Rekomendasi 10 Tools Digital Marketing Esensial

By

Defantra Ramadhan

| Published

Tools Digital Marketing
Tools Digital Marketing | Unsplash

Kalau kamu adalah pemilik bisnis kecil atau pengusaha baru yang ingin terjun ke dunia online tanpa batas, maka memahami alat atau tools digital marketing yang dibutuhkan merupakan titik awal yang bagus. Khususnya akibat pandemi COVID-19, bisnis di seluruh dunia telah semakin mempercepat transformasi digital, khususnya bagi bisnis kecil atau UMKM. Karena itu, sebagai upaya kamu bisa mengadopsi digitalisasi bisnis kamu dengan lebih cepat, kamu bisa melihat rekomendasi berbagai tools digital marketing yang Mungkin akan berguna untuk bisnis kamu. Namun, sebelum kita masuk ke tools-tools rekomendasi kami, mari kita lihat dulu apa itu sebenarnya tools digital marketing dan bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis di tahun 2023.

Apa itu tools digital marketing?

Tools digital marketing pada dasarnya adalah sebuah perangkat lunak atau software, yang dapat membantu kamu mengoptimalkan strategi digital marketing bisnis kamu. Misal, jika merek kamu ingin mengoptimalkan marketing di media sosial, kamu mungkin akan kewalahan jika harus memposting satu postingan secara manual di lima platform berbeda. Nah dalam hal bisnis, menggunakan alat atau tools sederhana yang dapat membantu kamu menjadwalkan postingan di media sosial tersebut dapat membantu menghemat waktu hingga puluhan jam kerja setiap bulan!

Contoh tools pengatur postingan tersebut adalah salah satu contoh dari tools digital marketing yang bisa kamu gunakan. Bisnis harus selalu bisa meningkatkan efisiensi digital marketing mereka, khususnya di dunia maya yang penuh persaingan saat ini. Menggunakan tools digital marketing seperti contoh di atas, akan membantu menghemat waktu, sumber daya, dan tenaga yang kamu gunakan dalam melakukan upaya digital marketing.

Meskipun ada asumsi bahwa alat berbayar adalah yang terbaik, faktanya tidak selalu demikian. Banyak juga tools digital marketing gratis yang bisa kamu manfaatkan. Jika kamu bisa melakukan riset sedikit, kamu bahkan bisa mengoptimalkan upaya digital marketing merek kamu bahkan dengan bantuan tools digital marketing gratis!

Dalam artikel ini, kami telah merangkum 10 tools digital marketing yang bisa kamu manfaatkan untuk digital marketing di 2023. Tools-tools tersebut memiliki fungsinya masing-masing di setiap bagian dari digital marketing, ada tools untuk digital marketing di media sosial, untuk email marketing, dan untuk analitik.  

Tools Digital Marketing untuk Media Sosial

Hootsuite

Hootsuite merupakan salah satu sistem manajemen media sosial pertama yang memberikan jasa tersebut. Hootsuite memungkinkan kamu membuat, menjadwalkan, dan memposting konten di berbagai saluran media sosial – termasuk Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Instagram, YouTube, dan banyak lagi. Dengan fitur yang lengkap dan canggih, visual yang bagus, dan mudah digunakan, Hootsuite dapat memantau semua akun sosial kamu dalam satu jendela.

Alat menonjol termasuk fitur inbox yang dimilikinya. Fitur ini memungkinkan kamu mengelola keterlibatan publik dan pribadi di satu tempat. Hootsuite juga punya sistem ‘social media listening’ dan analitik data, yang berfungsi untuk mengoptimalkan dan mengukur keberhasilan kampanye marketing kamu. Hootsuite sendiri sangat cocok digunakan untuk tim. Hootsuite menawarkan versi gratis selama 30 hari, dimana setelah waktu tersebut kamu bisa memilih berbagai paket seharga $49 per bulan untuk satu pengguna, hingga menjadi $739 per bulan untuk lima pengguna (dengan beberapa fitur tambahan lainnya).

