Apa itu E-Learning?

E-Learning adalah sebuah metode pengajaran yang tersedia online dan dapat diakses di mana saja melalui komputer, tablet, atau smartphone. Konten pelatihan dibuat oleh pelatih dan perancang instruksional dan disediakan kepada pelajar – atau pengakses pelatihan tersebut – menggunakan platform seperti LMS. Keuntungan utama dari E-Learning adalah kemampuannya membebaskan pelajar dari keharusan mengikuti sesi pelatihan pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan. Sebaliknya, mereka bebas mengakses materi pembelajaran di mana saja dan kapan saja.

Meskipun ini jelas positif bagi pelajar itu sendiri, perusahaan atau organisasi yang menggunakan sistem E-Learning ini juga bisa mendapatkan keuntungan. Ini dikarenakan perusahaan atau organisasi pengguna tersebut dapat menghemat biaya pelatihan yang biasanya mengeluarkan biaya yang seringkali sangat tinggi. Misalnya pelatihan karyawan ke lokasi lain. Sebaliknya, pelatihan dapat dilakukan di kantor”atau bahkan dari jarak jauh! Selain itu, pelajar bebas bergerak melalui kursus E-Learning dengan kecepatan mereka sendiri. Ini kontras dengan pelatihan kelas, di mana pelatih menentukan seberapa cepat seluruh kelompok mencakup topik tertentu.

E-learning bahkan memungkinkan pelajar untuk meninjau kembali modul sebelumnya, atau mengulang seluruh kursus jika mereka merasa perlu pelatihan tambahan. Dengan metode seperti ini, kemungkinan besar karyawan suatu perusahaan yang menggunakan sistem ini akan mempertahankan pengetahuan dan keterampilan baru mereka. E-Learning ini juga menawarkan entitas bisnis kemampuan untuk melatih karyawan mereka secara lebih efisien.

Apa itu Authoring Tools?

Nah kalau kami ingin membuat konten E-Learning kamu sendiri untuk perusahaan mu, kamu tentunya harus memilih perangkat lunak dan aplikasi yang tepat. Kamu harus memilih tools E-Learning yang cocok! Untuk membuatnya, kamu memerlukan authoring tools. Authoring tools sendiri adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan kamu membuat dan mengatur konten ke dalam struktur kursus standar. Struktur ini kemudian dapat diekspor dalam beberapa jenis format media yang berbeda. Bagi orang yang biasa menggunakan E-Learning, output yang paling umum adalah format SCORM. Dengan alat pembuat LMS, kamu mendapatkan paket zip praktis yang dengan mudah diunggah ke LMS yang sesuai dengan format SCORM tadi.

Rekomendasi Authoring Tools untuk Kamu!

Nah kamu sudah paham kan apa itu E-Learning dan authoring tools? Walaupun mungkin tidak selalu mudah untuk mengetahui apa saja tools yang berguna bagi kamu, kamu harus bisa memilih beberapa platform authoring tools yang kami rekomendasikan untuk membuat pelatihan E-Learning kamu sendiri.

Elucidat

cDllD0XtOL uVPlz1 yKkoTifwMh4f0FFHiuYnGI3X3ymwXI 2n9ALTg9sn5vGdZTvmPFwxadZnTE7zStT3xRUkenYttkZRRpeO73RRhkqJe2EtAg59JcVFsxZ0ztqDlSQ4wYnjiZYek6Ma RYf SaI

Yang pertama adalah Elucidat. Elucidat sendiri adalah tools E-Learning yang berbasis cloud yang berfokus untuk memudahkan pembuatan E-Learning yang luar biasa dengan sangat cepat. Elucidat memungkinkan kamu membuat konten E-learning berkualitas tinggi, dengan pengguna dan audiens utamanya adalah organisasi atau perusahaan dengan 2.000 pelajar atau lebih. Dengan menggunakan Elucidat kamu dapat menyusun berbagai konten berbeda, termasuk presentasi interaktif, video, dan bahkan kursus yang dibuat. Karena itu sangat mungkin untuk membuat modul e-learning yang menarik.

