5 Sertifikasi Digital Marketing Gratis untuk Dukung Karirmu

By

Talitha Fakhira

| Published

Sertifikasi Digital Marketing
Sertifikasi Digital Marketing

Kenapa harus ikut sertifikasi digital marketing?

Hari ini, hampir semua hal sudah serba digital. Karena nyatanya, pengguna internet terus meningkat tiap tahunnya. Untuk memenangkan persaingan yang ketat, permintaan perusahaan terhadap digital marketer yang kompeten kian meningkat. Karena, digital marketing mempunyai banyak keunggulan jika dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional. Dengan digital marketing, promosi bisa dilakukan kepada targeted market, sehingga promosi yang dilakukan akan lebih tepat sasaran dan efektif. Selain itu, kinerja pemasaran pun menjadi lebih terukur dengan adanya tools yang memungkinkan pemasar untuk meninjau performa kegiatan pemasaran mereka. Terlebih lagi, kebanyakan pelanggan mencari informasi melalui internet ataupun media sosial. Perusahaan yang menerapkan digital marketing akan memudahkan pelanggannya dalam pencarian informasi. 

Bagaimana langkah awal belajar digital marketing?

Pertama-tama, tentukan skill apa saja yang ingin Anda pelajari dan kembangkan. Kemudian, Anda bisa mulai belajar digital marketing melalui platform-platform yang memberikan layanan gratis. Beberapa diantaranya juga menyediakan sertifikasi digital marketing gratis yang bisa memberi Anda competitive advantage untuk meningkatkan rasa percaya diri, membuktikan expertise, dan meningkatkan efisiensi kerja. Setelah mempelajari dasar-dasar digital marketing, Anda bisa mulai memilih produk yang dapat menjawab kebutuhan pasar dan menentukan target pasar dengan karakteristik yang sesuai dengan produk Anda. Selanjutnya, Anda bisa mulai membuat website dan juga media sosial untuk memasarkannya. Terakhir, coba terapkan hal-hal yang sudah dipelajari pada bisnis Anda.

Dimana mendapatkan sertifikasi digital marketinggratis?

Memangnya ada sertifikasi digital marketing gratis? Jawabannya: tentu ada! Yuk, simak dan manfaatkan program sertifikasi digital marketing gratis berikut ini:

Baca juga  Yuk Cari Tau Caranya Belajar Digital Marketing yang Efektif!

1.     Google Digital Garage

Dengan Google Digital Garage, Anda bisa mempercepat karir atau bisnis Anda dengan mengembangkan keterampilan digital melalui kursus-kursus gratis yang tersedia. Bagi Anda yang pemula, Anda bisa mengikuti online courses “Fundamentals of Digital Marketing” yang termasuk sertifikasi digital marketing gratis! Melalui sertifikasi digital marketing gratis ini, Anda dapat menguasai dasar-dasar digital marketing yang diakreditasi oleh Interactive Advertising Bureau Europe dan The Open University. Terdapat 26 modul yang bisa dipelajari yang dikurasi oleh pelatih Google dan dikemad dengan latihan yang praktikal dan contoh nyata. Kelebihan dari course ini adalah self-paced learning, disertai video tutorials, unlimited access, dan mendapatkan sertifikat yang recognized.

2.     Skillshop

Mungkin nama “Skillshop” masih terdengar asing bagi Anda. Skillshop adalah training platform yang disediakan Google untuk mengembangkan skills mengenai tools dan solutions milik Google. Setelah mendaftar, Anda dapat mengakses online courses nya kapanpun dan menyelesaikannya sesuai ritme belajar Anda. Topik yang tersedia untuk sertifikasi beberapa diantaranya adalah Google Ads, Google Analytics, dan YouTube. Dalam topik-topik tersebut, tersedia berbagai pilihan sertifikasi digital marketing gratis yang dapat diikuti. Misalnya untuk sertifikasi dengan topik Google Ads, Anda bisa mengikuti ujian sertifikasi Google Ads Measurement, Google Ads Search, ataupunGoogle Ads Apps.

3.     HubSpot Academy

Melalui HubSpot Academy, Anda bisa mendapatkan setifikasi digital marketing gratis! Anda akan belajar cara menarik pelanggan dengan membuat konten dan pengalaman yang disesuaikan dengan target pasar, menggunakan taktik pemasaran digital. Tidak hanya sekedar taktik, Anda juga akan belajar bagaimana menjadi pemasar yang efektif, menarik prospek yang berkualitas ketimbang menyebarkan pesan kepada mass market yang rancu. Melalui 9 judul pelajaran yang akan Anda ikuti, Anda akan belajar cara mengoptimalkan situs web untuk search engine, membua strategi gratis untuk menumbuhkan followers, dan membuat strategi iklan untuk memperkuat pesan bisnis kepada target audience.

4.     LinkedIn Learning

LinkedIn, social media platform yang berfokus pada bisnis dan employmentmenyediakan lebih dari 16,000 online courses seputar skills yang dibutuhkan di pasar kerja. Anda bisa belajar digital marketing gratis dari para industry expert instructors dan mendapatkan sertifikasi digital marketing saat Anda menyelesaikan course nyaLinkedIn Learning dapat diakses secara gratis untuk satu bulan pertama. Melalui platform ini, Anda bisa mendapatkan online marketing tutorials mengenai cara membuat marketing plan dengan social media, search engine optimization (SEO), dan lain-lain.

Baca juga  Rekomendasi Authoring Tools E-Learning Terbaik 2023!

5.     Semrush Academy

Semrush menawarkan edukasi untuk semua orang, dimana Anda juga bisa mendapatkan sertifikasi digital marketing gratis. Pilihan kursus yang tersedia diantaranya mengenai SEO, content marketing, social media, dan lain sebagainya. Anda akan belajar dari top experts seperti beberapa diantaranya Brian Dean, Nathan Gotch, dan Andy Crestodina yang akan berbagi taktik mereka secara step-by-step.

Tunggu apalagi? Segera scale up your game dengan mendapatkan sertifikasi digital marketing!

Share with Your Friends!
Avatar for Talitha Fakhira
Research and Development team

Leave a Comment