Baca juga  Apa itu Chatbot: Definisi, Cara Kerja & Contohnya

Sprout Social

Sprout Social adalah platform manajemen media sosial all-in-one dengan alat untuk pemostingan, engagement, analitik, dan masih banyak lagi. Sprout Social sekilas mirip dengan Hootsuite, namun perbedaan utamanya adalah layanan pelanggannya yang unggul. Penambahan dukungan telepon dan email menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang baru mengenal marketing media sosial yang Mungkin membutuhkan bantuan ekstra.

Seperti Hootsuite, Sprout Social juga memiliki fitur social media listening, yang memungkinkan kamu memanfaatkan percakapan media sosial global yang sedang tren saat itu. Kamu kemudian dapat mengidentifikasi kesenjangan dalam strategi atau manajemen merek kamu secara langsung dan terupdate! Sprout Social juga memiliki fitur unik, dimana Sprout Social memiliki fitur ‘penemuan audiens’, dimana fitur ini bisa digunakan untuk mengidentifikasi influencer yang mungkin ingin kamu ikuti atau libatkan. Sprout Social juga menawarkan uji coba gratis 30 hari, yang setelah itu dapat kamu manfaatkan dengan harga $89 per pengguna, per bulan.

Buffer

Untuk kamu yang bingung dengan tools-tools yang mahal tadi, jangan khawatir! Kamu bisa menggunakan tools digital marketing Buffer yang ideal untuk bisnis kecil, pemula, dan mereka yang memiliki anggaran terbatas. Buffer menawarkan versi sederhana dari alat manajemen media sosial populer lainnya. Meskipun tidak dapat bersaing dengan Hootsuite atau Sprout dalam hal fitur, Buffer memiliki sistem antarmuka yang bersih dan ramah pengguna, dan yang terpenting jauh lebih terjangkau. Selain itu, jika kamu tertarik pada hal pembuatan konten, Buffer dapat menjadi opsi yang baik. Fitur kolaborasi visual dan fitur kerja tim menjadi fitur yang baik dari Buffer, dimana kamu juga bisa mengelola banyak konten di satu tempat. Walaupun fitur Buffer tidak sebanyak dan sekompleks tools digital marketing media sosial lainnya seperti misal dalam hal sistem analitik, namun Buffer masih merupakan pesaing yang kuat, khususnya untuk kamu yang ingin mulai belajar digital marketing atau baru mengembangkan bisnis kamu! Buffer tersedia secara gratis hingga tiga channel media sosial, hingga $100 per bulan untuk 10 channel media sosial.

Tools Digital Marketing untuk Email Marketing

Omnisend

Omnisend adalah salah satu tools digital marketing untuk email marketing dan otomasi pemasaran e-commerce yang telah digunakan oleh lebih dari 75.000 bisnis e-commerce di seluruh dunia. Omnisend dirancang untuk membantu pedagang online untuk meningkatkan penjualan mereka dengan dilengkapi dengan berbagai fitur yang lengkap.

Bahkan dengan paket gratis, kamu akan mendapatkan akses ke fitur seperti segmentasi lanjutan, alur kerja otomatisasi bawaan (pre-built automation workflows), dan dukungan email dan live chat yang aktif selama 24 jam. Tools digital marketing Omnisend ini memiliki pembuat email dan formulir web yang mudah digunakan dan dirancang khusus untuk bisnis-bisnis e-commerce. Omnsiend bisa gratis hingga 250 pelanggan, maupun berbayar hingga $59 per bulan untuk akun premium.

