Kamu ingin belajar digital marketing tapi ga tahu caranya? Yuk kita simak langkah-langka untuk memulai belajar digital marketing

Banyak sekali alasan yang mendorong populernya tren digital marketing atau digital marketing sekarang ini, tetapi sebenernya ada dua alasan yang paling populer – digital marketing mengeluarkan biaya yang lebih murah dan pada saat yang sama sangat efektif. Mengingat cakupan pertumbuhannya yang meroket akhir-akhir ini, digital marketing telah menarik banyak kalangan profesional muda – atau sekadar orang yang ingin belajar marketing. Telah banyak juga orang yang beralih ke karier di bidang digital marketing karena cakupan bidang yang luas dan peluang kerja yang fleksibel. Namun dengan banyaknya orang yang belajar digital marketing saat ini, penting untuk kamu bisa belajar digital marketing dengan efektif dan benar. Nah untuk kamu yang penasaran caranya belajar digital marketing yang efektif, artikel ini bisa membantu kamu!

Apa sih Digital Marketing Itu?

Pernahkah kamu membeli suatu produk karena ada influencer atau seorang tokoh terkenal merekomendasikannya? Atau pernah tidak kamu merenungkan untuk membeli suatu barang hanya untuk melihat iklannya yang tiba-tiba lewat di depan laptop atau smartphone kamu? Nah kalau kamu pernah mengalaminya, disinilah kamu bisa menemukan jawabannya. Ketika seseorang memasarkan dan mempromosikan barang dagangan dan merek melalui internet atau melalui berbagai saluran virtual untuk menjangkau dan terhubung dengan pelanggan, hal inilah yang disebut dengan digital marketing! Konsep digital marketing sendiri pertama kali muncul pada decade 90-an ketika internet lahir dan membawa perubahan besar bagi cara orang berkomunikasi.

Dalam digital marketing, komunikasi terjadi melalui media sosial atau iklan berbasis web, email, multimedia, atau push notification. Saat ini, perusahaan menganggap digital marketing sebagai metode masa kini untuk mendekati klien dan mengetahui perilaku mereka dengan lebih baik. Dalam dunia digital marketing, ada berbagai spesialisasi kerja seperti misal:

  1. Ahli Search Engine Optimization (SEO)
  2. Ahli pemasaran untuk media sosial
  3. Ahli pemasaran email
  4. Seorang copywriter
  5. Dan lain-lain

Bagaimana cara belajar digital marketing?

Kamu sudah tau nih tentang apa itu digital marketing, selanjutnya bagaimana sih kamu belajar digital marketing yang efektif dan langkah-langkahnya? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa belajar digital marketing yang efektif:

Baca juga  9 Jenis Strategi Pemasaran Digital yang Wajib Dicoba!

1. Ikut berbagai Kursus Online Digital Marketing

Kamu tau gak sih, ternyata banyak sekali kursus-kursus online yang bisa kamu ambil untuk belajar digital marketing. Ada yang kursus berbayar, tapi bahkan juga ada yang gratis!

Nah kalo kamu belajar digital marketing dengan kursus-kursus online ini, kamu tentu bisa memperluas pengetahuan kamu di bidang ini. Beberapa kursus online bahkan memberi kamu sertifikat untuk menambah kredibilitas portofolio kamu. Selain itu juga, dengan mengikuti kursus online juga bisa membuktikan keterampilan dan dedikasi kamu saat melamar pekerjaan di bidang ini loh!

2. Belajar dari Ahlinya!

Belajar dari ahli digital marketing bisa dari berbagai cara, mulai dari ikut seminar, pelatihan digital marketing, bahkan buku-buku mengenai belajar digital marketing. Membaca buku khususnya, akan selalu menjadi salah satu cara terbaik untuk memperluas wawasan kamu dalam subjek apa pun, karena sifat bahasan dalam buku yang sangat mendalam. Dibawah ini ada beberapa contoh buku yang membahas soal digital marketing rekomendasi kami jika kamu tertarik:

  1. New Rules for Marketing and PR oleh David Meerman Scott
  2. The Art of SEO oleh Eric Enge, Stephan Spencer, dan Jessie Stricchiola
  3. See you on the Internet: Building Your Small Business with Digital Marketing oleh  Avery Swartz

