Salah satu sarana transaksional yang populer di kalangan masyarakat saat ini adalah QR Code. Ketika membeli sesuatu, banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan QR sebagai alat pembayaran. Mungkin Anda salah satunya?

Meskipun lebih dikenal sebagai alat transaksional namun rupanya penggunaan QR Code juga bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk mendukung teknik marketing perusahaan. Biasanya, pemasar memanfaatkan QR untuk mempermudah campaign marketing mereka dalam mengukur aksi konsumen.

Lantas, seperti apa itu QR Code? Bagaimana penerapannya dalam dunia marketing? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Apa itu QR Code?

Pada dasarnya, QR Code atau Kode QR adalah alat yang berguna untuk menyimpan suatu data yang dapat dipindai oleh kamera ponsel untuk menampilkan suatu informasi. Umumnya, data itu berupa informasi pembayaran, media sosial ataupun akses yang menghubungkan si pemindai ke suatu landing page.

Singkatnya, Anda tidak perlu repot-repot mengetik untuk menuju suatu landing page sebab hanya dengan memindai QR Code, Anda sudah bisa mengakses hal tersebut.

Apa saja Manfaat QR Code?

Adapun beberapa keuntungan yang didapatkan apabila Anda memanfaatkan QR Code, antara lain:

Baca juga  Apa Itu Entrepreneurial Marketing MBA (ENMARK-MBA)?

1. Mempermudah Proses Transfer Data

Melalui QR Code, perusahaan ataupun organisasi akan lebih mudah mengirim informasi dari publik ke pihak penampung data. Misalnya, ketika Anda mengunjungi suatu pameran. Anda bisa melihat detail tentang lukisan yang Anda lihat melalui keterangan yang ada di samping lukisan itu atau dengan cara memindainya dan dibaca lewat smartphone.

2. Mempermudah Proses Pendataan

QR Code dapat mempermudah proses pendataan dapat dilakukan tanpa antre sebab dilakukan hanya dengan melalui smartphone, sehingga jauh lebih efektif dan efisien.

3. Mempermudah Transaksi

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, pembayaran tanpa tunai sudah menjadi tren. Hal itu dikarenakan adanya kehadiran QR Code yang mempermudah aktivitas transaksi merchant dan pembelinya.

4. Mempermudah Tindak Lanjut dan Pelacakan

Bagi industri periklanan dan marketing, penggunaan QR sangat mempermudah brand dalam mendorong konsumen untuk membeli produk. Hal ini dikarenakan efektifitas QR Code bagi pembeli yang tertarik akan produk tersebut dapat langsung memindai QR untuk melakukan transaksi.

5. Mempercantik Konten Iklan

Poster iklan yang penuh dengan kalimat persuasif ataupun gambar dapat Anda minimalisasi dengan menampilkan QR di dalamnya. QR bisa mempercantik materi iklan sekaligus berfungsi sebagai CTA yang tepat dan efektif.

6. Mendapatkan Data Pelanggan

Pelanggan yang memindai QR Code dapat diminta untuk mengisi formulir atau memberikan informasi kontak mereka. Hal ini membantu perusahaan dalam mengumpulkan data pelanggan yang berguna untuk keperluan teknik marketing selanjutnya.

7. Dapat Terintegrasi dengan Media Sosial

Untuk meningkatkan kehadiran para pelanggan ataupun calon pelanggan di platform media sosial, maka perusahaan bisa memanfaatkan QR Code untuk mengarahkan mereka ke halaman media sosial, profil perusahaan atau kampanye khusus.

8. Meningkatkan Keamanan dan Autentikasi

Perusahaan dapat menempelkan QR Code pada kemasan produk untuk membantu pelanggan memverifikasi keaslian barang atau mendapatkan informasi lebih lanjut tentang sumber dan bagaimana proses produksi produk tersebut.

Baca juga  Golden Circle: Definisi, Komponen, dan Manfaatnya

Apa saja Jenis-jenis QR Code?

Terdapat dua jenis QR Code yang dibagi berdasarkan cara penggunaan dan manfaatnya, antara lain:

1. QR Code Statis

QR Code statis bersifat tetap, maksudnya apabila sudah dibuat, Anda tidak dapat mengganti ataupun memperbaikinya lagi. Jenis seperti ini sangat cocok digunakan untuk membuat ID karyawan, produk teknis, WiFi, dan lain sebagainya.

