Menurut laporan dari EY Global Institutional Investor tahun 2021, sebanyak 74% investor melakukan divestasi pada perusahaan yang memiliki kinerja keberlanjutan (sustainability) yang buruk. Oleh karena itu, saat ini dunia bisnis memerlukan model kepemimpinan baru yang menjadikan sustainability sebagai prioritas utama atau disebut sebagai sustainable leadership.

Hal tersebut berguna untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup dan sosial. Para pemimpin dari seluruh bidang harus berkolaborasi untuk mengubah budaya perusahaan, mengembangkan solusi jangka panjang dan berpikir kreatif. Tanpa adanya dukungan dari seorang pemimpin, maka konsep dari sustainability ini tidak akan berjalan dengan efektif.

Lantas, apa sebenarnya sustainable leadership? Seperti apa ciri-cirinya? Simak penjelasannya di artikel ini, ya!

Apa itu Sustainable Leadership?

Sustainable leadership adalah model kepemimpinan pada seorang pemimpin yang mendorong agenda keberlanjutan (sustainability) dalam suatu perusahaan atau organisasi. Keberlanjutan di sini maksudnya memastikan bahwa bisnis yang dijalankan dapat beroperasi dalam jangka waktu yang lama, tanpa menghabiskan sumber daya fisik dan manusia yang diperlukan untuk operasionalnya.

Hal tersebut tidak hanya mencakup perlindungan pada lingkungan, melainkan juga pada sosial masyarakat. Contohnya, mengimbangi emisi karbon, melindungi privasi konsumen, menerapkan proses perekrutan yang adil, dan lain sebagainya. Sustainable leadership membangun nilai-nilai tersebut ke dalam strategi bisnis mereka dan memengaruhi orang lain atau timnya untuk menumbuhkan budaya keberlanjutan.

Baca juga  Apa itu Bursa Karbon: Definisi, Jenis & Dampaknya

Mengapa Sustainable Leadership sangat Penting?

Setelah memahami definisi dari sustainable leadership, berikut ini akan dijelaskan beberapa alasan mengapa model kepemimpinan ini sangat penting dan dibutuhkan saat ini, antara lain:

1. Bentuk Pertanggungjawaban Sosial dan Lingkungan

Pemimpin yang berkelanjutan mengakui bahwa organisasi atau perusahaan mereka memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

2. Kepatuhan Peraturan dan Hukum

Sudah banyak negara yang telah memperketat regulasi terkait dengan keberlanjutan dan lingkungan. Pemimpin yang berkelanjutan akan membantu dan mendorong perusahaan mereka untuk mematuhi peraturan ini, mengurangi risiko hukum dan memastikan seluruh operasional perusahaan mempertimbangkan keberlanjutan jangka panjang.

3. Efisiensi Sumber Daya

Mengadopsi praktik bisnis yang berkelanjutan akan membantu perusahaan dalam mengelola dan menggunakan sumber daya dengan lebih efisien. Contohnya, penggunaan energi, air, bahan baku, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, organisasi dapat mengurangi biaya operasional jangka panjang.

4. Reputasi dan Branding

Perusahaan yang terlibat dalam keberlanjutan cenderung memiliki reputasi yang lebih baik di mata konsumen, masyarakat ataupun pemangku kepentingan. Hal ini tentu dapat membantu mereka membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, karyawan dan mitra bisnis.

5. Akses ke Modal dan Investasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa saat ini semakin banyak investor dan lembaga keuangan yang memprioritaskan investasi pada perusahaan yang mengadopsi praktik bisnis berkelanjutan. Pemimpin yang berkelanjutan dapat membuka pintu untuk akses ke modal tambahan dan sumber pendanaan.

Ciri-ciri Sustainable Leadership

CIri-ciri Sustainable Leadership
CIri-ciri Sustainable Leadership

Sustainable leadership hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Akan tetapi, terdapat beberapa karakteristik atau prinsip utama yang dimiliki oleh para pemimpin ini, antara lain:

1. Big-Picture Thinking

Pemimpin yang berkelanjutan memikirkan dampak jangka panjang dari bisnis mereka. Mereka melihat perusahaan mereka sebagai bagian dari sesuatu yang lebih besar: industri, komunitas, rantai pasokan global, dan lingkungan. Paul Polman, mantan CEO Unilever, misalnya, menghilangkan pelaporan triwulanan (tiga bulan) kepada investor di Unilever untuk menghindari short-term thinking.

2. Boundary-Crossing

Pemimpin berkelanjutan tidak hanya mempertimbangkan keuntungan dan keberhasilan internal perusahaan, melainkan juga dampaknya terhadap masyarakat, lingkungan dan ekonomi di luar perusahaan. Oleh karena itu, mereka membangun hubungan yang baik dan kuat dengan berbagai pemangku kepentingan, seperti pemerintah, masyarakat, LSM, dan sektor non-profit. Mereka berusaha untuk memahami kebutuhan dan harapan dari berbagai pihak tersebut.

Baca juga  BAGAIMANA MENJADI MINDFUL LEADER?

3. Memberikan Pengaruh

Beberapa pemimpin keberlanjutan yang paling sukses tidak mempunyai otoritas yang mengharuskan orang untuk melakukan apa yang mereka perintahkan. Sebaliknya, mereka memimpin dengan bersikap autentik, membangun hubungan, menunjukkan pengetahuan mereka dan menginspirasi visi bersama.

4. Menyukai Kompleksitas

Biasanya, dalam menerapkan strategi keberlanjutan, para pemimpin diharuskan untuk menghadapi persaingan kepentingan, ketidakpastian, dan tantangan teknis. Kesabaran, kreativitas, keterampilan manajemen konflik, dan kemauan untuk bereksperimen adalah kunci kepemimpinan berkelanjutan

5. Penuh Semangat

Passion (gairah) dapat menjadi pendorong utama di balik inovasi dalam praktik bisnis berkelanjutan. Seorang pemimpin yang penuh semangat akan mencari berbagai cara baru untuk meningkatkan kinerja lingkungan dan sosial. Mereka akan mempertahankan komitmen terhadap tujuan keberlanjutan, meskipun dihadapkan pada berbagai rintangan atau tantangan.

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat dikatakan bahwa sustainable leadership sangat dibutuhkan perusahaan saat ini. Bukan hanya untuk mengoptimalkan profitabilitas jangka pendek namun juga memastikan keberlangsungan dan dampak positif jangka panjang.

Anda bisa mempelajari konsep mengenai sustainability lebih mendalam bersama program kekhususan eksekutif kolaborasi antara Unika Atma Jaya, universitas yang mengusung kajian sustainability komprehensif di Indonesia, dengan MarkPlus Institute, konsultan pemasaran pertama dan ternama di Indonesia, yaitu Program Master in Management Sustainability Marketing.

Program ini bertujuan untuk membentuk talenta organisasi yang mampu membangun strategi bisnis, memahami manajemen bisnis berkelanjutan dan menguasai strategi marketing yang aplikatif dan bisa membangun market competitiveness. Tunggu apalagi? Jadilah bagian dari Sustainability Marketing sekarang juga!

Untuk informasi lebih lanjut, klik tautan berikut ini Sustainability Marketing

Share with Your Friends!
Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment