Seiring waktu, kita mungkin telah melihat beberapa platform media sosial mengalami fluktuasi dalam popularitasnya. Namun, Facebook bisa dibilang secara konsisten mempertahankan dominasinya. Dengan hampir 3 miliar pengguna menggunakannya setiap bulan, Facebook adalah jaringan media sosial yang paling banyak digunakan. Fakta ini tentu menghadirkan peluang bagus bagi bisnis kamu untuk membangun kehadiran bisnis kamu di platform media sosial itu. Namun, untuk menjadi sukses, kamu tentu harus tahu cara mengembangkan pemasaran di Facebook yang efektif.

Nah pada artikel ini kita akan membahas sama-sama mengenai bagaimana sih pendekatan pemasaran Facebook yang harus kamu lakukan, serta cara memulainya! Yuk kita ikuti sama-sama!

Apa itu Facebook Marketing?

Pemasaran Facebook atau Facebook marketing, melibatkan promosi bisnis dan produk/layanan sebuah bisnis melalui halaman bisnis di Facebook. Halaman Facebook yang dioptimalkan sepenuhnya bahkan dapat bertindak sebagai situs web kedua, memungkinkan merek kamu melakukan penjualan langsung di platform tersebut. Jika dibandingkan platform lain yang lebih baru seperti Instagram dan TikTok, dimana platform tersebut menunjukan popularitas dalam potensi viral yang lebih besar, nyatanya Facebook masih menjadi platform melakukan bisnis yang dapat diandalkan. Selain itu, iklannya di platform Facebook sendiri dianggap sebagai salah satu yang paling canggih. Dengan hanya tinggal membuat berbagai jenis postingan Facebook, mendirikan toko, dan mengiklankan produk dan layanan kepada audiens target, bisnis dapat memanfaatkan potensi pertumbuhan Facebook.

Cara Membuka Halaman Bisnis di Facebook

Membuat halaman bisnis di Facebook pun adalah proses yang sangat mudah. Cukup masuk ke akun pribadi kamu di Facebook.com, klik ikon menu di bilah navigasi atas, pilih “Halaman” di bawah menu Buat, dan masukkan informasi bisnis kamu. Sesuaikan halaman dengan memberi merek dengan logo kamu, foto sampul, dan informasi terkait lainnya. Dengan menyiapkan halaman kamu, kamu pun dapat mulai membuat strategi pemasaran Facebook dan memanfaatkan fitur platform untuk menjangkau audiens target yang kamu miliki.

Strategi Facebook Marketing

Nah kamu sudah mengerti kan apa itu Facebook Marketing? Ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti!

Tetapkan Tujuan Facebook Marketing Kamu!

Untuk mengembangkan strategi pemasaran Facebook yang sukses, langkah pertama adalah menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas. Sasaran ini berfungsi sebagai titik referensi untuk mengukur efektivitas upaya pemasaran kamu. Facebook tetap menjadi platform populer bagi pemasar dan konsumen, dengan 65% pemasar dan 71% konsumen berencana menggunakannya dalam 12 bulan ke depan, menurut riset Sprout Social Index 2022.

Baca juga  5 Langkah Pemasaran Strategis untuk Capai Tujuan Bisnis

Beberapa sasaran pemasaran yang bisa kamu lakukan untuk pemasaran Facebook kamu seperti untuk meningkatkan kualitas penjualan kamu, memberikan nilai tambah bagi bisnis kamu dengan mengembangkan konsumen kamu, mendapatkan wawasan tentang industri yang terkait bisnis kamu, untuk memudahkan perekrutan bagi bisnis kamu, untuk memantau pertumbuhan yang lebih efektif, dan juga melacak kemajuan bisnis kamu. Dengan membuat strategi pemasaran Facebook yang terencana dengan baik, kamu dapat menargetkan audiens secara lebih efektif dan membina hubungan dengan pelanggan kamu. Media sosial seperti Facebook ini dapat membantu melacak percakapan tentang pesaing dan industri kamu, dan pada akhirnya kamu bisa menerapkan sasaran realistis yang menjadi tujuan pemasaran kamu.

