Service Management, Strategi Jitu Optimalkan Kualitas Layanan Bisnis

By

Fachri Rizki

| Published

Service Management
Service Management

Di era bisnis modern yang penuh persaingan ketat, memberikan pelayanan unggul kepada pelanggan adalah kunci untuk mencapai keberhasilan jangka panjang. Tak hanya mencari produk atau layanan berkualitas saja, biasanya pelanggan juga mengharapkan pengalaman memuaskan yang bersifat personal dari sebuah brand. Itulah mengapa service management atau manajemen pelayanan begitu penting dan diperlukan dalam mengoptimalkan layanan bisnis yang berkualitas.

Service management adalah strategi atau pendekatan dalam mengelola dan meningkatkan pelayanan berkualitas kepada pelanggan. Dalam service management terdapat beberapa proses atau langkah yang bertujuan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Mulai dari perencanaan hingga pengendalian, service management meliputi berbagai aspek yang terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan.

Seperti yang diketahui, service management memiliki peran penting dalam menciptakan hubungan kuat antara pelanggan dan perusahaan. Perusahaan dapat membangun kepercayaan, memenuhi harapan pelanggan, dan menciptakan keunggulan kompetitif melalui fokus pada pelayanan berkualitas. Dengan kata lain, service management mampu membantu perusahaan dalam menghadapi persaingan yang ketat dan menciptakan pengalaman pelanggan yang unggul sehingga mereka merasa puas.

Di dalam artikel kali ini, MarkPlus Institute ingin menjelaskan secara rinci apa itu service management dan mengapa ia penting dalam menjalankan bisnis. Mulai dari manfaat yang diperoleh perusahaan dalam menerapkan service management hingga praktis terbaik yang bisa diterapkan untuk bisnis Anda. Jadi, yuk segera simak sekarang! 

Apa Itu Service Management?

Singkatnya, service management adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengelola dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Strategi ini meliputi berbagai hal, mulai dari perencanaan, pengelolaan, dan pengendalian semua aspek yang terkait dengan pelayanan dari perusahaan. Adapun tujuan utama dari adanya service management adalah memberikan pengalaman berkualitas yang memuaskan untuk pelanggan. 

Dalam service management itu sendiri, ada beberapa elemen yang dilibatkan. Mulai dari proses, teknologi, orang, hingga sumber daya lainnya. Jika berbicara dalam konteks manajemen bisnis, perusahaan akan melakukan identifikasi dan membuat proses yang efektif dan efisien dalam pemberian pelayanan berkualitas kepada pelanggan. Dalam proses tersebut, biasanya melibatkan penentuan langkah-langkah yang harus diambil, alokasi sumber daya yang tepat, hingga pengukuran kinerja untuk memastikan pelayanan yang konsisten dan memuaskan.

Di sisi lain, service management saat ini juga melibatkan penerapan teknologi. Contohnya, perusahaan mengadopsi sistem dan perangkat lunak yang canggih untuk mengelola data pelanggan, melacak permintaan layanan, dan meningkatkan efisiensi operasional. Dengan adanya teknologi yang tepat, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih akurat, dan lebih personal kepada pelanggan.

Baca juga  Memberikan Layanan Pelanggan yang Baik

Terakhir, manajemen sumber daya manusia juga memiliki peran krusial dalam service management. Sebab, perusahaan harus memiliki tim yang terampil dan terlatih untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pelanggan. Dalam konteks service management, faktor penting dalam menciptakan pelayanan unggul yaitu meliputi pelatihan, pengembangan keterampilan, dan motivasi karyawan.

Manfaat Service Management Bagi Bisnis

Dalam bisnis, service management adalah kunci sukses dalam mencapai keberhasilan jangka panjang. Mulai dari bidang ritel, kesehatan, teknologi, hingga layanan publik, nyatanya semua sektor bisnis membutuhkan service management untuk menciptakan pengalaman memuaskan bagi pelanggannya masing-masing. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih jelas, berikut ini beberapa alasan mengapa penerapan service management sangat penting dalam berbagai jenis bisnis. Di antaranya adalah:

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pertama, manfaat dari adanya service management adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Strategi ini sangat efektif dalam meningkatkan customer satisfaction melalui penerapan praktik terbaiknya, seperti memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan memberikan kesan dan review positif terhadap perusahaan, sehingga mampu meningkatkan loyalitas pelanggan, retensi, dan rekomendasi kepada orang lain.