Mailchimp

Tools digital marketing Mailchimp mungkin merupakan salah satu tools yang sangat terkenal – atau bahkan paling terkenal – dan banyak digunakan dalam email marketing. Tools digital marketing ini menawarkan semua yang kamu butuhkan untuk memulai kampanye email marketing profesional dengan cepat dan efektif. Mailchimp memiliki lebih dari 100 template kampanye email yang dirancang khusus, dengan delapan dalam versi gratis. Mailchimp juga memiliki fitur editor email, dan fitur penjadwalan seperti pengiriman ulang otomatis ke kontak email yang tidak membuka email pertama yang terkirim.

Baca juga  8 Rekomendasi Digital Marketing Tools Terkini

Mailchimp juga menyajikan beberapa add-on menarik seperti waktu pengiriman yang disarankan. Mailchimp memiliki fitur yang bisa kamu nikmati gratis dengan hingga 500 kontak email dan 2.500 pengiriman per bulan dan batas harian 500, hingga yang berbayar seharga $299 per bulan untuk akun premium.

Moosend

Moosend dapat menjadi salah satu tools digital marketing untuk email marketing yang cocok untuk kamu yang tidak memiliki anggaran yang cukup. Moosend adalah tools email marketing lain yang memungkinkan kamu membuat, memantau, dan mengelola semua kampanye email marketing kamu di satu tempat. Bila dibandingkan dengan Mailchimp, ia menawarkan fitur yang relatif sederhana sesuai dengan harganya, dimana Moosend menawarkan kemampuan untuk merancang dan menyesuaikan kampanye email marketing kamu, mengumpulkan data pendaftaran dan opt-in/out pengguna, serta membuat dan mengelompokkan daftar subscriber email kamu. Untuk tujuan inti kampanye email marketing, fungsinya lebih dari cukup kok! Moosend memiliki antarmuka pengguna yang ramah pengguna, fitur pelaporan yang sangat baik, dan juga memiliki dukungan pelanggan yang baik. Moosend memiliki harga terendah mulai dari $9 per bulan untuk 500 kontak email, bahkan hingga seharga $5,840 untuk 1.000.000 kontak email!

MailerLite

Tools email marketing gratis lainnya yang bisa kamu manfaatkan selain Moosend adalah MailerLite. MalierLite juga mudah digunakan dan harganya sebanding dengan Moosend, dimana MailerLite cukup praktis dan lebih dari cukup untuk kampanye email marketing dasar kamu. Fitur utama MailerLite termasuk teks dan template tema kampanye email marketing kamu, tools untuk impor dan ekspor data, dan pengiriman email bervolume tinggi. Fitur ini juga bahkan termasuk pada versi gratisnya. Di luar dasar manajemen kampanye email marketing, tools digital marketing ini juga menawarkan laporan presisi dengan pelacakan detail untuk hal-hal seperti rasio open dan klik-tayang (click-through rates), rasio unsubscribes, dan analisis perangkat pengguna.

Kamu tetap harus membayar setelah mendapatkan lebih dari 1.000 pelanggan atau untuk menambah fitur tambahan. Walaupun begitu, MailerLite juga dapat menjadi salah satu pilihan yang baik untuk kamu yang ingin menghemat anggaran digital marketing kamu. Untuk paket besar seperti untuk perusahaan, MailerLite juga memiliki paket dengan harga khusus – cocok untuk bisnis kamu di masa depan!

Tools Digital Marketing Untuk Analitik

Google Analytics

Tools digital marketing ini merupakan salah satu tools analitik situs yang sangat bermanfaat mengidentifikasi dan melacak navigasi pengguna di situs web kamu. Google Analytics merupakan salah satu pionir dari analitik situs ini yang telah ada sejak awal munculnya digital marketing. Google Analytics mampu menganalisis dan melacak semuanya mulai dari durasi sesi, halaman yang dikunjungi per sesi, rasio pentalan (bounce rate), dan masih banyak lagi. Untuk pengguna biasa, Google Analytics menawarkan dasbor dan pelaporan visual canggih dan efisien.

Baca juga  SEO dan SEM: Apa Perbedaan dan Manfaatnya bagi Bisnis?