Baca juga  E-Learning untuk training perusahaan: MOOC, COOC, SPOC, SOOC
EJbuZ96Yv0TBMbFReJ0giC N5zj6cLGMdOLdfUFFM58t6ObfD8JUTfv06 2p1 odNje6NLUarUA32g9QTlCQvNBpPaWYSw8f9NxbhNgo8sJZh9MoaguovQY8 JjwTg1X9O1l9WVF5d5sFVUhg MNncI

Saat menggunakannya sangat mudah bagi kamu untuk mengimpor atau memodifikasi file yang ada, serta menggunakan template bawaan untuk membuat konten baru. Kamu juga dapat menggunakan tools responsifnya untuk membuat modul yang dapat dilihat di ponsel, tablet, atau PC. Selain itu Elucidat juga dirancang untuk memungkinkan seorang desainer konten untuk berkolaborasi satu sama lain dengan mudah. Baik ketika kamu melatih seorang pembuat konten pelatihan, proofreader, atau pengembang, kamu dapat bekerja sama dengan meninggalkan komentar pada modul yang sama secara real time.

Articulate Storyline 360

Articulate Storyline 360 adalah authoring tools unggulan ciptaan Articulate. Pembelian Articulate Storyline 360 dibundel dengan beberapa aplikasi lain seperti Rise and Review saat kamu membeli langganan Articulate 360. Articulate Storyline 360 populer di kalangan komunitas desainer instruksional karena fitur-fiturnya yang canggih seperti triggers dan layers memungkinkan pembuat konten untuk melangkah lebih jauh dalam memproduksi konten pelatihan yang dapat disesuaikan.

JWQKAQIZMiWlJQyB27B2vg5Z2yNWXSpp 3dDsGd3ktSYOHtdQU31qWe1 unUYSsw9KN87gBiNkjnigdtXik78VTeD8NQheqHZ2yeZVAzhTKnNHlKmvjOsqAHOM24UyNBYVuNsOPvtX8n4omU 2vuwm0

Dengan Storyline juga hadir Articulate Content Library – atau kumpulan template kursus, latar belakang, karakter, tombol, dan ikon, dimana ini mencakup sebagian kecil dari aset visual yang dibuat khusus untuk desainer instruksional. Articulate Storyline paling cocok untuk desainer instruksional berpengalaman yang membutuhkan lebih banyak pengaruh atas konten yang mereka hasilkan. Ini dapat dicapai dengan memanfaatkan fitur-fitur canggih seperti triggers dan layers yang disediakan Storyline.

q O Rh8LsCv3JOjyBckunl5f865iaaOau r5bfbT6p0ML2XmcsZo6COE9QgR6igp6riLNmxc8gE4CWCOnQkfchxD27zCnp

Karena Storyline hadir dengan beberapa alat pembuat desktop dan web yang ditujukan untuk memudahkan tim berkolaborasi dalam proyek E-Learning, tools E-Learning ini akan cocok untuk pelatihan secara kolektif. Walaupun begitu, salah satu kelemahannya adalah sebagian besar pengembang individu dan organisasi kecil yang tidak memerlukan semua fitur ini, harus membeli seluruh paket fitur ini untuk bisa mendapatkan tools Storyline.

Adobe Captivate

2xibYDUiRoNZ2wis9akgPJn9F NZuDy6FDEb dsIEPC41gxvR mypORA9UsZZHROEe1XNbVaACvYSRlto8f 5bOfNEuN8vGHUQUli21Y2uHwAndouaCEOPgICvqiJZaOSEai6tfmIqE80a ks 4a Y

Adobe Captivate adalah sebuah authoring tools E-Learning yang tersedia untuk Windows dan Mac. Adobe Captivate menyediakan desainer instruksional berpengalaman untuk membuat konten pembelajaran menggunakan opsi penyesuaian dari tema (relatif terbatas) yang tersedia. Temanya mirip dengan PowerPoint, dengan palet warna dan master slide yang menentukan tampilan dan nuansa yang diinginkan. Perekaman layar bawaan Captivate memungkinkan kamu membuat demo sistem yang berkualitas. Beberapa fitur muncul seperti interaksi kompleks, gestur seluler, dan fitur geolokasi. Pada Adobe Captivate rilisan tahun 2019 bahkan juga telah meningkatkan kemampuan untuk membuat desain responsif untuk beberapa perangkat menggunakan fitur yang dinamakan “Fluid Boxes”.

70aRJ1ufwOEduyRSRqepl1FAVhHElj1 MJXUzE42pMBMoyb3WJ7yzRmUi8xB LsQaplOnbqfZ5tkRQ9j1LZUpGdKJNPgHUTMwvYYDx2IDmL4B21EckSWhtLOd

Fitur yang sangat banyak dan kompleks dari Adobe Captivate berarti butuh waktu lebih untuk dipahami oleh desainer instruksional baru. Konten sederhana relatif cepat diproduksi, tetapi jika kamu ingin menggunakan interaksi yang lebih canggih, kamu harus meluangkan lebih banyak waktu. Walaupun begitu, Adobe Captivate adalah perangkat lunak SCORM yang dapat diandalkan. Adobe Captivate juga telah memiliki contoh pengguna sukses dari berbagai entitas, misalnya saja American Airlines dan Indiana University.