3.     Membaca Blog-Blog yang Membahas tentang Belajar Digital Marketing

Digital marketing adalah bidang yang berkembang secara dinamis dan karenanya, pengetahuan Anda menghadapi risiko menjadi usang dengan sangat cepat. Untuk tetap berada di atas segalanya, seseorang harus berlangganan blog digital marketing seperti yang disebutkan di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut saat bepergian:

  1. Emeritus Blog | Trends and News for Learners, Educators, and Employers
  2. Hubspot
  3. MobileMonkey
  4. CMSWire

4.     Buat Blog Anda Sendiri

Kamu bisa loh buat blog kamu sendiri! Membuat blog adalah cara yang menyenangkan untuk belajar tentang digital marketing. Selain itu, membuat blog sendiri akan memberi kamu pengalaman praktis yang bisa kamu pamerkan di resume kamu. Saat membuat dan mengerjakan blog kamu sendiri, akan dituntutu untuk mempelajari beberapa aspek paling penting dari digital marketing seperti SEO atau pemasaran di media sosial. Blog yang kamu buat pun tidak harus tentang digital marketing. Kamu bisa membuat blog tentang apa saja yang kamu sukai, dimana pengalaman praktis yang dimaksud disini adalah bagaimana kamu bisa menggunakan alat dan strategi digital marketing untuk membuat dan mempromosikan blog kamu

6.     Dengarkan Podcast

Tahukah kamu? Dilansir dari Improve Podcast, jumlah pendengar podcast mengalami peningkatan mencapai 144 juta pendengar! Podcast telah menjadi konten yang sedang tren saat ini. Ini dikarenakan podcast sendiri yang sangat nyaman dan mudah kamu gunakan. Podcast berbentuk audio, jadi kamu hanya tinggal dengar saha, dan kamu bisa sambil beraktifitas seperti berolahraga atau bepergian! 

Baca juga  5 Sertifikasi Digital Marketing Gratis untuk Dukung Karirmu

Ada begitu banyak pembelajaran yang bisa kamu dengarkan melalui podcast, termasuk digital marketing. Kamu bisa belajar digital marketing melalui podcast, dengan konten yang kaya dibawakan oleh para ahli digital marketing. Nah dibawah ini beberapa podcast digital marketing yang bisa kamu dengarkan, seperti:

  1. Agen Perubahan oleh Rich Brooks
  2. Goal Digger oleh Jenna Kutcher
  3. Adweek Metaverse Marketing oleh Cathy Hackl
  4. Semua Orang Membenci Pemasar oleh Louis Grenier
  5. Dan masih banyak lagi!

7.     Belajar Digital Marketing lewat Video YouTube

Metode ini nyatanya menjadi salah satu metode yang cukup populer. Sudah banyak video YouTube yang membantu kamu yang ingin belajar digital marketing. Platform ini menjadi populer salah satunya karena sifatnya yang mudah diakses, gratis, dan juga tidak kalah informatif. Banyak saluran YouTube digital marketing yang menyediakan konten berkualitas. Beberapa saluran YouTube yang memberikan pelajaran digital marketing misalnya:

  1. Emeritus
  2. SEMrush
  3. HubSpot
  4. Dan lain-lain

Bisa Gak Sih Kamu Belajar Digital Marketing Secara Otodidak dan Mempelajarinya Secara Gratis?

Pastinya bisa. Kamu bisa belajar digital marketing lewat berbagai macam platform seperti kursus online, video YouTube, webinar, podcast, atau blog. Tapi perlu diingat bahwa sumber daya ini hanyalah titik awal. Kamu tetap butuh pengalaman praktis untuk tumbuh dan berkembang dalam karier digital marketing kamu!

Apa Saja Keterampilan yang Diperlukan dalam Belajar Digital marketing?