Pahami Audiens Facebook Kamu

Memahami siapa yang ada di Facebook dan detail audiens target kamu sangat penting dalam menentukan strategi pemasaran Facebook mana yang akan diterapkan dan bagaimana melakukannya. Melihat demografi media sosial adalah titik awal yang baik untuk mendapatkan gambaran keseluruhan tentang siapa yang menggunakan platform OMO dan bagaimana mereka menggunakannya. Setelah kamu mempelajarinya, kamu dapat meluangkan waktu untuk membiasakan diri dengan demografi Facebook bisnis kamu sendiri. Mengetahui audiens Facebook akan membantu kamu memahami jenis konten yang tepat untuk dipublikasikan, yang akan menghasilkan keterlibatan paling banyak dan beresonansi terbaik dengan pengikut kamu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterlibatan (engagement) dan pada akhirnya dikonversi menjadi penjualan.

Melakukan Mix Konten Facebook

Membuat umpan Facebook yang bervariasi dan menarik sangat penting untuk menjangkau dan mempertahankan pengikut kamu. Untuk melakukan ini, kamu perlu menerbitkan campuran konten yang membuat umpan kamu tidak dapat diprediksi dan membosankan. Ada berbagai jenis konten yang dapat kamu tambahkan ke postingan Anda, misalnya, mengizinkan pengikut kamu untuk mengirimi kamu pesan langsung melalui WhatsApp atau Facebook Messenger, menandai produk di foto kamu agar mudah dibeli, membuat konten lucu dengan GIF, dan atau bahkan mendukung organisasi amal lokal melalui fitur “penggalangan dana”. Membuat kalender media sosial yang lengkap akan membantu kamu menyeimbangkan berbagai jenis konten yang kamu buat. Penting untuk menyertakan jenis konten yang dapat membantu keuntungan Anda, seperti video, gambar, cerita, dan live streaming. Dengan memublikasikan campuran konten yang menarik dan beragam, kamu bisa meningkatkan engagement dan pada akhirnya mendorong penjualan.

Tentukan Waktu Post Facebook yang Tepat!

Facebook dapat menjadi tantangan bagi bisnis karena konten dan algoritma organiknya, terlepas dari fakta bahwa 87% konsumen ada di platform tersebut. Menemukan waktu terbaik untuk memposting kemudian menjadi sangat penting. Meskipun hanya sebagian kecil dari pengikut Facebook kamu yang dapat melihat konten Anda, memahami kapan audiens spesifik kamu sedang online dapat membantu. Menurut studi 30.000 postingan Facebook dari Hootsuite, waktu terbaik untuk memposting di Facebook adalah antara jam 8 pagi hingga tengah hari pada hari Selasa dan Kamis. Namun, penting untuk menyesuaikan zona waktu audiens kamu, dimana setiap wilayah memiliki zona waktunya masing-masing, khususnya di Indonesia

Baca juga  Pentingnya Meningkatkan Produktivitas Kerja bagi Perusahaan

Aktif Berkomunikasi dengan Pelanggan Kamu

Inti dari media sosial adalah komunikasi, berbagi, dan diskusi. Ini juga tentu berlaku untuk Facebook. Merek harus terlibat secara aktif dengan pengikutnya dan tidak mengabaikan pentingnya membangun komunitas di platform. Facebook dapat digunakan untuk mengadakan diskusi atau obrolan, baik dengan pelanggan atau audiens yang berbeda. Merek dapat mendorong keterlibatan dengan meminta audiens mereka untuk berinteraksi, tetapi mereka tidak boleh hanya duduk dan menunggu pelanggan yang melakukan interaksi terlebih dahulu. Bath & Body Works adalah contoh brand yang merespon komentar bahkan memberikan rekomendasi produk di Facebook. Merek harus membuat konten yang menarik keterlibatan dari audiens mereka dengan meminta mereka untuk memilih, menjawab pertanyaan, atau berpartisipasi dalam jajak pendapat. Melalui metode ini, merek dapat membangun komunitas yang terlibat di Facebook.

Menentukan Strategi Facebook Ads

Tips ini khusus berguna untuk kamu yang menggunakan Facebook Ads. Untuk bisa beriklan secara efektif di Facebook, penting untuk memiliki strategi iklan Facebook yang terencana dengan baik. Ini termasuk melibatkan penentuan anggaran iklan bulanan kamu dan memastikan bahwa iklan kamu hemat biaya dan relevan. Untuk melakukannya, kamu perlu membuat audiens khusus berdasarkan perilaku dan minat pengguna, serta audiens serupa berdasarkan pengunjung situs web kamu jika ada. Kamu juga harus mendesain aset materi iklan kamu dengan hati-hati, menggunakan foto produk, gambar bermerek, atau video untuk menarik perhatian audiens mu.

