Strategi pemasaran digital di era globalisasi berperan krusial dalam mengembangkan bisnis dengan meningkatkan dan memperkuat keterlibatan pelanggan perusahaan di arena online yang paling kompetitif saat ini. 

Sederhananya, strategi pemasaran digital adalah pendekatan dan taktik yang digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan bisnis, membangun merek, menari atensi konsumen, dan meningkatkan penjualan dengan menggunakan sumber daya online.

Beberapa contoh strategi pemasaran digital yang sering digunakan banyak perusahaan masa kini, yaitu mulai dari optimasi mesin pencari (Search Engine Optimization), pengiklanan berbayar per klik (Pay Per Click), hingga optimasi media sosial untuk meningkatkan kehadiran online.

Agar lebih jelas mengenai apa itu strategi pemasaran digital, kali ini MarkPlus Institute ingin membahasnya secara lengkap. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Apa Itu Strategi Pemasaran Digital?

Singkatnya, strategi pemasaran digital adalah salah satu taktik pemasaran yang memanfaatkan penggunaan sumber daya online untuk mencapai target audiens. Di dalam strategi ini, terdapat berbagai media sebagai saluran komunikasi. Mulai dari owned media, paid media, hingga earned media.

Perusahaan harus bisa mempertimbangkan ketiga media tersebut dalam merancang strategi pemasaran digital. Sebab, strategi pemasaran digital yang efektik adalah taktik yang menggunakan kombinasi dari ketiga media tersebut untuk mencapai tujuan bisnis.

Apa Saja Strategi Pemasaran Digital?

Berikut ada 9 jenis strategi pemasaran digital yang wajib Anda coba untuk mempromosikan bisnis ke khalayak luas. Di antaranya:

Baca juga  Facebook Marketing: Strategi dan Tips untuk Bisnis Kamu!

1. Content Marketing 

Pertama, contoh strategi pemasaran digital adalah content marketing. Strategi ini berfokus pada memberikan konten yang engaging untuk menarik perhatian khalayak ramai. Misalnya, konten seperti blog, landing page, video, podcast, infografis, white paper, e-Book, studi kasus, dan lainnya. 

Content marketing bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan loyalitas merek, dan mengonversi serta mengasah prospek. Melalui content marketing, perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, meningkatkan efektivitas SEO situs web, dan meningkatkan citra merek.

2. SEO (Search Engine Optimization

Jika Anda ingin meningkatkan jumlah traffic situs web dan mencapai peringkat tinggi di mesin pencari, maka Search Engine Optimization adalah strategi pemasaran digital yang tepat. Dalam strategi ini mencakup berbagai taktik, seperti menciptakan konten berkualitas tinggi hingga mengoptimalkan konten berdasarkan kata kunci.

Salah satu contoh strategi pemasaran digital SEO ini memiliki dampak positif bagi perusahaan, yaitu bertujuan untuk mendatangkan pengunjung yang tepat secara organik untuk menghasilkan lebih banyak prospek dan penjualan.

3. Social Media Marketing 

Social media marketing adalah salah satu contoh strategi pemasaran digital yang bisa Anda terapkan untuk bisnis. Dalam taktik ini, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram untuk mempromosikan konten, produk, atau layanan Anda.

Di sisi lain, social media marketing juga membantu perusahaan dalam membangun brand awareness dan visibilitas, mendapatkan pengikut baru, berinteraksi dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan, serta mengarahkan traffic ke situs web Anda. 

4. Email Marketing 

Jangan lupa untuk manfaatkan strategi pemasaran digital yang satu ini, email marketing. Dengan begitu, Anda bisa mengirimkan email promosi dan informasi untuk membangun hubungan dengan audiens hingga mengubah prospek menjadi pembeli. Dalam email marketing, Anda bisa menawarkan promo eksklusif, informasi terkait produk baru, atau infografis tentang produk-produk Anda.

Baca juga  5 Manfaat Email Marketing untuk bisnis kalian!

5. PPC (Pay-Per-Click) Advertising 

Selanjutnya, ada PPC Advertising atau Pay-Per-Click yang merupakan contoh strategi pemasaran digital yang seringkali dimanfaatkan banyak bisnis saat ini. PPC memungkinkan Anda mempromosikan produk Google Ads, Bing Ads, atau mesin pencari lainnya. 

Contoh strategi pemasaran digital ini cukup efektif untuk menjangkau orang-orang yang mencari kata kunci terkait dengan bisnis Anda. Dengan PPC, Anda dapat mengarahkan mereka ke landing page yang dirancang khusus untuk mendorong kegiatan pembelian.

6. Video Marketing 

Video marketing adalah strategi pemasaran digital yang menggunakan video untuk mempromosikan berbagai produk suatu bisnis. Video yang dimaksud bisa mencakup demo produk, testimoni konsumen, atau video tutorial. 

Strategi video marketing sangat membantu bisnis dalam meningkatkan tingkat konversi, meningkatkan hubungan merek dengan audiens, hingga meningkatkan pendapatan penjualan. Apakah Anda tertarik mencobanya?

7. Influencer Marketing 

Dalam menggunakan strategi pemasaran digital, jangan lupa untuk libatkan influencer marketing. Pasalnya, para influencer ini dapat digunakan untuk mempengaruhi gaya hidup dan preferensi pembelian pengikut mereka, yang mana sangat bagus untuk mempromosikan produk Anda.

Dalam strategi ini, perusahaan mencari influencer yang cocok dengan industrinya. Kemudian, melakukan pembayaran untuk mempromosikan produk. Strategi ini cukup terbilang efektif dalam menarik perhatian target audiens dan meningkatkan pendapatan penjualan.

8. Chatbot dan Live Chat Marketing 

Chatbot dan live chat marketing merupakan salah satu contoh strategi pemasaran digital yang banyak digunakan perusahaan masa kini. Strategi ini digunakan untuk menangani keluhan pelanggan, menjawab pertanyaan konsumen terkait produk, dan lainnya.

Strategi ini cukup memberikan dampak positif bagi perusahaan, sebab dapat memberikan jawaban cepat kepada konsumen, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memanfaatkan peluang untuk menjual produk dengan cepat.

Baca juga  5 Tips dan Cara Naik Jabatan dengan Cepat

9. Earned Media 

Terakhir, contoh strategi pemasaran digital adalah earned media. Strategi ini merupakan liputan mengenai bisnis Anda yang ditulis oleh pihak ketiga dan bukan melalui pembayaran (paid). Misalnya, liputan pers dan infografis berdasarkan data survei. Alasan perusahaan banyak memanfaatkan earned media adalah karena gratis dan dampak positif pada SEO melalui backlink dari penerbit tepercaya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, strategi pemasaran digital memiliki peran penting dalam meraih kesuksesan di dalam dunia bisnis yang telah terhubung secara digital ini. Dengan memanfaatkan sumber daya online, perusahaan mampu merancang strategi yang efektif untuk mencapai hasil yang diingingkan.

Dengan pemasaran strategis yang tepat dan upaya yang konsisten secara online, perusahaan dapat memperoleh keunggulan kompetitif, meningkatkan kehadiran mereka secara online, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Apakah Anda ingin menambah wawasan terkait dunia bisnis dan pemasaran untuk meningkatkan efektivitas bisnis? Jika begitu, yuk kunjungi Blog MarkPlus Institute untuk informasi berkualitas selengkapnya!

Share with Your Friends!
Avatar for Fachri Rizki
SEO Content Writer at MarkPlus Institute

Leave a Comment