Secara keseluruhan, Google Analytics adalah alat yang sangat diperlukan untuk membuat landing pages yang baik. Untuk kamu yang masih merintis bisnis dan atau hanya ingin belajar tentang analitik situs, sebagian besar fiturnya gratis! Kamu hanya perlu membayar jika kamu ingin mengintegrasikan Google Analytics dengan fitur Google AdWords, atau alat digital marketing lainnya di platform G-Suite.

Twitter Analytics

Tahukah kamu? Media sosial Twitter juga menjadi salah satu platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk analisis loh. Di Indonesia saja, Twitter tercatat memiliki jumlah pengguna aktif sebanyak 18,45 juta orang pada 2022 – 4,23 persen dari total pengguna Twitter global sekitar 400 juta lebih. Walaupun ada media sosial yang lebih besar secara pengguna aktifnya, Twitter juga tetap menjadi salah satu kunci bagi pemasar digital, setidaknya di Indonesia. Melihat prospek tersebut dari kacamata digital marketing, ada potensi dari setiap Tweet, foto, video, dan interaksi dapat diarahkan menuju kesadaran merek dan perolehan prospek yang lebih kuat untuk merek dan produk kamu.

Di Twitter sendiri punya fitur Twitter Analytics yang bisa bermanfaat untuk bisnis kamu. Setiap Tweet kamu telah dilengkapi dengan dasbor aktivitas dimana kamu dapat melacak tayangan, retweet, suka, klik tautan, dan engagement lainnya. Kamu juga dapat membuat laporan bulanan dan, dengan biaya tertentu, dapat membuat dasbor kampanye dan pelacakan konversi penjualan untuk disertakan bersama iklan Twitter melalui Twitter Ads kamu. Twitter Analytics ini gratis, namun memiliki biaya tertentu untuk fitur-fitur tambahan lainnya

Facebook Insights

Facebook merupakan media sosial dengan lebih dari dua miliar pengguna bulanan. Media sosial ini tentu telah menjadi prospek kampanye digital marketing yang sangat besar. Melalui tools Facebook Insights, tools digital marketing untuk analitik ini dapat menganalisis baik orang yang terhubung ke halaman perusahaan kamu, maupun pengguna Facebook lainnya. Kamu bisa menganalisis berdasarkan kategorisasi demografi pengguna ke tingkat yang sangat detail hingga termasuk seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, jabatan, dan bahkan status hubungan.

Selain itu, Facebook juga menyediakan data psikografis tentang nilai dan minat pribadi audiens kamu yang tentu dapat membantu lebih menyempurnakan kampanye digital marketing-mu. Dengan tools Facebook Insights ini kamu dapat membuat konten yang semakin menarik untuk menumbuhkan audiens merek kamu di Facebook. Fitur-fitur Facebook Insights ini umumnya gratis, namun ada biaya tambahan untuk fitur tambahan seperti Facebook Ads.

Kesimpulan

Nah itu dia rekomendasi 10 tools digital marketing terupdate yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnis kamu! Digital marketing itu menyenangkan, menantang, dan tentu sangat bermanfaat. Namun dengan dunia digital yang semakin cepat dan menekankan efisiensi, kamu mungkin akan kewalahan melihat berbagai hal yang harus kamu lakukan untuk beradaptasi di dunia maya. Namun, dengan menggunakan tools-tools digital marketing yang tepat, kamu bisa mengefisiensikan perencanaan digital marketing kamu dengan mengotomatiskan hal-hal yang membosankan atau rumit. Setelah masalah dasar seperti masalah teknis ditangani, kamu tentu dapat lebih fokus melakukan optimalisasi marketing kamu. Menggunakan dan memanfaatkan tools digital marketing untuk bisnis kamu bisa jadi cara yang menarik bukan?

Share with Your Friends!
Avatar for Defantra Ramadhan
Research and Development at MarkPlus

Leave a Comment