Kamu yang sudah menggunakan Digital Marketing, sudahkah kamu berpikir tentang bagaimana membawa strategi Digital Marketing kamu ke level selanjutnya? Kalau kamu ingin mencapai marketing ke level selanjutnya, pemasaran konten atau content marketing bisa menjadi metode yang efisien untuk mencapai tujuan ini!

Proses content marketing mampu menarik dan melibatkan audiens yang sudah kamu targetkan, dengan investasi pemasaran dengan biaya yang rendah. Content marketing memungkinkan untuk menciptakan lingkungan yang imersif bagi pelanggan potensial untuk mengetahui bagaimana produk atau layanan kamu akan menyelesaikan masalah mereka atau mewujudkan keinginan mereka. Dengan menerapkan strategi ini, kamu dapat mengarahkan klien untuk mengambil keputusan pembelian produk kamu.

Nah karena itu, artikel ini akan membahas tentang apa itu content marketing, manfaatnya, serta strategi yang bisa kamu gunakan. Yuk disimak!

Apa itu Content Marketing

Content marketing adalah sebuah pendekatan strategis dalam marketing, yang secara konsisten dilakukan dengan membuat dan menerbitkan konten relevan yang ingin dikonsumsi audiens target kamu. Upaya content marketing termasuk dalam proses perencanaan, membuat, mendistribusikan, berbagi, dan menerbitkan konten melalui saluran seperti media sosial, blog, situs web, podcast, aplikasi, siaran pers, publikasi cetak, dan lainnya.  Tujuannya adalah untuk melibatkan, menjangkau, mengonversi pelanggan baru, meningkatkan kesadaran merek, dan meningkatkan loyalitas pelanggan, dengan bertindak sebagai penerbit dan menyediakan konten di platform yang kamu miliki, seperti misal situs web yang kamu miliki.

Pada intinya, content marketing adalah sebuah peluang bisnis untuk pertumbuhan merek kamu. Content marketing berbeda dari iklan karena content marketing dapat memberikan Return of Investments (ROI) dan nilai bisnis dalam jangka panjang. Dalam lingkungan bisnis yang menantang saat ini, banyak perusahaan beralih ke content marketing sebagai strategi pemasaran yang digemari.

Content marketing berfokus pada penciptaan dan peningkatan kehadiran bisnis dalam misalnya hasil pencarian organik dengan memanfaatkan SEO dan wawasan konten (content insights). Pendekatan ini selaras dengan kebutuhan pelanggan dan dapat mendorong hasil yang terukur. Namun, content marketing yang sukses membutuhkan strategi konten yang dijalankan dengan baik.

Mengapa Content Marketing Penting

Menurut data, content marketing adalah strategi yang sangat efektif yang memberi bisnis keunggulan kompetitif. Misalnya, perusahaan dengan blog menerima prospek 67% lebih banyak dibandingkan perusahaan tanpa blog. Selain itu, 72% pemasar B2B mengatakan content marketing meningkatkan keterlibatan dan perolehan prospek, sementara 88% konsumen memuji video marketing karena mendorong mereka membeli sebuah produk atau layanan.

Content marketing karena itu menawarkan beberapa keuntungan bagi bisnis, termasuk meningkatkan visibilitas brand kamu secara online, menghasilkan prospek, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan membangun otoritas merek kamu.

Dengan meningkatkan visibilitas merek kamu secara online, strategi konten yang tepat dapat membantu kamu menarik lebih banyak pelanggan dan pengunjung situs web, terutama ketika orang terus mencari solusi untuk masalah mereka. Menawarkan konten yang mendidik dan informatif tentang topik yang mereka minati dapat membantu kamu meningkatkan visibilitas online misal melalui situs web atau akun media sosial kamu.

Baca juga  Viral Marketing: Tren Baru Dunia Pemasaran

Content marketing juga dapat menghasilkan lebih banyak prospek (leads). Kamu dapat meningkatkan prospek saat content marketing digunakan untuk mengarahkan traffic situs kamu. Karena mendidik pelanggan membangun kepercayaan pelanggan dan dapat membantu mereka merasa lebih nyaman membeli dari produk dari bisnis kamu, maka kamu dapat menghasilkan lebih banyak prospek dan mulai mengembangkan hubungan yang baik dengan calon pembeli.

Content marketing juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan sangat penting dalam pemasaran dan bisnis karena semakin setia pelanggan kamu, semakin banyak pembelian berulang yang akan mereka lakukan. Menawarkan konten yang menginformasikan konsumen dapat membantu mereka mulai membangun kepercayaan dengan merek kamu dan kemudian melihat kamu sebagai pemimpin gagasan bisnis yang baik (konsep thought leadership)

Terakhir, content marketing juga tentu dapat meningkatkan otoritas merek kamu, khususnya soal meningkatkan thought leadership merek kamu yang kamu miliki. Mengembangkan konten sangat ideal untuk meningkatkan otoritas merek dan menjadi thought leader dalam industri kamu. Konten tidak hanya membantu Anda membangun kepercayaan tersebut, tetapi juga dapat memposisikan merek kamu sebagai yang paling berwibawa/berotoritas pada topik tertentu.

