Mengapa Training Manager Perlu Dilakukan?

By

Iman Fadhilah

| Published

Training manajer perlu dilakukan karena dapat menunjang pekerjaan dan menjadi investasi yang berharga.
Inilah Alasan Mengapa Training Manager Perlu Dilakukan

Banyak yang berpikir bahwa ketika sudah mencapai jabatan manajer, seseorang tidak lagi membutuhkan pelatihan atau training manager

Tapi, bahkan sekalipun Anda adalah pemilik bisnis atau CEO dari perusahaan, ilmu dan pengetahuan harus selalu di-upgrade seiring bertambahnya masa karier Anda.

Alasan mengapa training manager perlu dilakukan adalah karena manajer merupakan ujung tombak dalam suatu tim atau organisasi dalam mencapai tujuan, memimpin tim, mengelola sumber daya, dan membuat keputusan strategis yang berdampak untuk jangka panjang.

Untuk mengemban banyak tanggung jawab, seorang manajer perlu memahami dan menguasai berbagai macam keterampilan dan pengetahuan yang relevan.

Maka, pelatihan bagi seorang manajer adalah sebuah keharusan. Pelatihan dapat menjadi investasi yang penting, baik untuk manajer itu sendiri maupun perusahaan atau organisasi yang dipimpinnya.

Kali ini, kami akan menjelaskan mengapa seorang manajer memerlukan training atau training manajer dan manfaatnya dalam pengembangan karir atau pencapaian tujuan bisnis.

Selain itu, kami juga akan membagikan beberapa jenis pelatihan yang cocok untuk seorang manajer dalam mengupgrade skill dan keterampilannya. 

7 Alasan Mengapa Training Manager Diperlukan dan Manfaatnya

Inilah beberapa alasan mengapa training manager selalu perlu dilakukan.
Ilustrasi Training Manager di Perusahaan

Berikut adalah beberapa alasan mengapa training manager perlu dilakukan dan apa manfaatnya:

  1. Mengembangkan Keterampilan Kepemimpinan dan Manajerial 

Pelatihan membantu manajer mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang diperlukan untuk memotivasi, mengarahkan, dan menginspirasi tim kerja. 

Keterampilan kepemimpinan meliputi kemampuan untuk mengambil keputusan, mengelola konflik, dan berkomunikasi efektif.

Selain itu, manajer juga perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang berbagai aspek manajemen, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengawasan. 

  1. Beradaptasi Terhadap Perubahan 

Era modern memiliki ciri di mana dinamika dunia bisnis terus berubah, maka manajer perlu memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan dan mengelolanya dengan baik.

Baca juga  Mengenal 6 Bentuk Kerjasama Dalam Bisnis

Misalnya, ketika seorang manajer berinovasi dengan pemikiran yang terasah, mereka akan lebih fleksibel dalam menghadapi tantangan baru. Baik dari dalam organisasi maupun luar organisasi.

  1. Peningkatan Produktivitas Tim dan Pencapaian Visi Misi

Manajer yang terlatih memiliki keterampilan untuk memimpin tim dengan efektif. Ini dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja tim, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil atau produktivitas kerjanya.

Pelatihan juga dapat membantu manajer mengembangkan visi jangka panjang dan strategi bisnis yang efektif. Yang mana, mereka akan dapat memahami tren pasar dan peluang bisnis, serta merencanakan langkah-langkah strategis untuk mencapai tujuan perusahaan.

  1. Peningkatan Kualitas Pengambilan Keputusan 

Pelatihan membantu manajer mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan yang lebih baik. Mereka dapat mengambil keputusan yang lebih terinformasi dan strategis, yang berdampak positif pada perusahaan.

  1. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Manajer perlu berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk staf, rekan-rekan manajemen, dan pihak eksternal. Pelatihan membantu meningkatkan keterampilan komunikasi, termasuk kemampuan mendengarkan dengan baik dan menyampaikan pesan dengan jelas.

  1. Menunjang Kepuasan Karyawan atau Tim Kerja

Manajer yang terlatih mampu memimpin dengan lebih baik dan memahami kebutuhan dan aspirasi tim dan anggotanya. Ini dapat meningkatkan kepuasan anggota secara keseluruhan dan meminimalkan konflik di tempat kerja.

  1. Meningkatkan Reputasi Organisasi 

Organisasi yang memiliki manajer yang terlatih cenderung lebih efisien dan efektif dalam menjalankan operasinya. Ini dapat meningkatkan reputasi organisasi di mata karyawan, pelanggan, dan mitra bisnis.

Jenis Training Manager yang Dibutuhkan

Jenis training yang dibutuhkan manajer ada 4, yaitu leadership training, training management, dan pelatihan keahlian teknis.
Inilah Beberapa Jenis Pelatihan yang Dibutuhkan Manager

Di bawah ini adalah 3 contoh pelatihan yang umumnya dibutuhkan oleh manajer:

  1. Leadership Training

Pelatihan kepemimpinan dapat membantu manajer mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang diperlukan untuk memimpin, mengarahkan, dan menginspirasi anggota tim atau rekan kerja. 

Baca juga  Leadership Training: Definisi, Tujuan, dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Umumnya, leadership training mencakup pelatihan pengambilan keputusan, pengelolaan konflik, komunikasi efektif, dan pengembangan visi strategis.

  1. Pelatihan Manajemen 

Manajer sering bertanggung jawab atas pengelolaan tim mereka. Yang mana ketika menjadi pemimpin yang tidak disandingkan dengan kemampuan manajerial, sebuah tim menjadi kurang produktif.

Pelatihan manajemen sumber daya manusia membantu mereka memahami konsep-konsep seperti rekrutmen, pelatihan, penilaian kinerja, dan manajemen konflik di antara anggota tim.

  1. Pelatihan Keahlian Teknis

Biasanya, pelatihan teknis tergantung pada industri dan sektor bisnisnya, manajer mungkin perlu pelatihan dalam keahlian teknis yang spesifik untuk pekerjaan mereka. 

Ini bisa mencakup pelatihan dalam penggunaan software, pemahaman tentang peraturan industri tertentu, atau pengetahuan mendalam tentang produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan.

Upgrade Skill Manajerial dengan Pelatihan Eksekutif

Salah satu cara untuk mencapai kesuksesan dalam memimpin adalah dengan mengikuti pelatihan eksekutif.
Ilustrasi Pelatihan Eksekutif Bagi Seorang Manager

Dapat disimpulkan bahwa menjadi manajer yang efektif bukanlah tugas yang mudah, tetapi training manager adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam peran ini. 

Pelatihan memungkinkan manajer untuk terus berkembang, mengasah keterampilan kepemimpinan, dan memahami konsep-konsep manajemen yang penting. 

Salah satu cara terbaik untuk memperkuat fondasi Anda sebagai seorang pemimpin adalah melalui program pelatihan eksekutif yang diadakan oleh MarkPlus Institute. 

Program “Executive Education Program” telah terbukti memberikan wawasan dan alat yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dalam dunia bisnis yang dinamis. 

Jika Anda ingin mengeksplorasi lebih lanjut tentang Executive Education Program, klik di sini untuk informasi lebih lanjut. 

Bersiaplah untuk mengangkat karier dan kemampuan manajerial Anda ke tingkat berikutnya. Ayo, #PerluasKapasitas bersama MarkPlus Institute!

Share with Your Friends!

Leave a Comment