Meningkatkan Reputasi dan Citra Perusahaan

Kedua, manfaat dari service management adalah mampu meningkatkan reputasi dan citra perusahaan. Strategi ini cukup efektif dalam berkontribusi dalam membentuk reputasi dan citra yang positif. Sebab, ketika perusahaan berhasil memberikan pelayanan yang konsisten dan berkualitas tinggi, citra perusahaan akan ditingkatkan di mata pelanggan, pesaing, dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan kata lain, reputasi yang baik akan membantu membedakan perusahaan dari pesaing, membangun kepercayaan, dan meningkatkan daya tarik bagi calon pelanggan.

Meningkatkan Efisiensi Operasional

Selanjutnya, mampu meningkatkan efisiensi operasional juga menjadi salah satu manfaat dari adanya service management di dalam bisnis. Hal ini memiliki dampak yang efektif pada peningkatan efisiensi operasional. Dengan memperbaiki proses pelayanan, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, dan mengurangi biaya yang tidak perlu, perusahaan dapat mencapai efisiensi yang lebih tinggi. Sehingga, hal tersebut dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan produktivitas karyawan.

Memperkuat Hubungan Emosional dengan Pelanggan

Salah satu manfaat dari service management adalah untuk memperkuat hubungan emosional dengan pelanggan. Memiliki service management yang baik dapat membantu perusahaan dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Dengan memberikan pelayanan yang responsif, personal, dan terfokus pada kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat menciptakan ikatan emosional dengan pelanggan secara erat. Hal ini sangat bagus untuk keberlangsungan bisnis karena hubungan yang kuat dengan pelanggan akan membantu mempertahankan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Baca juga  Cara Mudah Menjawab, Apa itu Pemasaran Produk?

Menciptakan Keunggulan Kompetitif

Jika perusahaan menerapkan service management yang baik, maka bisa berdampak pada keunggulan yang kompetitif. Hal ini disebabkan karena pelanggan akan lebih tertarik dengan pelayanan yang diberikan oleh bisnis Anda dibandingkan dengan pesaing. Keunggulan ini dapat menjadi faktor penentu dalam memenangkan persaingan pasar dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Meningkatkan Inovasi dan Pengembangan Produk

Selanjutnya, manfaat dari service management adalah meningkatkan inovasi dan pengembangan produk. Maksudnya, dengan mengumpulkan dan menganalisis umpan balik dari pelanggan, perusahaan dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan produk atau layanan yang ada atau mengembangkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal tersebut tentu sangat membantu perusahaan tetap relevan dalam pasar yang terus berubah.

Menjadi Consumer-Centric

Banyak orang cenderung lebih suka dengan bisnis atau perusahaan yang menunjukkan perhatian terhadap kebutuhan pelanggan. Ketika pelanggan menghadapi masalah dengan produk, proses pembelian, pengembalian barang, atau kendala lainnya, service management dapat memberikan solusi yang cepat dan tepat. Meskipun tampak sebagai hal kecil, kenyataannya ini menjadi salah satu faktor yang membuat pelanggan memilih untuk tetap setia pada produk atau layanan yang ditawarkan karena perusahaan fokus pada pelanggannya.

Sebagai Strategi Menarik Atensi Konsumen Baru

Seperti yang diketahui bahwa kekuatan word-of-mouth memang sangat luar biasa. Apabila perusahaan memberikan pelayanan terbaiknya dengan service managament yang terintegrasi, maka pelanggan akan dengan senang hati memberikan ulasan positif dan merekomendasikannya kepada orang lain. Oleh karena itu, begitu penting untuk terus meningkatkan layanan agar pelanggan merasa dihargai dan tidak pernah berpikir untuk beralih ke produk atau layanan lainnya dari pesaing.

WOW Service, Strategi untuk Menciptakan Pengalaman yang Berkesan

Founder sekaligus Chairman MarkPlus, Inc, Hermawan Kartajaya, mengungkapkan bahwa WOW Service menjadi strategi cerdas dalam service management untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang memuaskan dan berkualitas. Setiap pelanggan harus menerima ekspresi “WOW” saat menggunakan produk atau layanan Anda karena akan berdampak positif untuk keberlangsungan bisnis.

Pasalnya, saat ini rekomendasi dari orang lain memiliki kepercayaan yang lebih tinggi dibandingkan klaim dari suatu merek. Maka, menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk mendapatkan respons “WOW” dari pelanggan dan itu adalah kunci kesuksesan dalam bersaing. Dalam persaingan yang ketat, perusahaan  akan mengalami kesulitan jika banyak pelanggan yang memberikan rekomendasi negatif. Sebaliknya, perusahaan yang berhasil membangun kesan positif akan lebih mudah menarik pelanggan baru.

Untuk dapat memberikan layanan yang mengesankan pelanggan (WOW), perusahaan harus memperhatikan tahapan perjalanan pelanggan. Mulai dari proses Awareness, Appeal, Ask, Action, hingga Advocate. Tidak hanya fokus pada tahap pembelian, tetapi perusahaan juga harus memberikan perhatian khusus pada tahap sebelum dan setelah pembelian. Tahap-tahap ini memiliki potensi besar untuk memberikan layanan yang menghasilkan kesan “WOW”.

Baca juga  Taktik Pemasaran: The Battle Plan

Sebagai perusahaan yang ingin memiliki citra positif, penting untuk menciptakan layanan yang mengesankan pelanggan dan memberikan pengalaman yang WOW. Dalam mencapai hal ini, perlu untuk mengadopsi pola pikir bahwa pelanggan adalah teman, bukan raja. Konsep layanan yang WOW dapat diterapkan melalui beberapa cara, seperti menyesuaikan layanan dengan kondisi yang spesifik, memberikan tambahan layanan yang melebihi harapan, hingga mengenali kebutuhan personal pelanggan.

Dengan menerapkan konsep WOW Service ini, perusahaan dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa, membangun hubungan yang kuat, dan mendapatkan rekomendasi positif dari pelanggan. Tentu saja hal ini akan membantu perusahaan dalam memenangkan persaingan dan memperkuat posisi perusahaan dibandingkan kompetitor di pasar.

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa service management adalah faktor kunci dalam menjalankan bisnis sukses dalam persaingan industri yang ketat. Sebagai pemimpin bisnis, Anda perlu memahami dan mengimplementasikan praktik-praktik terbaik dalam mengelola layanan dapat memberikan keuntungan kompetitif yang signifikan bagi perusahaan Anda.

Itulah kenapa Executive Education Program hadir. Program yang ditawarkan oleh MarkPlus Institute ini adalah kesempatan yang tak boleh Anda lewatkan dan menjadi solusi cerdas untuk mengetahui bagaimana implementasi service management yang baik dalam bisnis. 

Program ini dirancang khusus untuk para profesional dan eksekutif bisnis yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam service management. Naninya Anda akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang konsep dan strategi terkini dalam mengelola layanan, serta belajar dari para pakar industri yang berpengalaman.

Dengan mengikuti Executive Education Program, Anda akan memperoleh wawasan yang berharga, keterampilan praktis, dan jaringan profesional yang luas. Program ini memberikan kesempatan untuk menjalin hubungan dengan para sesama pemimpin bisnis dan berbagi pengetahuan serta pengalaman. Dalam lingkungan yang inspiratif dan mendukung, Anda akan mendapatkan pembaruan terkini tentang service management dan memiliki kesempatan untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam praktik sehari-hari.

Maka dari itu, jangan sia-siakan peluang emas yang berharga ini untuk memperluas kemampuan Anda dalam mengelola layanan yang luar biasa dan menjadi pemimpin sukses di dunia bisnis. Segera daftarkan diri Anda dan ikuti Executive Education Program dari MarkPlus Institute. Saatnya siapkan diri Anda sebagai pemimpin bisnis untuk #PerluasKapasitas dalam meningkatkan kualitas layanan dan memimpin dengan keunggulan yang kompetitif!

Share with Your Friends!
Avatar for Fachri Rizki
SEO Content Writer at MarkPlus Institute

Leave a Comment