Content marketing adalah alat yang ampuh bagi bisnis untuk menjangkau audiens mereka dan mencapai tujuan pemasaran mereka. Ada berbagai jenis content marketing yang dapat digunakan perusahaan untuk membuat dan mempromosikan konten mereka secara efektif. Jenis content marketing yang paling umum adalah content marketing online, content marketing media sosial, content marketing infografis, content marketing blog, content marketing podcast, content marketing video, dan content marketing iklan berbayar.

Jenis-Jenis Content Marketing

Ada banyak jenis content marketing yang dapat kamu pilih, nah karena itu Berikut ini adalah beberapanya yang paling umum:

Content Marketing Online

Content marketing online mencakup materi apa pun yang diterbitkan perusahaan secara online, terutama di halaman webnya. Strategi ini membantu meningkatkan peringkat perusahaan di halaman hasil mesin pencari (SERP), yang meningkatkan visibilitas merek ke audiens target. Misalnya, beranda HubSpot adalah contoh yang sangat baik dalam melibatkan pengunjung dengan konten khusus tentang produknya.

Content Marketing Media Sosial

Content marketing media sosial adalah jenis content marketing lain yang semakin populer. Dengan lebih dari 4,2 miliar pengguna media sosial global, bisnis dapat memanfaatkan berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Pinterest, LinkedIn, Snapchat, dan lainnya. Platform ini memberi bisnis beberapa cara untuk membuat dan berbagi konten, seperti foto, video langsung, video pra-rekaman, dan cerita.

Content Marketing Infografis

Content marketing infografis adalah cara unik untuk menampilkan konten, informasi, dan data dalam format grafik yang mudah dipahami. Dengan campuran kata-kata sederhana, pernyataan singkat, dan gambar yang jelas, infografis adalah cara terbaik untuk mengomunikasikan konten secara efektif. Mereka bekerja dengan baik ketika mencoba menyaring topik pendidikan dan / atau kompleks sehingga semua penonton dapat memahaminya.

Baca juga  5 Fungsi Spesial ChatGPT (AI) untuk Pemasaran

Content Marketing Blog

Content marketing blog adalah jenis konten inbound yang kuat yang memungkinkan bisnis mempromosikan konten internal dan eksternal lainnya dan artikel blog melalui tautan, menambahkan tombol berbagi sosial, dan menggabungkan informasi produk. Ini adalah cara terbaik untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web dan membangun hubungan yang kuat dengan audiens.

Content Marketing Podcast

Content marketing podcast menjadi semakin populer dengan lebih dari 60 juta orang mendengarkan podcast di platform Spotify dan Apple Podcasts. Bisnis dan outlet media telah mulai membuat dan membagikan podcast mereka sendiri, yang menawarkan banyak kreativitas dalam hal topik, irama episode, siapa yang ada di podcast, di mana mengiklankan podcast, dan berapa lama episodenya.

Content Marketing Video

Content marketing video juga menjadi semakin populer, dengan 73% konsumen mengatakan bahwa mereka lebih suka mempelajari produk atau layanan merek melalui video, menurut penelitian Wyzowl. Pemasaran video dapat meningkatkan konversi, meningkatkan ROI, dan membantu bisnis membangun hubungan dengan audiens mereka. Video dapat dibagikan di platform media sosial, halaman arahan, atau situs web pemasar bersama.

Content Marketing Iklan Berbayar

Content marketing iklan berbayar adalah strategi lain yang dapat membantu perusahaan menjangkau khalayak luas dan memposisikan diri mereka di semua tempat yang ingin mereka lihat. Ini sangat bermanfaat ketika dipasangkan dengan pemasaran masuk. Iklan berbayar dapat dibagikan di media sosial, halaman arahan, spanduk, dan konten bersponsor. Dengan menggunakan berbagai jenis content marketing, bisnis dapat membuat dan mempromosikan konten mereka secara efektif untuk menjangkau audiens target mereka dan mencapai tujuan pemasaran mereka.

Strategi Memulai Content Marketing untuk Pemula

Content marketing bisa jadi cukup memusingkan jika kamu baru pertama kali menerapkannya. Tapi, kamu bisa dapat memanfaatkan content marketing jika kamu bisa paham beberapa langkah penting.

Pertama adalah mengidentifikasi target audiens kamu dengan memahami prioritas, tantangan, dan preferensi mereka. Setelah Anda memiliki gagasan yang jelas tentang untuk siapa kamu menulis atau membuat konten tersebut, pilih 1 atau 2 segmen target dimana kamu bisa sesuaikan dengan konten yang akan kamu tulis.

