Pernahkah Anda melihat suatu brand melakukan promosi yang menggabungkan dua produk yang berbeda dalam satu paket? Bentuk promosi seperti ini disebut sebagai product bundling. Biasanya, product bundling ditawarkan dengan paket hemat dan muncul pada saat event-event atau hari besar tertentu dan platform e-commerce.

Strategi ini dianggap mampu menaikkan minat konsumen untuk membeli lebih banyak produk dari brand tersebut, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Artikel ini akan menjelaskan seputar product bundling, mulai dari definisi, jenis-jenisnya hingga keuntungan yang didapat dari strategi ini. Simak penjelasannya hingga selesai, ya!

Apa itu Product Bundling?

Product bundling merupakan salah satu taktik  pemasaran, di mana suatu produk dijual dengan cara dikelompokkan bersama dari dua atau lebih jenis dalam satu kemasan penjualan. Kemudian, kemasan tersebut dipasarkan dengan satu harga, sehingga membuat harganya menjadi lebih ekonomis atau murah, dibandingkan total harga di tiap kemasan persatuannya.

Biasanya, strategi ini dilakukan kepada setiap produk yang kurang laku ataupun produk baru yang masih belum dikenal di pasaran. Selain itu, product bundling cukup umum digunakan di dalam bisnis e-commerce sepanjang tahun untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan per pesanan. 

Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh McKinsey (dilansir dari CXL) menyatakan, bahwa sebanyak 35% dari seluruh pembelian website di Amazon berasal dari rekomendasi product bundling. 

Jenis-jenis Product Bundling

Product bundling memiliki beragam jenis yang bisa diterapkan sesuai dengan kebutuhan pemasaran suatu bisnis, antara lain:

Baca juga  Perencanaan Pemasaran Strategis, Kunci Sukses Mengembangkan Bisnis

1. Pure Bundling

Jenis ini merupakan campuran produk yang hanya dapat dibeli dalam satu bundle dan tidak diperjualkan secara terpisah. Contohnya, televisi kabel yang menawarkan paket dengan saluran yang tidak dapat dijual terpisah.

2. New Product Bundling

Jenis ini menjual produk baru bersamaan dengan produk yang laris terjual. Tujuannya agar produk yang baru diluncurkan dikenal oleh para pembeli.

3. Mix and Match Bundling

Jenis ini biasanya didasarkan pada produk yang sering dijual bersama berdasarkan data pesanan historis, di mana menggabungkan beberapa produk yang bisa digunakan konsumen secara bersamaan. Contohnya, produk rangkaian skincare yang bisa dipakai secara bersamaan.

4. Cross-Sell Bundling

Jenis ini menawarkan produk yang melengkapi produk utama. Biasanya, produk pelengkap tidak dapat digunakan secara terpisah. Contohnya, produk rice bowl dijual bersama pelengkapnya, yaitu produk minuman.

5. Buy One Get One Bundling

Jenis ini sering diterapkan oleh e-commerce, di mana perusahaan mendorong para konsumen untuk membeli produk dengan harga penuh agar mendapatkan produk lain sebagai hadiah.

Keuntungan Product Bundling

Product bundling dapat memberikan sejumlah keuntungan baik bagi pelanggan maupun produsen. Berikut adalah beberapa keuntungan dari product bundling:

1. Meningkatkan Nilai Pendapatan

Dengan memasukkan beberapa produk atau layanan ke dalam satu paket, produsen dapat meningkatkan nilai total transaksi, sehingga memungkinkan untuk meningkatkan pendapatan yang lebih tinggi.

2. Menarik Konsumen

Product bundling akan membuat konsumen merasa bahwa mereka mendapatkan nilai lebih besar, dibandingkan membeli setiap produk secara terpisah. Selain itu, beberapa jenis bundling mungkin menawarkan pilihan atau opsi tambahan bagi konsumen, sehingga memungkinkan mereka untuk memilih produk sesuai dengan preferensi mereka (fleksibel).

Baca juga  Delegasi Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Penerapannya

3. Meningkatkan Penjualan Produk Terkait

Bundling dapat mendorong penjualan produk yang kurang populer atau kurang dikenal dengan menggabungkannya dengan produk yang lebih populer atau diminati.

4. Memaksimalkan Penggunaan Produk

Bundling dapat membantu pelanggan memanfaatkan produk dengan lebih efisien atau menggabungkan produk untuk menciptakan pengalaman yang lebih kuat.

5. Mengurangi Biaya Promosi

Product bundling memungkinkan perusahaan untuk mempromosikan beberapa produk sekaligus dalam satu paket, sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi biaya promosi dibandingkan dengan mempromosikan setiap produk secara terpisah. Hal ini juga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas upaya pemasaran.

6. Mengoptimalkan Stok Produk

Product bundling dapat membantu mengoptimalkan stok produk dengan menggabungkan beberapa produk dalam satu paket, sehingga meminimalisir kemungkinan overstock atau produk yang tidak terjual dengan baik. Hal ini tentu dapat membantu bisnis mengelola inventaris mereka dengan lebih efisien dan memaksimalkan penggunaan produk yang tersedia.

7. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Product bundling dapat meningkatkan loyalitas pelanggan karena memberikan nilai tambah, menyederhanakan proses pembelian dan memenuhi berbagai kebutuhan konsumen dalam satu paket. 

Hal ini membuat konsumen merasa dihargai dan puas dengan pengalaman pembelian, sehingga cenderung kembali untuk membeli produk dari merek atau bisnis yang sama. Bundling juga dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat antara bisnis dan pelanggan karena menunjukkan bahwa bisnis memperhatikan kebutuhan dan preferensi mereka.

Penutup

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa product bundling merupakan strategi yang sangat menarik untuk diterapkan konsumen karena manfaat yang didapatkan tidak hanya untuk perusahaan, melainkan juga konsumen.

Anda bisa mempelajari berbagai tips dan cara efektif dalam berbagai strategi pemasaran bersama program Executive MBA in Strategic Marketing. 

Baca juga  Viral Marketing: Tren Baru Dunia Pemasaran

Program ini merupakan pascasarjana pertama dan satu-satunya dalam bidang pemasaran strategis di Indonesia yang dirancang untuk memberikan Anda pemahaman tentang bagaimana strategi pemasaran harus dirumuskan dalam lanskap Indonesia dan ASEAN.

Sebagian besar mata pelajaran dibuat untuk memberikan sudut pandang yang lebih kontekstual sesuai dengan apa yang terjadi di Indonesia saat ini dan di masa mendatang sehingga cocok untuk Anda yang telah memiliki pengalaman kerja berkualitas tinggi dan orang yang ingin menambah pengetahuan tentang Strategic Marketing.

Tunggu apalagi? Pantau informasi pendaftarannya di sini dan segera daftarkan diri Anda pada pendaftaran Gelombang 1 dari tanggal 27 September – 25 Oktober 2023! Yuk, jadi bagian dari Strategic Marketing Executive MBA Batch 8! 

Share with Your Friends!
Avatar for Atha Hira
SEO Writer

Leave a Comment