Soft skill Apa Saja Yang Dibutuhkan Seorang Manajer

By

Iman Fadhilah

| Published

Soft skill apa saja yang dibutuhkan seorang manajer? Diantaranya adalah keterampilan komunikasi, negosiasi, manajemen waktu, resiliensi dan masih banyak lagi.
Ilustrasi Soft Skill Dalam Organisasi

Peran penting manajer dalam suatu organisasi tidak luput dari tanggung jawab yang memerlukan keterampilan teknis dan keterampilan lunak atau soft skill.

Lantas, soft skill apa saja yang dibutuhkan oleh seorang manajer untuk menjalankan tugasnya?

Soft skill singkatnya adalah keterampilan interpersonal seseorang yang mencakup skill dasar yang tidak terkait dengan keterampilan khusus suatu profesi.

Keterampilan lunak ini dapat diaplikasikan ke semua bidang pekerjaan, sehingga keberadaannya sangat penting untuk menunjang kualitas pekerjaan seseorang.

Maka, pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar soft skill apa saja yang perlu dimiliki seorang manajer, mari simak!

Soft skill Apa Saja Yang Dibutuhkan Seorang Manajer?

10 Softskill yang dibutuhkan seorang manajer adalah negosiasi, komunikasi, kerja tim, empati, kemampuan berpikir strategis, dll.
Inilah Beberapa Soft Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Manajer

Jadi, soft skill apa saja yang perlu dipelajari seorang manajer? Berikut adalah 10 soft skill yang sangat dibutuhkan oleh seorang profesional, terutama seorang manajer:

  1. Kemampuan Komunikasi yang Efektif

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas, baik secara lisan maupun tertulis, dan mendengarkan dengan baik sangat penting dalam memimpin tim dan berinteraksi dengan berbagai pihak.

Tanpa adanya kemampuan komunikasi yang baik, risiko terjadinya kesalahan dalam operasional atau proses kerja tim akan semakin besar.

Sehingga kemampuan komunikasi yang efektif adalah esensial saat menjadi manajer di sebuah perusahaan.

  1. Kepemimpinan yang Menginspirasi

Seorang manajer harus dapat menginspirasi, memotivasi, dan mengarahkan timnya menuju tujuan bersama.

Kepemimpinan yang baik memungkinkan anggota tim merasa terdorong untuk mencapai tujuan bersama dan memiliki keyakinan pada visi dan misi yang telah ditetapkan.

  1. Manajemen Waktu yang Baik

Manajer sering memiliki banyak tugas yang harus diatasi. Maka, kemampuan untuk mengatur waktu dengan efisien dan memprioritaskan tugas-tugas yang penting sangatlah krusial.

  1. Problem-Solving Skill

Keterampilan pemecahan masalah melibatkan kemampuan untuk menghadapi tantangan atau masalah yang muncul dalam pekerjaan sehari-hari.

Baca juga  Kenali 8 Teori Kepemimpinan untuk Menjadi Pemimpin Sukses

Skill problem solving juga mencakup kemampuan mengidentifikasi masalah dengan cepat, menganalisis penyebabnya, dan mengembangkan solusi yang efektif.

Manajer yang baik juga harus bisa berpikir kritis dan kreatif dalam mengatasi masalah.

  1. Kemampuan Beradaptasi

Dalam lingkungan bisnis yang dinamis, kemampuan beradaptasi menjadi kunci.

Manajer harus siap untuk menghadapi perubahan dan bisa berinovasi.

Mereka perlu memantau tren dan perkembangan baru dalam industri mereka dan memastikan bahwa organisasi mereka tetap relevan.

  1. Bekerja Dengan Tim

Seorang manajer harus bisa bekerja sama dalam tim, membangun hubungan yang baik dengan anggota tim, dan memfasilitasi kerja sama yang produktif.

Manajer juga perlu memahami peran individu dalam tim dan memastikan bahwa semua orang dapat berkontribusi secara efektif.

  1. Memiliki Empati

Empati adalah kemampuan untuk memahami perasaan, perspektif, dan kebutuhan orang lain.

Dalam konteks sebagai manajer, hal ini membantu menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan mendukung kesejahteraan karyawan.

Manajer yang memiliki empati lebih mungkin untuk memahami perasaan dan kebutuhan tim mereka.

  1. Decision Making Skill

Manajer sering dihadapkan pada situasi di mana mereka harus mengambil keputusan penting.

Kemampuan untuk membuat keputusan yang baik dan cepat adalah keterampilan yang sangat dibutuhkan.

Skill ini melibatkan kemampuan untuk menganalisis informasi yang relevan, mempertimbangkan konsekuensi, dan kemampuan membuat keputusan yang tepat waktu.

  1. Negosiasi

Manajer sering terlibat dalam negosiasi dengan pihak lain, termasuk klien, rekan kerja, dan pemasok.

Kemampuan negosiasi yang baik oleh seorang manajer dapat membantu sebuah perjanjian atau negosiasi mencapai kesepakatan yang menguntungkan.

  1. Kemampuan Berpikir Strategis

Seorang manajer perlu memiliki wawasan strategis untuk mengembangkan rencana jangka panjang dan membuat keputusan yang mendukung visi perusahaan.

Kembangkan Soft skill Anda Sebagai Manajer Lewat Pelatihan Eksekutif

Salah Satu Cara Untuk Meningkatkan Soft Skill Sebagai Pemimpin Adalah Dengan Mengikuti Pelatihan Eksekutif
Ilustrasi Peningkatan Soft Skill Saat Pelatihan Eksekutif

Dalam upaya menjadi seorang manajer yang sukses, terus mengembangkan diri dalam menumbuhkan keterampilan dalam soft skill adalah suatu keharusan. 

Baca juga  Goal Setting Theory Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

Salah satu cara yang efektif untuk mencapai hal ini adalah melalui pelatihan eksekutif yang telah terbukti seperti Executive Education Program dari MarkPlus Institute. 

Program ini dirancang khusus untuk memperluas wawasan dan mempertajam keterampilan manajerial Anda. 

Dengan mengikuti program seperti ini, Anda dapat mengasah kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan manajemen konflik Anda. 

Jangan ragu untuk menjadikan pendidikan eksekutif sebagai langkah terdepan dalam karier manajerial Anda. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang Executive Education Program dari MarkPlus Institute, silakan kunjungi link artikel berikut ini.

Ayo, #PerluasKapasitas bersama MarkPlus Institute!

Share with Your Friends!

Leave a Comment