The 5 Level of Leadership, Tahapan Menjadi Pemimpin yang Efektif

By

Fachri Rizki

| Published

Leadership
Leadership

The 5 Levels of Leadership adalah buku leadership terbaik yang ditulis oleh John Maxwell, seorang pembicara, motivator, penulis, dan pakar kepemimpinan terkemuka di dunia. Dalam buku ini, John Maxwell membahas lima tingkatan yang berbeda dalam perjalanan menjadi seorang pemimpin yang efektif dan mempengaruhi orang lain dengan positif. 

Buku leadership ini menawarkan panduan praktis tentang bagaimana seseorang dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka dari tingkat awal hingga tingkat tinggi. Di sisi lain, buku leadership terbaik karya John Maxwell ini juga memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana membangun dan mengembangkan kepemimpinan yang kuat. 

Dari tingkat awal hingga tingkat kesempurnaan, setiap level memiliki tantangan dan peluang yang berbeda. Dengan memahami prinsip-prinsip dari setiap tingkatan ini, Anda dapat menjadi seorang pemimpin yang sukses, berpengaruh, dan membawa dampak positif dalam organisasi atau tim.

Agar tidak penasaran lagi, kali ini MarkPlus Institute ingin menjelaskan tentang rangkuman yang bisa dipelajari dalam buku leadership karya John Maxwell ini. Yuk, simak sekarang!

Rangkuman Buku Leadership, 5 Level of Leadership by John Maxwell

Buku Leadership

Berikut adalah rincian dari masing-masing level dalam The 5 Levels of Leadership yang dapat Anda adopsi ke dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya:

1. Leadership Level 1: Position

Level pertama adalah position, yang berarti seseorang menjadi pemimpin karena memiliki otoritas formal atau jabatan tertentu dalam organisasi atau timnya. Pada tingkatan ini, orang-orang mengikuti karena kewajiban, bukan karena mereka ingin melakukannya. 

Baca juga  10 Leadership Skill untuk Mencapai Kesuksesan yang Efektif

Misalnya, jika ada seorang manajer baru yang baru saja dipromosikan ke posisi kepala departemen. Tentunya, anggota timnya mengikuti perintah dan arahan dari sang manajer karena dia memiliki otoritas formal atas mereka.

2. Leadership Level 2: Permission

Kedua adalah level permission, di mana seorang pemimpin membangun hubungan yang baik dengan timnya dan mendapatkan kepercayaan masing-masing anggota. Kepemimpinan pada tingkatan ini terbentuk ketika anggota tim mulai menghormati dan menghargai pemimpin mereka karena sikap dan perilakunya. 

John Maxwell dalam buku leadership terbaiknya ini menjelaskan bahwa di level permission, orang-orang mengikuti karena mereka ingin melakukannya, bukan hanya karena otoritas atau dengan kata lain secara sukarela.

Contohnya, apabila ada seorang pemimpin yang memiliki hubungan yang dekat dengan anggota timnya. Kemudian, dia mendengarkan permasalahan dan kekhawatiran mereka, memberikan dukungan, dan menjadi mentor bagi mereka. 

Dengan begitu, setiap anggota tim akan merasa dihargai dan terdorong untuk memberikan hasil yang terbaik karena adanya ikatan emosional yang telah dijalin dengan pemimpin mereka.

3. Leadership Level 3: Production

Dalam buku leadership terbaik ini, John Maxwell menjelaskan bahwa di level 3 (production), seorang pemimpin menunjukkan kinerja yang baik dan berhasil mencapai hasil yang diharapkan. 

Pemimpin pada level ini adalah contoh bagi anggota timnya dan mampu mempengaruhi mereka dengan membawa hasil yang konsisten. Kepemimpinan pada level ini juga membuat orang-orang mencontoh karena mereka melihat hasil positif dari upaya pemimpinnya.

Misalnya, Anda seorang pemimpin yang telah berhasil mencapai target penjualan yang tinggi untuk tim. Karena prestasi tersebut, anggota tim Anda mempercayai kemampuan kepemimpinan Anda dan termotivasi untuk mencapai hasil yang lebih baik.

4. Leadership Level 4: People Development

Level selanjutnya dalam buku leadership adalah people development dengan kata kunci reproduction. Pada level keempat ini, seorang pemimpin mulai berfokus pada pengembangan sumber daya manusia dan pertumbuhan anggota timnya. 

Baca juga  Halo Effect: Pengertian, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Pemimpin di level ini mendedikasikan waktu dan usahanya untuk membantu orang lain tumbuh, berkembang, dan mencapai potensinya. Sehingga orang-orang tersebut akan mengikuti pemimpinnya karena mereka merasa dihargai dan telah didukung dalam aspek self-development.

Contohnya, ada seorang pemimpin yang berkomitmen untuk melatih dan mendukung pengembangan karier anggota timnya. Dia memberikan pelatihan dan mentorship yang konsisten, dan karena itu, anggota timnya patuh terhadap sang pemimpin karena dia telah melakukan sesuatu untuk mereka. 

5. Leadership Level 5: Pinnacle

Level terakhir dalam buku leadership ini adalah pinnacle atau puncak dengan kata kuncinya respect. Pada level ini, seorang pemimpin memiliki keterampilan dan pengaruh yang luar biasa terhadap orang lain.

Seorang pemimpin di level ini memiliki personality yang kuat dan mampu mencapai dampak positif yang besar dalam organisasi dan masyarakat. Kepemimpinan pada level ini membuat orang-orang mengikuti karena mereka ingin mengikuti pemimpin tersebut.

Contohnya, ada seorang pemimpin yang telah mencapai kesuksesan luar biasa dalam karier dan kepemimpinannya. Dia diakui sebagai seorang pemimpin yang inspiratif dan disegani sehingga orang-orang disekitarnya mengikutinya karena reputasi dirinya.

Kesimpulan

The 5 Levels of Leadership karya John Maxwell adalah buku leadership terbaik yang bisa membantu Anda untuk memahami progress dalam perjalanan menjadi pemimpin yang sukses dan efektif.

Dijelaskan dari berbagai level posisi, buku leadership ini memberikan panduan praktis tentang bagaimana membangun hubungan yang kuat, mencapai hasil yang baik, dan mengembangkan orang lain. 

Dengan mengikuti konsep dan prinsip dalam buku leadership terbaik ini, Anda jadi dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan secara bertahap untuk mencapai tingkat kepemimpinan yang lebih tinggi.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan wawasan luas dengan informasi dunia bisnis terkini, langsung saja kunjungi Blog MarkPlus Institute. Yuk, saatnya perluas kapasitas dengan menambah wawasan bersama MarkPlus Institute!

Share with Your Friends!
Avatar for Fachri Rizki
SEO Content Writer at MarkPlus Institute

Leave a Comment