Menjaga konten iklan Facebook tetap segar dan memperbarui serta menggunakan kembali konten iklan kamu secara teratur adalah hal yang sangat penting. Ini dapat membantu menghindari kejenuhan iklan dan memastikan bahwa konten kamu tetap relevan dan menarik bagi audiens target kamu. Untuk mengukur keberhasilan iklan Facebook kamu, kamu harus melacak metrik utama seperti rasio klik-tayang, tayangan, dan biaya perolehan – click-through rate, impressions, dan cost to acquire.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu kemudian dapat membuat strategi iklan Facebook yang efektif untuk membantu bisnis kamu menjangkau audiens yang lebih besar, menghasilkan lebih banyak penjualan, dan membangun kesadaran merek kamu.

Baca juga  SEO dan SEM: Apa Perbedaan dan Manfaatnya bagi Bisnis?

Lacak dan Analisis Hasil Marketing Kamu

Langkah terakhir dari strategi pemasaran Facebook kamu adalah memantau dan menganalisis metrik yang kamu buat sebelumnya saat menetapkan tujuan awal pemasaran kamu. Ini melibatkan perhitungan “Pengembalian investasi” atau ROI kamu. Kamu dapat terus mencermati apakah kinerja Marketing Facebook kamu meningkat atau menurun setiap kurun waktu tertentu. Dengan demikian, kamu dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk menciptakan strategi pemasaran Facebook yang efektif. Dengan mengawasi kinerja Facebook kamu, kamu kemudian bisa melakukan penyesuaian seperlunya untuk memastikan upaya pemasaran kamu di Facebook berhasil.

Opsi Tambahan: Menambahkan Fitur Verified dan Facebook Ads

Tahukah kamu tentang logo centang biru yang biasa kamu lihat di media sosial? Nah itu namanya adalah tanda bahwa akun kamu sudah terverifikasi, atau dengan kata lain, sudah “verified”. Mendapatkan verifikasi di Facebook adalah pilihan yang tidak diperlukan, namun bisa membantu bisnis kamu, mirip seperti banyak merek-merek terkenal. Tanda verified menunjukkan bahwa Facebook telah memeriksa keaslian orang atau merek tersebut, sehingga dapat membangun kepercayaan pengguna (ini penting karena masih banyak orang juga yang tidak mempercayai jual beli di Facebook bila tidak terverifikasi). Secara teknis, proses untuk mendapatkan verifikasi cukup mudah dengan mengisi formulir, namun Facebook hanya memverifikasi profil dan Halaman milik bisnis atau tokoh masyarakat terkenal. Meskipun verifikasi profil pribadi mungkin sulit, namun bisnis dari segala ukuran dapat dengan mudah diverifikasi, terutama jika memiliki lokasi fisik. Yang penting adalah memastikan bahwa tautan yang digunakan sebagai bukti identitas merupakan konten independen dan bukan konten promosi, berasal dari sumber yang berkualitas.

Selain itu, ada lagi opsi tambahan yang bisa kamu gunakan, yakni menggunakan fitur Facebook Ads atau iklan Facebook. Kamu disarankan untuk membuka akun iklan Facebook, meskipun kamu tidak berencana untuk menggunakannya secara langsung. Setelah membuat Halaman bisnis, buka Pengelola Iklan Facebook dan tambahkan akun iklan Facebook yang sudah ada atau buat yang baru. Dari sana, kamu dapat memulai kampanye otomatis, membuat kampanye dari awal, atau mempromosikan konten halaman bisnis kamu, untuk meningkatkan jangkauan dan pertumbuhan bisnis mu di platform itu.

Kesimpulan

Nah sudah paham kan tentang pemasaran Facebook atau Facebook Marketing? Platform ini bisa kamu manfaatkan untuk bisnis kamu. Dengan memanfaatkan platform Facebook dimana jumlah penggunanya sangat banyak dan stabil, tentu akan menjadi potensi platform pemasaran yang besar untuk bisnis kamu. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

Share with Your Friends!
Avatar for Defantra Ramadhan
Research and Development at MarkPlus

Leave a Comment