5 Tips dan Cara Naik Jabatan dengan Cepat

By

Iman Fadhilah

| Published

tips dan cara naik jabatan dengan cepat
Ilustrasi Seseorang yang Sedang Naik Jabatan

Dalam perjalanan karir di dunia kerja yang kompetitif, “cara naik jabatan” bukan sekadar impian, tetapi juga merupakan tujuan yang dapat diwujudkan dengan langkah-langkah yang tepat.

Langkah ini tidak hanya menunjukkan prestasi Anda, tetapi juga membuka peluang baru dalam karier Anda. 

Misalnya, dengan naik jabatan umumnya diikuti pula dengan kenaikan gaji dan kenaikan status di dalam pekerjaan.

Maka, peluang yang ada dari kenaikan jabatan membuat karir Anda bertumbuh yang mana sangat bermanfaat untuk keberlangsungan hidup Anda kedepannya.

Namun, proses untuk mencapai kenaikan jabatan bukanlah hal yang sederhana. Dibutuhkan strategi yang baik, kerja keras, dan dedikasi untuk mewujudkannya. 

Jika Anda ingin mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang Anda untuk naik jabatan di perusahaan, berikut adalah lima tips dan cara yang dapat Anda pertimbangkan.

5 Tips dan Cara Naik Jabatan di Perusahaan

Berikut ini adalah 5 tips dan cara naik jabatan di perusahaan
Ilustrasi Naik Jabatan

Usaha untuk naik jabatan memerlukan pendekatan yang strategis dan komitmen untuk mengembangkan diri.

Berikut adalah lima tips dan cara yang dapat membantu Anda dalam meraih kenaikan jabatan yang diinginkan.

  1. Jadi Role-Model Bagi Rekan-Rekan Anda

Menjadi teladan bagi rekan-rekan Anda adalah langkah penting dalam meraih kenaikan jabatan. 

Tunjukkan dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan, etika kerja yang kuat, dan sikap profesionalisme dalam setiap tindakan Anda. 

Ketika Anda memimpin dengan contoh, Anda membangun rasa saling percaya dan mengilhami rekan-rekan Anda untuk memberikan yang terbaik. 

Hal ini juga menunjukkan kepada atasan bahwa Anda memiliki kualitas kepemimpinan yang diperlukan untuk peran yang lebih tinggi.

  1. Membangun Hubungan yang Kuat

Hubungan interpersonal yang kuat adalah kunci untuk meraih kenaikan jabatan. Berinteraksi secara positif dengan atasan, rekan kerja, dan anggota tim lainnya. 

Baca juga  Negosiasi Bisnis Adalah: Tahapan, dan Mengapa Skill Ini Penting

Terlibat dalam kolaborasi, berbagi ide, dan membantu rekan-rekan Anda ketika mereka membutuhkan dukungan. 

Ketika Anda memiliki jaringan yang luas dan koneksi yang kuat, Anda akan lebih diperhatikan oleh mereka yang memiliki pengaruh dalam pengambilan keputusan kenaikan jabatan.

  1. Berani Bicara dan Tidak Takut Ambil Resiko

Berbicara dengan jelas dan tegas, serta berani mengemukakan pendapat adalah tanda kepemimpinan yang kuat. 

Jangan ragu untuk menyuarakan ide-ide Anda, bahkan jika berbeda dengan pendapat mayoritas. 

Selain itu, berani mengambil risiko yang terukur dalam tindakan dan keputusan bisnis juga menunjukkan bahwa Anda memiliki kemauan untuk menghadapi tantangan baru. 

Kepemimpinan yang efektif juga memerlukan keberanian untuk melangkah di luar zona nyaman.

  1. Mengambil Inisiatif dan Tidak Menjadi Beban

Menunjukkan inisiatif dalam mencari peluang dan tanggung jawab tambahan adalah tanda bahwa Anda siap untuk naik jabatan. 

Jangan menunggu diinstruksikan. Sebaliknya, ajukan diri Anda untuk mengambil alih proyek baru atau tugas yang lebih besar. 

Namun, pastikan bahwa inisiatif Anda tidak membuat Anda menjadi beban bagi atasan atau tim Anda. Lakukan pekerjaan dengan kualitas tinggi dan tanggung jawab penuh.

  1. Meningkatkan Keterampilan dan Pendidikan

Dunia bisnis terus berkembang, dan memiliki keterampilan yang relevan adalah kunci untuk kenaikan jabatan. 

Selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilan teknis dan kepemimpinan Anda. Ikuti pelatihan, kursus, atau seminar yang relevan untuk industri Anda. 

Sebuah penelitian dari University of Northern Texas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara training karyawan terhadap promosi atau kenaikan jabatan mereka.

Hal ini disebabkan karena pendidikan tambahan dan sertifikasi dapat memberikan keunggulan tambahan dalam persaingan. 

Menginvestasikan waktu dan usaha dalam peningkatan diri akan membuat Anda menjadi kandidat yang lebih menarik untuk kenaikan jabatan.

Baca juga  Pengertian Problem Solving dan 5 Manfaatnya dalam Dunia Kerja

Naik Jabatan Dengan Mengikuti Pelatihan Eksekutif

Salah satu cara naik jabatan di perusahaan adalah dengan mengembangkan diri lewat pelatihan.
Ilustrasi Pelatihan

Dalam perjalanan menuju kenaikan jabatan yang diinginkan, mengikuti pelatihan eksekutif menjadi langkah yang sangat tepat. 

Executive Education Program dari MarkPlus Institute menawarkan peluang berharga untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan pengetahuan yang diperlukan dalam menghadapi tuntutan dunia bisnis yang dinamis. 

Program ini tidak hanya memberikan wawasan mendalam tentang strategi bisnis dan manajemen, tetapi juga mempersiapkan peserta untuk mengatasi tantangan kompleks dalam lingkungan kerja yang berubah-ubah. 

Dengan mengikuti program ini, Anda akan meningkatkan kompetensi dan keyakinan dalam merencanakan, mengambil keputusan, serta berkomunikasi secara efektif di berbagai tingkatan organisasi. 

Maka, secara langsung program pelatihan eksekutif ini relevan dengan tujuan kenaikan jabatan, membuka pintu peluang baru dan mengantarkan Anda menuju puncak karier yang Anda impikan.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti program ini atau mengetahui informasi selengkapnya, silahkan cek artikel Executive Education Program dari MarkPlus Institute di link berikut ini.

Simak artikel MarkPlus lainnya juga jika Anda tertarik dengan topik seputar marketing, bisnis, dan karir profesional di link yang tertera berikut.

Ayo, #PerluasKapasitas bersama MarkPlus Institute!

Share with Your Friends!

Leave a Comment