Baca juga  Macam-macam E-learning yang Wajib Kamu Ketahui

iSpring Suite

iSpring Suite adalah solusi authoring tools E-Learning berfitur lengkap yang berfokus untuk membuat pengembangan konten menjadi lebih mudah dan intuitif. Nilai tambah utama iSpring adalah bahwa inti authoring tools iSpring berfungsi sebagai add-in PowerPoint, yang menjadikan antarmuka WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang sangat mudah digunakan. Kamu dapat memulai dengan presentasi PowerPoint yang sudah ada dan menyempurnakannya dengan konten E-Learning yang lebih canggih.

WTTCWIw3n9dBUzuOu60lX KbdKvI9o89Ls ZDhAh2QEk4ob4NN816wBvjaiNBlq 3cQcDi 7LiYGQGh55 VV2zinTlOAXJC0V1FZosdbchz BcmU4YaXucct NbkQ32y ogBQXOTaZr0HZIvOYMf9tM

iSpring Suite mengambil pendekatan termodulasi ke antarmuka pengguna, dengan tab khusus untuk berbagai jenis tugas pelatihan. Ada pembuat kuis untuk penilaian, editor video dan audio untuk membuat video dan screencast, dan alat simulasi percakapan untuk membangun simulasi dialog. Proses interaksi juga dibuat sederhana dengan seluruh rangkaian templat siap pakai untuk membuat glosarium, katalog, garis waktu, referensi, dan FAQ.

iSpring Suite adalah alat pengembangan eLearning yang cepat, dan pilihan yang bagus untuk pengguna PowerPoint yang ingin melakukan lompatan ke alat pembuat konten yang lebih lengkap. Ini juga patut dipilih jika kamu mencari cara termudah dan tercepat untuk memindahkan instruksi, manual, dan buku teks yang ada secara online. Jika kamu sudah memiliki presentasi PPT, kamu dapat mengubahnya menjadi pelatihan elektronik hanya dengan beberapa klik. Kamu juga dapat menerbitkan dokumen Word dan PDF-mu ke format E-Learning dengan cepat dan efisien. Hasilnya misal, e-book interaktif dengan efek membalik halaman yang realistis. Kamu juga memiliki banyak opsi jika kamu ingin menjadi lebih kreatif dan menambahkan kuis, simulasi dialog, dan formulasi percakapan interaktif.

Gomo

Gomo merupakan authoring tools E-Learning berbasis web yang memungkinkan kamu membuat kursus online yang dapat dilihat peserta secara online dari situs web atau melalui aplikasi Gomo. Gomo dirancang dengan mempertimbangkan kolaborasi tim. Tools ini karena itu sangat cocok untuk kolaborasi konten – dimana banyak pengguna dapat mengedit konten dan meninggalkan catatan untuk satu sama lain secara real time. Proses pengembangan kursus didasarkan pada penggunaan templat dan tema siap pakai yang dapat dikonfigurasi agar sesuai dengan proyek atau merek kamu. Kamu hanya perlu memilih template, melengkapinya dengan teks dan gambar, mengatur tema dan tampilan kursus kamu.

Gomo adalah authoring tools E-Learning yang mudah digunakan dan ideal untuk proyek E-Learning yang kolaboratif. Gomo memiliki fungsionalitas dasar yang cukup untuk memungkinkan pembuatan kursus online sederhana dengan kuis. Namun, jika kamu juga ingin membuat konten pembelajaran yang serbaguna dan lebih canggih, Gomo mungkin bukan tools yang terbaik, dan kamu bisa menggunakan tools lain yang lebih lengkap fiturnya. Gomo juga memiliki fitur multibahasa dan konten lokalnya, dimana tools ini akan menjadi pilihan baik untuk perusahaan besar yang ingin menerjemahkan kursus ke berbagai bahasa asing dengan waktu dan usaha minimal.

