Perbedaan Strategi dan Strategis beserta Contoh Penggunaannya

By

Iman Fadhilah

| Published

Perbedaan Kata Strategi dan Strategis beserta Contoh Penggunaannya
Strategi vs Strategis, Apa Perbedaannya?

Tahukah Anda apa perbedaan strategi dan strategis? Seringkali, strategi dan strategis dikira dua hal yang sama, namun kenyataannya kedua kata tersebut memiliki sejumlah perbedaan, lho.

Dalam aktivitas menghasilkan uang khususnya dalam berbisnis, seseorang perlu menyiapkan apa yang disebut dengan strategi. Sedangkan langkah-langkah atau proses yang dilakukan dalam menerapkan strategi disebut dengan strategis.

Strategi dan strategi juga memiliki kesamaan, yaitu merupakan kedua elemen kunci dalam proses manajemen suatu usaha. Tanpa adanya strategi maupun langkah strategis, suatu perusahaan tidak akan bisa untuk mencapai tujuan dan menghadapi persaingan.

Jadi, penting bagi Anda untuk mengetahui apa perbedaan kata strategi dan strategis yang akan kami rangkum dalam artikel ini, mari simak!

Definisi Strategi

Definisi Strategi dan Definisi Strategis
Ilustrasi Strategi vs Strategis (Dok. Freepik)

Pengertian dari strategi adalah tujuan jangka panjang dari suatu perusahaan, serta pendayagunaan dan alokasi semua sumber daya yang penting untuk mencapai tujuan tersebut.

Strategi dirumuskan untuk menggalang berbagai pihak dan sumber daya di dalam perusahaan untuk mewujudkan visi perusahaan. Maka strategi sering dikaitkan dengan perencanaan strategi.

Tanpa strategi yang tepat, sebuah perusahaan tidak akan mampu untuk mencapai visinya. Alasannya karena strategi berguna untuk memfokuskan seluruh sumber daya dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.

Strategi merupakan tindakan yang bersifat terus menerus, mengalami peningkatan, dan dilakukan sesuai sudut pandang tentang apa yang diinginkan oleh konsumen di masa depan.

Definisi Strategis

Jika strategi adalah tujuan jangka panjang, maka strategis atau manajemen strategis adalah rangkaian cara, proses, atau tindakan yang digunakan untuk memandu perusahaan dalam mencapai sejumlah target.

Baca juga  Mengenal Program Magister Manajemen Sustainability Marketing

Manajemen strategis erat kaitannya dengan pengambilan langkah atau keputusan operasional dalam sejumlah tingkat hierarki di perusahaan.

Perbedaan Strategi dan Strategis

Perbedaan Strategi dan Strategis
Perbedaan Kata Strategi dan Strategis (Dok. Freepik)

Berikut adalah beberapa perbedaan kata strategi dan strategis yang telah kami rangkum menjadi beberapa bagian:

Fokus

Perencanaan strategi lebih berorientasi masa depan dan berfokus kepada perencanaan perusahaan jangka panjang untuk mencapai visi.

Sedangkan manajemen strategis adalah keputusan yang diambil terkait dengan pengelolaan dan pelaksanaan strategi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Waktu

Strategi dibuat untuk jangka panjang dalam periode tertentu. Sedangkan strategis berkaitan dengan keputusan dan tindakan yang diambil dalam operasional perusahaan sehari-hari selama periode tersebut.

Lingkup

Strategi melibatkan seluruh perusahaan seperti pemimpin dan pengambil keputusan di semua tingkat organisasi. Sedangkan strategis melibatkan departemen atau unit bisnis tertentu untuk mengelola sumber daya yang ada.

Tujuan

Strategi lebih menekankan pada pengambilan keputusan jangka panjang dengan seoptimal dan seefisien mungkin. Sedangkan strategis berfokus pada keputusan sehari-hari terkait dengan pasar baru, produk baru, teknologi baru, dan sebagainya.

Pengaruh

Strategi berpengaruh kepada identifikasi tindakan yang harus diambil oleh keseluruhan perusahaan. Sedangkan strategis adalah waktu yang tepat untuk melakukan tindakan, dan bagaimana caranya untuk melakukan tindakan tersebut.

Contoh Penggunaan Kata Strategi dan Strategis

Dengan sejumlah perbedaan dari kata strategi dan strategis, berikut adalah beberapa contoh penggunaan dari kata strategi dan strategis:

Strategi

  • Toko X menggunakan strategi bundling untuk memperoleh keuntungan lebih hingga 30%.
  • Bagaimana strategi yang perusahaan Anda gunakan agar pelanggan melakukan pembelian ulang terhadap produk Anda?
  • Strategi perusahaan X dalam revitalisasi Taman Kota Jakarta Timur diapresiasi oleh masyarakat.

Strategis

  • Penggunaan teknologi terbaru dalam perusahaan X telah membantu mengoptimalkan efisiensi operasional perusahaan dan memberikan keunggulan kompetitif yang strategis.
  • Pemilihan lokasi yang strategis untuk membuka cabang baru membantu meningkatkan pangsa pasar perusahaan di wilayah tersebut.
  • Rencana pemasaran yang strategis telah diimplementasikan untuk mengoptimalkan visibilitas merek perusahaan di mata calon konsumen.
Baca juga  Flanking Marketing: Taktik Jitu Jadi 'Penguasa' Pasar

Penutup

Kesimpulannya, strategi berfokus pada perencanaan jangka panjang selama periode tertentu, sedangkan strategis adalah proses atau langkah yang diambil dalam mewujudkan perencanaan tersebut.

Keduanya sama-sama penting untuk mencapai keberhasilan jangka panjang dalam suatu bisnis. Sehingga, setiap perusahaan yang ada perlu mengintegrasikan antara perencanaan strategi dan manajemen strategis yang dimilikinya.

Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, memiliki pemahaman yang mendalam tentang langkah pengambilan keputusan secara strategis menjadi kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif. 

Untuk menghadapi tantangan ini, MarkPlus Institute menawarkan program Strategic Marketing Executive MBA (SMEMBA) yang dirancang khusus untuk para profesional yang ingin mengasah keterampilan manajemen strategis dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. 

Bergabunglah dengan program kami untuk memperluas wawasan dan meningkatkan daya saing di pasar yang selalu berubah ini. Untuk informasi selengkapnya, simak artikel seputar Strategic Marketing Executive MBA berikut ini.

Suka dengan artikel seputar bisnis ini? Simak artikel MarkPlus Institute lainnya pada link berikut ini!

Mari, #PerluasKapasitas bersama MarkPlus Institute!

Share with Your Friends!

1 thought on “Perbedaan Strategi dan Strategis beserta Contoh Penggunaannya”

Leave a Comment