Selanjutnya, tentukan format yang tepat untuk konten Anda. Pertimbangkan pada tahap apa dari seluruh siklus penjualan kamu, dimana dengan membuat konten tersebut bisa paling menunjukkan nilai dari merek dan pesan yang ingin kamu sampaikan. Kualitas adalah kuncinya, jadi pilihlah sumber daya yang tepat, internal atau eksternal, untuk membuat konten kamu. Terlepas dari siapa yang membuatnya, tetap check and recheck setiap konten yang akan kamu publikasi.

Ketiga, tentukan bagaimana kamu akan mendistribusikan konten Anda. Mulailah dengan mengidentifikasi di mana kemungkinan audiens target kamu berada, dan pilihlah format yang masuk akal untuk setiap platform. Misalnya, sebuah artikel cocok untuk dikirim melalui email, dimana infografis lebih cocok dipublikasi di media sosial

Keempat, buatlah rencana jangka pendek – misal, 3-6 bulan – untuk content marketing kamu yang berkelanjutan berdasarkan anggaran dan sumber daya yang kamu miliki. Catat berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk membuat setiap konten sehingga kamu dapat memasukkan waktu tersebut ke dalam jadwal Anda.

Baca juga  Simple Marketing Plan Template

Terakhir, ikuti praktik terbaik untuk membuat konten yang menarik. Tulis dengan jelas tanpa menggunakan jargon yang hanya diketahui oleh kamu dan teman-teman kamu. Sertakan saran cara mendetail dan buat konten yang singkat, relevan, dan dapat ditindaklanjuti.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu akan dapat membuat kampanye content marketing yang sukses, yang juga dapat dikelola dan berkelanjutan.

Beberapa Contoh Content Marketing

Content marketing dapat mengambil berbagai bentuk, seperti blogging, video, konten visual, dan konten media sosial, dimana keempat hal tersebut diterapkan oleh beberapa brand.

Blog HubSpot adalah contoh yang sangat baik tentang bagaimana blogging bisa menjadi strategi content marketing yang efektif. Blog HubSpot terkenal dengan posting blognya yang mendalam dan bermanfaat tentang berbagai topik. Perusahaan juga menggunakan pemasaran video media sosial untuk menarik perhatian ke blognya yang berkembang.

Hootsuite telah menggunakan konten pemasaran video hebat yang menggabungkan budaya pop dengan kisah mereknya. Pemasaran video perusahaan memainkan apa yang populer saat ini, menunjukkan bahwa perusahaannya selaras dengan waktu. Misalnya, Hootsuite membuat video pemasaran klasik yang memainkan popularitas seri TV Game of Thrones buatan HBO dengan baik dan menarik. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk menunjukkan kepintaran, humor, dan penguasaan perusahaan dalam membuat hubungan yang langgeng dengan audiensnya.

Shutterstock menggunakan gambar yang indah dan dinamis, menjadikan konten pemasaran visualnya salah satu yang terbaik di web. Infografis tren kreatifnya adalah contoh yang sangat baik tentang betapa memesona dan menariknya konten visual. Infografis interaktif perusahaan dari tahun 2022 menghasilkan puluhan ribu pembagian media sosial dan kunjungan ke situs web Shutterstock, menunjukkan seberapa efektif konten visual dalam content marketing.

General Electric (GE) menggunakan akun Instagramnya sebagai contoh content marketing media sosial yang dilakukan dengan benar. GE menggunakan peralatan rumah tangga, yang tidak terlalu menarik sebagai topik, dan menghidupkannya dengan cara baru yang menarik. Perusahaan memanfaatkan citra yang menarik dan seimbang untuk membangkitkan minat dan telah berhasil dalam pemasaran influencer dengan mengundang Insta-influencer dan penggemar super perusahaan untuk mengunjungi fasilitas mereka dan membuat konten mereka sendiri tentang pengalaman tersebut. Langkah ini memenangkan perusahaan beberapa ribu pengikut baru dan jutaan tampilan untuk akun Instagram mereka.

Contoh-contoh ini menunjukkan bagaimana pemikiran kreatif dan memanfaatkan apa yang disukai audiens mereka dapat membantu tim content marketing mencapai tujuan mereka.

Kesimpulan

Nah sudah paham kan sekarang tentang content marketing? Content marketing yang sukses membutuhkan strategi konten yang dijalankan dengan baik. Content marketing juga telah menjadi strategi pemasaran yang efektif dan populer yang menawarkan keunggulan kompetitif dan dapat membantu mengembangkan merek kamu. Kalau kamu bisa memanfaatkan content marketing ini dengan baik, kamu bisa menyentuh seluruh segmen secara online dengan baik dan kemudian meningkatkan brand awareness merek kamu.

Ingin belajar content marketing lebih detail? Yuk belajar content marketing di MarkPlus Institute!

Share with Your Friends!
Avatar for Defantra Ramadhan
Research and Development at MarkPlus

Leave a Comment