2. QR Code Dinamis

Sebaliknya, jenis QR Code ini dapat Anda perbaharui sesuai kebutuhan, sehingga sangat cocok untuk dimanfaatkan pada aktivitas pemasaran dan iklan. Biasanya, QR dinamis dimuat dalam bentuk iklan media cetak, seperti brosur, flyer ataupun kemasan produk.

Bagaimana Cara Menerapkan QR Code sebagai Teknik Pemasaran?

Dalam menerapkan QR Code sebagai teknik pemasaran, Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk memastikan keberhasilan kampanye, yaitu:

1. Menentukan Tujuan Pemasaran

Tentukan dengan jelas tujuan pemasaran perusahaan. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, mengumpulkan data pelanggan, atau menciptakan keterlibatan pelanggan dalam produk Anda? Tujuan yang jelas akan membantu Anda merancang kampanye QR Code dengan fokus.

2. Pilih Platform Pemasaran yang Tepat

Tentukan di mana Anda akan menempatkan QR Code tersebut. Contohnya dalam kampanye pemasaran cetak, ada brosur, poster dan kemasan produk. Sementara dalam kampanye pemasaran digital, ada email, situs web dan media sosial.

3. Integrasikan dengan Landing Page atau Konten Khusus

Pastikan QR Code yang dibuat mengarahkan pengguna ke halaman web atau konten khusus yang terkait dengan tujuan pemasaran. Halaman ini harus dioptimalkan untuk pengalaman pengguna mobile dan menyediakan nilai tambah yang jelas.

4. Memberikan Nilai bagi Pelanggan

Pastikan bahwa QR Code ini memberikan suatu nilai bagi pelanggan, seperti diskon, penawaran khusus, konten eksklusif, atau akses cepat ke informasi yang relevan. Contohnya, yaitu “scan kode QR untuk mendapatkan diskon khusus”. Nilai tambah ini akan meningkatkan kemungkinan pelanggan untuk memindai QR Code.

Baca juga  Brand Positioning Adalah: Pengertian, Jenis Strategi, dan Manfaatnya

5. Promosikan QR Code secara Efektif

Promosikan QR Code secara aktif melalui berbagai saluran pemasaran, baik offline maupun online. Berikan motivasi kepada pelanggan untuk memindai QR Code.

6. Pastikan Kompatibilitas

Pastikan QR Code yang dibuat dapat dibaca dengan mudah oleh berbagai jenis perangkat dan aplikasi pemindai QR Code. Pilih warna kontras dan pastikan QR Code tidak terlalu kecil agar dapat dengan mudah dibaca.

7. Edukasi Pelanggan

Jelaskan kepada pelanggan cara menggunakan QR Code dan manfaat yang akan mereka dapatkan. Berikan instruksi yang jelas dan ringkas, sehingga mereka merasa nyaman memindai QR Code tersebut.

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa QR Code tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai alat transaksional, melainkan juga sebagai alat kampanye pemasaran yang interaktif, efektif dan efisien.

Anda bisa mempelajari lebih mendalam pemahaman mengenai pemanfaatan QR Code bersama MarkPlus Institute dan ITS dalam program Magister Manajemen Teknologi yang unggul, inovatif, profesional, dan berintegritas, MMT in Technomarketing.

Program ini menawarkan bidang keahlian Technomarketing yang membahas aspek fundamental dalam dunia bisnis teknologi, seperti manajemen bisnis dan aspek strategis pemasaran bisnis teknologi, termasuk cara menghadapi transformasi digital yang saat ini bergerak dengan sangat cepat.

Bidang ini akan mengenalkan Anda tentang konsep, praktik dan studi kasus seputar bisnis dan pemasaran produk teknologi. Selain itu, Anda akan mendapatkan pengetahuan seluk-beluk manajemen teknologi dan manajemen marketing yang aplikatif agar dapat diterapkan dalam dunia bisnis atau perusahaan.

Tunggu apalagi? Jadilah bagian dari MMT SIMT ITS sekarang juga! Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa klik di sini, ya! 

Share with Your Friends!
Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment