Perasaan gugup ketika melakukan komunikasi virtual mungkin pernah dirasakan oleh sebagian besar orang. Untuk mengatasi rasa gugup tersebut, ada beberapa strategi yang dapat membantu kemampuan public speaking kita menjadi lebih baik. Mengasah kemampuan dan menerapkan strategi-strategi dibawah akan meningkatkan rasa ketertarikan audiens terhadap apa yang ingin kita sampaikan. Yuk, kita bahas sama-sama strategi apa saja yang bisa kamu terapkan!

Dapatkan perhatian audiens pada 30 detik pertama

Cara kamu membuka suatu pertemuan akan memberikan efek kepada audiens. Tiga puluh detik pertama adalah waktu yang krusial untuk mendapatkan perhatian mereka. Maka dari itu, mulai lah dengan sesuatu yang bisa menimbulkan reaksi para audiens virtualmu. Strategi public speaking apa sih yang bisa menarik perhatian audiens? Sapalah mereka dengan nada yang riang dan bersemangat! Kemudian, kamu bisa memulai komunikasi virtual nya dengan mengajukan pertanyaan pada audiens. Tanyakan para audiens tentang apa yang mereka tahu dan apa yang mereka ingin tahu mengenai pembahasan atau topik pada hari tersebut.

Timbulkan first impression yang baik

Membangun kesan pertama yang baik sangatlah penting dalam berkomunikasi. Hal ini dapat berpengaruh pada kelangsungan dan keseluruhan pembicaraan. Dalam melakukan public speaking dengan komunikasi virtual, melakukan eye contact dapat menjadi tantangan tersendiri. Cobalah untuk menyesuaikan kameramu sejajar dengan wajah agar terlihat jelas. Kemudian, coba untuk mengarahkan pandangan kepada webcam. Selain itu, bahasa tubuh sering kali terabaikan ketika melakukan komunikasi virtual. Sebelum memulai pertemuan, coba atur dan ambil posisi yang nyaman agar kamu bisa mempertahankan postur yang baik. Lalu, hindarilah agenda yang monoton agar audiens tidak mudah bosan dan terdistraksi. Kamu bisa menggunakan taktik set-up, pause, dan punch untuk membuat pembicaraan tetap menarik dan tidak membosankan. 

Baca juga  7 Cara Menambah Relasi Bisnis yang Tepat untuk Karier Anda

Gunakan taktik saat berbicara

Sebelum memulai pembicaraan, rancanglah strategi public speaking mu dengan taktik-taktik berikut. Pertama-tama, buatlah statement yang menarik. Misalnya, kamu bisa menyampaikan quotes menarik dari tokoh terkenal yang berpengaruh. Kemudian, tingkatkan dan jaga engagement mu dengan audiens. Hal ini dapat dilakukan dengan melemparkan atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka agar terasa lebih dekat. Kamu juga dapat menyampaikan fakta-fakta menarik dengan teknik bertanya.

Kelola situasi pertemuan

Pastikan kamu selalu memperhatikan situasi pertemuan. Kelola situasi tersebut untuk menjaga fokus dan ketertarikan audiens terhadap pembicaraan. Kamu bisa membaca bahasa tubuh mereka. Pastikan para audiens memfokuskan dirinya kepada kamu dan hal-hal yang ingin kamu sampaikan. Jika audiens mulai terlihat bosan, kamu bisa mensiasatinya dengan games sebagai selingan. Games dapat membantu mengembalikan fokus audiens kepada pembicaraan.

Kuasai cara menghadapi pertanyaan dari audiens

Terkadang, kita merasa panik ketika dihadapkan oleh pertanyaan-pertanyaan dari audiens. Terlebih lagi ketika pertanyaan yang diajukan sangat out of the box dan belum terpikirkan jawaban dan cara menjawabnya. Cobalah jawab dengan tenang dan tetap tersenyum. Untuk mengkonfirmasi pertanyaan mereka, coba ulangi kembali pertanyaan yang diajukan agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam mengartikan pertanyaan tersebut. Cobalah untuk menjawab sesuai dengan pertanyaan. Hindari menjelaskan hal-hal yang tidak ditanyakan agar tetap relevan dengan pertanyaan yang didapatkan. 

Perhatikan closing

Menutup pembicaraan juga merupakan salah satu poin penting. Agar audiens dapat memetik pembelajaran dari pembicaraan yang terjadi, coba simpulkan beberapa key points yang paling penting. Tak lupa, akhiri komunikasi virtual dengan kalimat penutup yang ‘kuat’ sehingga dapat meninggalkan kesan yang membuat hal itu melekat di benak audiens.

Baca juga  Networking dan 5 Manfaatnya dalam Dunia Kerja

Nah, setelah mengetahui strategi-strategi tersebut, kamu bisa mulai menerapkannya ya! Coba latih kemampuan public speaking mu untuk karir dan hidup yang lebih berkualitas!

Share with Your Friends!
Avatar for Talitha Fakhira
Research and Development team

Leave a Comment