuk datang dan mengalami produk atau layanan mereka secara langsung. Hal ini memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk membangun hubungan dengan audiens, menghasilkan percakapan langsung, dan meningkatkan kesadaran merek serta penjualan. Event marketing dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti konferensi, pameran, konser, pertunjukan, atau acara yang dirancang khusus.

Dengan memilih jenis pemasaran yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran dan mencapai target pasar dengan lebih efisien.

9 Elemen Marketing menurut Hermawan Kartajaya

Menurut tokoh marketing dunia dan Indonesia Hermawan Kartajaya, marketing atau pemasaran memiliki sembilan elemen penting dalam pemasaran modern yang menjadi dasar strategi pemasaran yang sukses. Berikut adalah definisi dari sembilan elemen tersebut:

Baca juga  4 Mindset Entrepreneur ini Wajib Dimiliki demi Kesuksesan Bisnis

Segmentasi

Segmentasi adalah proses membagi pasar menjadi beberapa kelompok yang homogen berdasarkan karakteristik tertentu seperti usia, pendapatan, jenis kelamin, atau perilaku pembelian. Tujuan segmentasi adalah untuk menemukan pasar yang lebih terfokus dan membuat strategi pemasaran yang lebih efektif.

Targeting

Setelah melakukan segmentasi, langkah berikutnya adalah menentukan segmen mana yang menjadi target pasar perusahaan. Targeting melibatkan pemilihan segmen yang paling menarik dan menguntungkan bagi perusahaan.

Positioning

Positioning adalah proses menempatkan merek atau produk di pasar agar dapat membedakan dirinya dari pesaing. Perusahaan harus menentukan posisi yang diinginkan di pasar dan menciptakan citra merek yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

Diferensiasi

Diferensiasi adalah cara perusahaan membuat produk atau layanan mereka unik dan berbeda dari pesaing. Ini dapat dilakukan dengan menawarkan kualitas yang lebih baik, harga yang lebih rendah, fitur yang berbeda, atau nilai tambah lainnya.

Marketing Mix

Marketing mix adalah gabungan dari empat elemen pemasaran utama: produk, harga, tempat, dan promosi (product, price, place dan promotion). Perusahaan harus menemukan keseimbangan yang tepat antara empat elemen ini untuk mencapai tujuan pemasaran.

Selling

Selling adalah proses menjual produk atau layanan kepada konsumen. Ini melibatkan semua upaya untuk mengonversi prospek menjadi pelanggan, termasuk presentasi penjualan, negosiasi, dan penyelesaian transaksi.

Brand

Brand adalah identitas merek yang terdiri dari nama, logo, dan citra merek. Branding melibatkan pengembangan citra merek yang kuat dan terus memperkuatnya melalui berbagai kegiatan pemasaran.

Servis

Servis adalah cara perusahaan memberikan nilai tambah kepada pelanggan melalui dukungan dan layanan purna jual. Ini meliputi layanan purna jual, dukungan teknis, dan pengembangan produk.

Proses

Proses adalah cara perusahaan mengelola kegiatan pemasaran, termasuk perencanaan, pengembangan produk, distribusi, promosi, dan layanan. Perusahaan harus mengembangkan proses yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pemasaran dengan biaya yang rendah.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis, marketing merupakan salah satu hal yang sangat penting. Melalui strategi pemasaran yang tepat, sebuah perusahaan dapat mengenalkan produk atau jasanya ke pasar yang relevan dan meningkatkan kesadaran merek serta penjualan. Dalam artikel ini, kita telah membahas mengenai definisi marketing dari berbagai tokoh. Kita juga sudah melihat berbagai jenis pemasaran seperti SEO, social media marketing, email marketing, affiliate marketing, dan event marketing. Kita juga telah membahas beberapa elemen marketing. Dari sini penting untuk kita bahwa marketing sendiri sangat luas dalam penerapannya. Marketing juga sangat bermanfaat bagi banyak orang dalam menjalankan bisnisnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk belajar marketing untuk bisnis kamu sekarang!

Share with Your Friends!
Avatar for Defantra Ramadhan
Research and Development at MarkPlus

Leave a Comment