5 Skill Komunikasi yang Baik dan Wajib Dimiliki Seorang Leader

By

Iman Fadhilah

| Published

Seperti apa skill komunikasi yang baik dan harus dimiliki seorang leader?
Ilustrasi Komunikasi yang Baik dalam Pekerjaan

Di era bisnis yang semakin kompleks dan dinamis, seorang leader diharapkan memiliki skill komunikasi yang baik.

Kemampuan ini menjadi kunci untuk membangun hubungan yang kuat, menginspirasi tim, dan mencapai hasil atas tujuan yang telah ditetapkan.

Baik Anda yang seorang CEO perusahaan yang sudah masuk ke list dalam majalah Forbes atau seseorang yang baru memulai bisnis, keterampilan untuk berkomunikasi sangatlah penting.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara mendalam tentang lima skill komunikasi yang baik dan harus dikuasai seorang pemimpin.

Setiap jenis komunikasi ini memiliki peran penting dalam membentuk gaya kepemimpinan yang efektif.

Sehingga, ketika seseorang menguasai kelima skill komunikasi ini, mereka akan memiliki daya tarik yang kuat untuk membawa perubahan positif dalam lingkungan kerja perusahaan.

5 Skill Komunikasi yang Baik dan Wajib Dimiliki Seorang Leader

Inilah 5 skill komunikasi yang wajib dimiliki seorang leader
5 Skill Komunikasi yang Wajib Dimiliki Seorang Leader

Berikut adalah 5 skill komunikasi yang baik dan membuat seorang leader menjadi luar biasa.

  1. Mendengarkan dengan Seksama

Mendengarkan dengan seksama adalah keterampilan dasar yang sangat penting bagi seorang pemimpin. Karena, hal ini memungkinkan mereka untuk memahami dengan lebih baik apa yang dikatakan oleh anggota tim, klien, atau rekan bisnis. 

Ini menciptakan rasa penghargaan dan meningkatkan kualitas interaksi antar leader dan lawan bicaranya. 

Seorang pemimpin perlu memberikan perhatian sepenuhnya saat berbicara dengan orang lain, menghindari gangguan, dan menciptakan ruang untuk tanggapan yang mendalam. 

Contoh penerapan: Saat tim anggota berbicara tentang ide-ide baru, pemimpin bisa menunjukkan perhatian dengan menganggukkan kepala dan mengajukan pertanyaan yang relevan.

  1. Gestur Tubuh dan Komunikasi Non-Verbal

Ekspresi wajah, gerakan tangan, dan bahasa tubuh lainnya merupakan komponen penting dalam komunikasi. 

Pemimpin yang menguasai komunikasi non-verbal mampu menunjukkan sikap terbuka, keyakinan, dan empati. 

Baca juga  5 Alasan Mengapa Inovasi dalam Bisnis itu Penting

Mereka juga memahami pesan yang tak terucapkan dari lawan bicara. Penerapan termasuk memelihara kontak mata, memastikan postur tubuh terbuka, dan menghindari gerakan yang membingungkan atau menyinggung. 

Contoh penerapan: Saat berbicara dengan anggota tim, pemimpin dapat memperlihatkan sikap terbuka dan ramah untuk membangun hubungan yang positif.

  1. Berbicara dengan Singkat, Padat, dan Jelas

Kemampuan untuk berbicara secara ringkas dan jelas memungkinkan pemimpin mengkomunikasikan pesan mereka secara efisien. 

Hal ini penting dalam pertemuan bisnis atau dalam memberikan arahan kepada tim. Pemimpin perlu menghindari penggunaan jargon yang rumit dan menyusun pesan dengan cara yang mudah dipahami oleh semua pihak. 

Contoh penerapan: Saat memimpin pertemuan, seorang pemimpin dapat meringkas poin-poin utama dengan singkat dan menghindari pengulangan berlebihan.

  1. Kemampuan Menulis

Menulis yang baik penting untuk berkomunikasi melalui email, laporan, atau pesan tertulis lainnya. Pemimpin perlu menguasai gaya penulisan yang jelas, padat, dan persuasif. 

Menulis yang efektif membantu menyampaikan informasi dengan jelas dan meminimalkan risiko salah paham. 

Contoh penerapan: Dalam mengirimkan email pengumuman kepada tim, pemimpin dapat menggunakan kalimat yang ringkas tetapi informatif.

  1. Berbicara di Depan Kamera

Di era digital saat ini, kemampuan berbicara di depan kamera menjadi semakin penting karena video menjadi sarana komunikasi yang kuat. 

Pemimpin perlu menguasai keterampilan ini untuk menyampaikan pesan secara efektif melalui presentasi daring, webinar, atau rekaman video. 

Mereka perlu berbicara dengan percaya diri, menjaga kontak mata dengan kamera, dan menghindari mengalihkan perhatian. 

Contoh penerapan: Seorang pemimpin dapat merekam video pesan untuk timnya, menyampaikan arahan, dan memberikan dorongan motivasi.

Penerapan keterampilan ini memerlukan latihan dan kesadaran diri yang berkelanjutan agar lebih efektif dalam berkomunikasi dalam berbagai konteks.

Baca juga  Kenali 8 Teori Kepemimpinan untuk Menjadi Pemimpin Sukses

Selain kelima hal di atas, kualitas komunikasi yang baik dalam dunia kerja juga dipengaruhi oleh kontrol emosi dan manajemen stress.

Dengan menguasai kontrol emosi dan manajemen stres, seorang pemimpin akan lebih mampu menjaga komunikasi yang produktif, saling pengertian, dan menghindari konflik yang tidak perlu di tempat kerja.

Mengapa Seorang Leader Perlu Untuk Memiliki Skill Komunikasi yang Baik?

seorang leader wajib untuk memiliki komunikasi yang baik
Inilah Alasan Mengapa Leader Perlu Skill Komunikasi yang Baik

Kemampuan komunikasi yang efektif menjadi landasan bagi kesuksesan seorang pemimpin. Dalam lingkungan kerja yang kompleks, kualitas komunikasi yang baik menjadi kunci untuk menginspirasi tim, memimpin dengan jelas, dan mencapai tujuan bersama.

Berikut adalah data yang telah kami rangkum untuk menunjukkan seberapa penting skill komunikasi leader untuk keberlangsungan perusahaan:

  • 69% manajer gagal untuk menjalin komunikasi yang terorganisir dengan karyawannya. (Rally Ware)
  • Perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat kehilangan kurang lebih 62,4 juta USD karena komunikasi yang tidak jelas antar karyawan dan manajernya (SHRM)
  • 90% karyawan lebih baik mendengar kabar buruk dibanding tidak ada kabar sama sekali dari atasannya (Jostle)

Berdasarkan tiga data di atas, Anda dapat melihat seberapa pentingnya komunikasi untuk keberlangsungan dan jangka panjang perusahaan serta hubungan di dalamnya.

Melatih Skill Komunikasi dalam Kepemimpinan dengan Leadership Training

Salah satu cara untuk melatih skill komunikasi adalah dengan mengikuti training atau pelatihan
Ilustrasi Meningkatkan Skill Komunikasi dengan Training

Tahukah Anda bahwa skill komunikasi dalam kepemimpinan dapat dilatih melalui program leadership training?

Melatih keterampilan komunikasi dan kepemimpinan melalui Executive Education Program (EEP) dari MarkPlus Institute adalah langkah cerdas bagi individu yang ingin mengembangkan potensi kepemimpinan mereka. 

Program ini dirancang untuk membantu peserta memahami pentingnya komunikasi yang efektif dalam memimpin tim dan organisasi. 

Dengan kombinasi pendekatan praktis dan teoritis, peserta akan belajar bagaimana memahami audiens, menyampaikan pesan dengan jelas, dan mengatasi tantangan komunikasi yang kompleks.

Baca juga  Decision Making, Skill Penting dalam Dunia Bisnis

Program pendidikan eksekutif ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga membantu peserta mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam situasi dunia nyata melalui studi kasus dan simulasi.

Dengan mengikuti Executive Education Program dari MarkPlus Institute, individu dapat mempercepat perkembangan mereka dalam memimpin dan berkomunikasi dengan sukses di dunia kerja yang dinamis. 

Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Executive Education Program dari MarkPlus, silahkan klik artikel Executive Education Program di link berikut ini.

Kemudian jika Anda suka dengan artikel seputar marketing, bisnis, leadership, dan manajemen, simak artikel MarkPlus lainnya di link yang tertera ini.

Tunggu apa lagi? Ayo #PerluasKapasitas bersama MarkPlus Institute!

Share with Your Friends!

Leave a Comment