Perencanaan Pemasaran Strategis, Kunci Sukses Mengembangkan Bisnis

By

Fachri Rizki

| Published

Strategi Brand Management
Strategi Brand Management

Di dalam dunia bisnis yang kompetitif sekarang, perusahaan harus bisa beradaptasi dan berkembang. Salah satu caranya dengan mengadopsi perencanaan pemasaran strategis yang fokus pada pengembangan rencana jangka panjang.

Perencanaan pemasaran strategis yang jelas dan terstruktur begitu penting. Hal ini dikarenakan membantu perusahaan dalam memahami pasar, mengidentifikasi peluang dan ancaman, serta merumuskan strategis yang relevan.

Di dalam artikel ini, MarkPlus Institute akan menjelajahi perencanaan pemasaran strategis secara rinci dan mengapa itu penting bagi kesuksesan bisnis. Yuk, simak sekarang!

Apa Itu Perencanaan Pemasaran Strategis?

Perencanaan pemasaran strategis adalah pengembangan strategi pemasaran berdasarkan strategi bisnis secara keseluruhan. Perencanaan tersebut merupakan salah satu fungsi utama dalam manajemen pemasaran.

Pasalnya, perencanaan pemasaran strategis adalah proses di mana perusahaan mengembangkan strategi pemasaran untuk mencapai tujuan dan target strategisnya. 

Adapun langkah dalam perencanaan pemasaran strategis, meliputi mengidentifikasi situasi perusahaan saat ini, analisis peluang dan ancaman, identifikasi dampak positif dan negatif yang dapat mempengaruhi bisnis, dan terakhir merumuskan strategi pemasaran yang tepat.

Dalam perencanaan pemasaran strategis, perusahaan merumuskan strategi pemasaran dengan menentukan segmen pasar yang akan ditargetkannya. Misalnya, pengembangan produk, penetapan harga yang sesuai, pemilihan saluran distribusi yang efektif, serta kegiatan promosi dan pemasaran lainnya.

Kenapa Perencanaan Pemasaran Strategis Penting?

Perlu diketahui bahwa perencanaan pemasaran strategis begitu penting karena memiliki peran krusial bagi perusahaan dalam mencapai kesuksesan bisnis jangka panjang. Berikut beberapa alasan di antaranya:

1. Memahami Situasi Perusahaan Saat Ini

Dalam perencanaan pemasaran strategis, biasanya terdapat analisis TOWS (Threats, Opportunities, Weaknesses, Strengths) yang berfungsi untuk menilai lingkungan internal dan eksternal terhadap kinerja bisnis. Analisis ini mencakup ancaman, peluang, kelemahan, kekuatan yang dimiliki perusahaan. 

Baca juga  5 Tahapan Design Thinking, Tips Jitu Mengasah Kreativitas & InovasiĀ 

Pertama, ancaman merujuk pada faktor-faktor negatif atau tantangan yang dihadapi oleh perusahaan. Misalnya, pesaing yang kuat, perubahan regulasi yang merugikan, atau perubahan tren pasar yang dapat mengurangi permintaan produk perusahaan. 

Kedua, peluang mengacu pada faktor-faktor positif yang dapat menguntungkan pihak perusahaan dalam mencapai keberhasilan bisnis. Contohnya, perubahan tren pasar yang menguntungkan hingga kemunculan pasar baru. 

Ketiga, kelemahan mengarah ke faktor-faktor internal yang dapat membatasi kinerja atau keberhasilan perusahaan. Ini mungkin termasuk kurangnya sumber daya, keterbatasan kemampuan, atau kelemahan dalam proses bisnis. 

Terakhir, kekuatan merujuk pada faktor-faktor internal yang menjadi keunggulan atau kelebihan perusahaan dibandingkan pesaing. Hal ini berkaitan Unique Selling Point yang dimilikinya. Misalnya, merek yang kuat, keunikan yang hanya dimiliki perusahaan, atau akses ke pasar yang sulit dijangkau oleh pesaing.

Dengan menggunakan analisis tersebut, perusahaan bisa mendapatkan informasi penting dalam memahami situasi bisnis saat ini, serta mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dan efisien.

2. Mencapai Tujuan Pemasaran Sesuai Target

Keuntungan yang bisa diambil dari adanya perencanaan pemasaran strategis, yaitu perusahaan mampu mencapai tujuan pemasaran sesuai dengan targetnya secara efektif dan efisien.

Di dalam rencana pemasaran terdiri dari strategi pemasaran, serta tujuan dan batas waktu yang spesifik untuk mencapainya. Dengan begitu, perusahaan bisa memastikan bahwa kegiatan pemasaran dilakukan sesuai dengan rancangan dan jangka waktu yang telah ditetapkan.

Sebab, strategi pemasaran yang baik harus mencakup tujuan yang terukur dan spesifik. Misalnya, tujuan dapat meliputi peningkatan pangsa pasar, peningkatan brand awareness, peningkatan jumlah pelanggan, atau peningkatan tingkat retensi pelanggan. 

3. Menentukan Tindakan yang Harus Dilakukan

Selanjutnya, keuntungan dari perencanaan pemasaran strategis adalah dapat menentukan tindakan mana saja yang harus dilakukan. Dengan perencanaan ini, Anda bisa menjabarkan tujuan-tujuan umum dan mengubahnya menjadi implementasi yang konkret.

Baca juga  Definisi Bisnis Internasional dan 7 Alasan Mengapa Ini Penting!

Contohnya, apabila perusahaan Anda menetapkan tujuan untuk meningkatkan penjualan produk sebesar 20% dalam satu tahun, maka dibutuhkan rencana tindakan yang jelas terkait langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar tujuan tersebut tercapai.

Di sinilah peran perencanaan pemasaran strategis sangat berpengaruh dan krusial. Di dalam perencanaan tersebut terdapat aktivitas-aktivitas yang harus dilakukan, tanggung jawab yang ditetapkan, sumber daya yang diperlukan, dan jadwal yang ditetapkan. 

Misalnya, langkah-langkah tersebut mungkin meliputi peluncuran produk baru, pengembangan kampanye iklan, pelatihan staf penjualan, kerja sama dengan mitra lain, atau pengoptimalan penggunaan media sosial. 

Kesimpulannya, rencana tindakan pemasaran ini memberikan banyak petunjuk yang jelas bagi tim pemasaran terkait apa saja yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya, dan kapan harus dilakukan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, perencanaan pemasaran strategis adalah proses penting yang dilakukan oleh perusahaan dalam mencapai keberhasilan jangka panjang dengan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Adapun proses perencanaan pemasaran strategis yang dilakukan adalah dengan memahami situasi saat ini, mengidentifikasi peluang dan ancaman, serta merumuskan langkah-langkah nyata untuk mencapainya. 

Di samping itu, perencanaan pemasaran strategis juga membantu perusahaan dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki dengan bijaksana, sehingga dapat menghindari tindakan yang tidak terstruktur.

Nah, jadi itulah merupakan penjelasan singkat mengenai perencanaan pemasaran strategis beserta alasan pentingnya yang bisa menambah wawasan baru dalam menjalankan bisnis perusahaan Anda.

Apabila Anda ingin menambah wawasan mengenai dunia bisnis, langsung saja akses Blog MarkPlus Institute untuk selengkapnya!

Share with Your Friends!
Avatar for Fachri Rizki
SEO Content Writer at MarkPlus Institute

Leave a Comment