Pentingnya Konsep CI-CL dan PI-PM dalam Strategi Bisnis

By

Fachri Rizki

| Published

Strategis Bisnis
Strategis Bisnis

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa beberapa perusahaan tumbuh pesat dan sukses, sementara yang lainnya terus berjuang dan bahkan stagnan? Rahasianya terletak pada strategi bisnis yang tepat. 

Strategi bisnis adalah rencana mendalam yang dirancang untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan. Untuk mencapai kesuksesan, perusahaan harus mengembangkan strategi yang tepat.

Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah konsep CI-EL (Creativity, Innovation, Entrepreneurship, and Leadership) dan PI-PM (Productivity, Improvement, Professionalism, and Management) dari MarkPlus, Inc yang berperan penting.

Di artikel kali ini, MarkPlus Institute ingin menjelaskan tentang apa itu strategis bisnis dan bagaimana konsep CI-CL dan PI-PM memengaruhi keseluruhan bisnis. Yuk, simak sekarang!

Definisi Strategi Bisnis

Strategi Bisnis

Strategi bisnis adalah rencana dan langkah-langkah yang dirancang untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan. Dengan kata lain, strategi bisnis adalah panduan yang jelas tentang bagaimana perusahaan akan mencapai visi dan misi mereka. 

Sejatinya, strategi ini melibatkan berbagai hal, seperti analisis pasar, competitor analysis, serta identifikasi keunggulan kompetitif dan poin kelemahan perusahaan. Dengan memiliki strategi bisnis yang jelas, perusahaan dapat memprioritaskan sumber daya dan fokus pada inisiatif yang memberikan dampak terbaik.

Tujuan Strategi Bisnis

Secara umum, tujuan dari strategi bisnis adalah menciptakan nilai tambah bagi perusahaan dan mencapai keunggulan bersaing di pasar. Adapun beberapa tujuannya adalah:

1. Menetapkan visi dan arah jangka panjang perusahaan.

2. Mengidentifikasi peluang pasar dan ancaman dari pesaing.

3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional bisnis.

Baca juga  Contoh Strategi Pemasaran dari Apple yang Terbukti Efektif!

4. Memaksimalkan penggunaan sumber daya yang terbatas.

5. Mengarahkan inovasi dan pengembangan setiap produk.

6. Memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan value yang diinginkan.

7. Mengoptimalkan keuntungan dan pertumbuhan perusahaan.

Konsep CIEl & PIPM dalam Strategi Bisnis

CI-EL (Creativity, Innovation, Entrepreneurship, and Leadership) dan PI-PM (Productivity, Improvement, Professionalism, and Management) merupakan konsep yang digagas oleh MarkPlus, Inc. untuk menggabungkan konsep hard skill dan soft skill seorang marketer dalam mengembangkan strategi bisnisnya. 

Intinya, hard skill dan soft skill merupakan dua hal yang tak bisa dipisahkan dan harus digunakan secara bersamaan untuk melengkapi kompetensi seorang marketer. Berikut adalah penjelasan mengenai konsep CI-EL dan PI-PM, yaitu:

1. Creativity

Kreativitas melibatkan kemampuan untuk berpikir secara out-of-the-box, menghasilkan gagasan baru, dan menciptakan solusi yang unik. Dalam strategi bisnis, kreativitas dapat mendorong inovasi dan pengembangan produk baru, serta membantu perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar yang cepat.

2. Innovation

Inovasi adalah tentang menerapkan gagasan kreatif menjadi solusi praktis yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Perusahaan yang inovatif cenderung memiliki produk atau layanan yang lebih menarik dan relevan dengan pasar, sehingga dapat memenangkan persaingan dengan pesaing.

3. Entrepreneurship

Kewirausahaan melibatkan sikap proaktif dan risiko dalam menjalankan bisnis. Seorang marketer berani mengambil peluang, menciptakan nilai, dan mengatasi tantangan. Dalam strategi bisnis, kewirausahaan dapat menginspirasi perusahaan untuk terus mencari peluang baru dan menjadi pemimpin dalam industri mereka.

4. Leadership

Kepemimpinan adalah kualitas yang dibutuhkan untuk mengarahkan tim, mengambil keputusan strategis, dan mempengaruhi orang lain untuk mencapai visi dan tujuan perusahaan. Dalam strategi bisnis, kepemimpinan yang kuat dapat memotivasi anggota tim, meningkatkan produktivitas, dan membangun budaya perusahaan yang positif.

Baca juga  Participative Leadership: Pengertian, Prinsip, dan Contoh Penerapannya

Sementara itu, konsep PI-PM (Productivity, Improvement, Professionalism, and Management) merupakan landasan penting untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan dan mencapai dampak yang menguntungkan. Empat elemen utama dalam PI-PM adalah sebagai berikut:

1. Productivity

Produktivitas adalah tentang efisiensi dan efektivitas dalam menghasilkan output atau layanan. Dalam strategi bisnis, meningkatkan produktivitas memungkinkan perusahaan untuk mencapai lebih banyak dengan sumber daya yang terbatas.

2. Improvement 

Peningkatan melibatkan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan proses, kualitas, dan kinerja. Dalam strategi bisnis, peningkatan terus-menerus dapat membantu perusahaan untuk tetap kompetitif dan relevan di pasar yang berubah.

3. Professionalism

Profesionalisme adalah tentang menjalankan bisnis dengan integritas, etika, dan kualitas tinggi. Dalam strategi bisnis, profesionalisme menciptakan kepercayaan pelanggan dan membangun reputasi yang baik bagi perusahaan.

4. Management

Manajemen melibatkan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam strategi bisnis, manajemen yang efektif memastikan bahwa sumber daya perusahaan digunakan secara optimal dan tujuan bisnis tercapai dengan sukses.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, strategi bisnis adalah kunci kesuksesan dalam dunia bisnis yang kompetitif. Dengan mengembangkan strategi yang tepat, perusahaan dapat mencapai keunggulan bersaing dan dampak yang menguntungkan. 

Konsep CI-CL dan PI-PM yang diusung oleh MarkPlus, Inc membantu perusahaan untuk menjadi produktif dan kreatif, serta berkembang yang dibarengi dengan inovasi. Kemudian, profesionalitas juga perlu dibarengi dengan entrepreneurship, agar menghasilkan SDM yang siap menghadapi tantangan, dan kemampuan manajemen harus dibarengi dengan kemampuan memimpin.

Apabila Anda masih ingin eksplor wawasan baru terkait dunia bisnis, saatnya kunjungi Blog MarkPlus Institute. Di sini, Anda bisa mendapatkan berbagai insight baru untuk perluas kapasitas. Yuk, tumbuh dan berkembang bersama MarkPlus Institute!

Share with Your Friends!
Avatar for Fachri Rizki
SEO Content Writer at MarkPlus Institute

Leave a Comment