Lectora Online

ebR YDROIod7fEoA33Mjkc9EcLCMKMjVwUcjgJLKb2I2YQv4YVSjAMMFbm6O7lwV pmoSU D9STs7dvMW iKcCKbi5QXy4HdY TfmCnSmAmhdsztpxj cAOyJLCqkQSdnt3dWNUOAWdWlSSLTZ0rwPM

Authoring tools E-Learning lainnya adalah Lectora Online. Lectora Online adalah versi berbasis cloud dari Lectora Inspire, yang menawarkan pembuatan konten plus tools pengembangan E-Learning serupa yang dapat dibandingkan dengan produk lain dalam artikel ini. Rangkaian produk Lectora selalu mematuhi pedoman aksesibilitas konten web (WCAG), dimana ini memastikan bahwa kursus apa pun yang dibuat dengan alat eLearning online ini akan dapat diakses oleh penyandang disabilitas, seperti gangguan pendengaran atau penglihatan. Jika kamu bekerja atau mengembangkan konten untuk organisasi pemerintah atau publik, ini adalah pilihan authoring tools E-Learning yang bagus.

Baca juga  Cek 5 Pelatihan Digital Marketing Online Rekomendasi Kami!
lRZvfvxjOGXHOVTAd 0RtboV U0CSYSsJYAcM Assx3AJA7pMZwZlbZ W03ZDp8

Template ‘Getting Started’ milik Lectora yang populer adalah jalan pintas yang bagus untuk memulai proses authoring. Setiap template menyertakan navigasi bawaan, contoh interaktif, tata letak halaman, dan petunjuk penggunaan. Selain itu, templat bawaan ini menawarkan gaya belajar dan jenis kursus yang berbeda seperti pelatihan linier dasar, non-linier, pembelajaran mikro, berbasis skenario, adaptif, waktu-dibutuhkan/tepat-waktu, multimedia, dan banyak lagi. Untuk pengembang yang lebih berpengalaman, Lectora Online mendukung skrip, custom libraries, font, dan CSS, jadi tidak ada batasan dalam hal kustomisasi konten.

Lectora sendiri telah mendapat berbagai penghargaan termasuk 2020 Silver Brandon Hall Group HCM Excellence in Learning Award dan Course Authoring Tool of the Year dari EdTech Breakthrough (2019 dan 2020). Lectora juga telah memiliki banyak studi kasus di situs web mereka, termasuk satu di proyek mereka dengan NHS, lembaga jaminan kesehatan pemerintah Inggris.

Camtasia

7EW35Dn27HHkrCvrWiYy0Lrp2NGiq2zAmZOQ5hudjtmNIM8pNQdSbEXPNx31PP9tBhMu ugvPB3XwTSxnsa vqh MNPYdxqBHRtKEHNRzB oNRX apOnXh8Gy5juV812knEd qd qqJYlyD daP05jY

Camtasia merupakan salah satu authoring tools E-Learning yang juga populer saat ini. Tools E-Learning ciptaan TechSmith ini merupakan adalah tools populer yang utamanya digunakan untuk merekam dan mengedit video instruksional atau pelatihan. Tools ini tersedia untuk Mac dan PC, dan dianggap sebagai salah satu alat pembuat paling populer untuk screencast dan jenis video pelatihan lainnya. Camtasia tidak hanya memungkinkan kamu untuk merekam layar dan mengedit video yang diambil, namun juga ada fitur seperti alat pengeditan kuis, ketersediaan berbagai stok video/audio, hingga berbagai efek visual.

fQyyIK26bHs1yNCiCpU W6ZqGGiDeRxHL7WgTBYBzAogWJxqSQwMBWzzecXLls193e322jnYMNabs4WyciX k3VQE7tH7M7za VX8EAelNtSj8m8Fe76p

Authoring tools E-Learning ini akan berguna khususnya bagi siapa saja yang ingin membuat konten pelatihan tentang perangkat lunak komputer. Hal tersebut bisa dilakukan misalnya dengan merekam layar atau menggunakan webcam, melakukan proses pengeditan dengan efek yang tersedia, dan kemudian mengekspor pelajaran yang sudah selesai ke SCORM. Karena fokus utamanya pada video, Camtasia sering diintegrasikan, atau digunakan bersama, perangkat lunak pembuat E-Learning lainnya.

Kesimpulan

Nah itu dia tujuh rekomendasi authoring tools E-Learning terbaik untuk tahun 2023 dari kami! Kami harap informasi ini bermanfaat untuk kamu dan dapat membantu kamu dalam memilih alat bantu penulisan E-Learning yang cocok untuk kamu. Kalau kamu bingung memilih tools E-Learning yang mana, kamu bisa mencoba setiap authoring tools ini yang kamu minati. Jika authoring tools E-Learning yang kamu coba tidak cocok, maka kamu bisa memilih authoring tools yang lainnya yang lebih cocok dengan kebutuhan kamu!

Share with Your Friends!

Tags

E-learning
Avatar for Defantra Ramadhan
Research and Development at MarkPlus

Leave a Comment