Menurut McKinsey, selama empat tahun terakhir, semua pertumbuhan periklanan global berasal dari periklanan digital, sementara pengeluaran untuk saluran tradisional menurun. Dengan mengingat hal itu, untuk berkembang sebagai seorang pemasar digital, kamu akan butuh beberapa keterampilan berikut:

1. Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) 

Menurunkan, melacak, dan melakukan analisis pola lalu lintas organik atau tidak berbayar adalah SEO. Di sisi lain, memperoleh trafik dengan bantuan iklan yang berbayar disebut SEM. Sebagai seorang profesional digital marketing, kamu harus punya pengetahuan dasar tentang SEO dan SEM. Dua konsep ini dasar dan cukup vital dalam perjalanan kamu belajar digital marketing. Kamu dapat mendorong konten yang sesuai ke audiens target yang tepat dengan SEO dan secara bersamaan mempersempit target audiens kamu.

2.  Skill Media Sosial

Platform media sosial memiliki algoritma yang unik, dimana platform ini memungkinkan bisnis untuk menargetkan konten mereka ke audiens tertentu dan mendapatkan data yang akurat. Kamu hanya tinggal memposting konten online yang relevan dan berkualitas tinggi, ditambah merumuskan strategi media sosial yang kamu ginakan. Selain itu, keterampilan seperti berkomunikasi dengan audiens kamu juga penting.

Perlu diketahui juga bahwa setiap saluran media sosial punya bahasanya masing-masing. Misalnya, Instagram adalah media yang sangat visual, sementara LinkedIn hanya untuk para profesional. Kamu harus bisa menentukan dan menilai saluran media sosial mana yang masuk akal untuk merek kamu dan kemudian menyusun strategi yang sesuai. Inilah fungsinya belajar digital marketing, agar kamu bisa belajar menilai setiap platform yang kamu gunakan

Baca juga  Soft skill Apa Saja Yang Dibutuhkan Seorang Manajer

3. Keterampilan Desain

Ada sesuatu yang dikenal sebagai ‘pemikiran desain’ atau design thinking yang mengacu pada penemuan solusi berbagai masalah melalui proses praktis dan kreatif. Pengalaman pertama dari orang yang melihat merek kamu kemudian sangat penting untuk berhasil dalam digital marketing. Hal ini misalnya berhubungan dengan desain atau tampilan produk dan brand kamu di mata orang lain. Memiliki pengetahuan dasar tentang keterampilan desain dapat meningkatkan kualitas konten yang kamu berikan. Bahkan jika kamu tidak bisa melakukan desain secara spesifik, untuk tahu teori dan konsep mengenai desain dan pengaruhnya terhadap merek kamu adalah hal yang sangat vital. Karena itu pengetahuan desain juga akan sangat membantu kamu dalam belajar digital marketing kedepannya.

4. Perencanaan Strategis

Tak perlu dikatakan bahwa sebagai seorang profesional digital marketing, kamu harus tahu cara membuat strategi pemasaran. Beberapa persyaratan penting untuk ini adalah sejumlah besar perencanaan yang luas dan teliti. Selain itu, selalu mengikuti perkembangan tren yang muncul adalah hal yang penting dalam industri ini.

5. Kemampuan Menganalisis Data

Kemampuan dalam menganalisis data akan selalu menjadi bagian penting untuk usaha marketing yang kamu lakukan. Menganalisis data dari setiap kampanye marketing kamu akan membantu kamu dalam membuat keputusan yang lebih tepat. Ini adalah bagian krusial juga dalam belajar digital marketing yang berkaitan dengan data-data digital.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam menganalisis data adalah dengan mengumpulkan dan menggunakan informasi yang terkumpul untuk menemukan solusi dan membuat keputusan. Setelah itu, kamu menganalisis data untuk lebih memahami perilaku pelanggan dan memberikan solusi untuk meningkatkan misal traffic website kamu jika ada dan kemudian konversi menjadi penjualan. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara mengumpulkan dan menggunakan data untuk keuntungan kamu.

Kesimpulan

Nah itu tadi semua adalah penjelasan penting tentang bagaimana kamu bisa belajar digital marketing  yang efektif, sekaligus apa-apa saja yang perlu kamu perhatikan dalam belajar digital marketing. Belajar digital marketing sama seperti belajar bidang-bidang ilmu lainnya, kamu perlu konsistensi dan dedikasi. Semua brand dan marketer yang berhasil, tidak bisa langsung berhasil pada sekali percobaan. Mereka ditempa oleh banyak kegagalan sehingga mereka bisa memasarkan produk dan atau jasa mereka dengan efektif di internet. Itulah hasil dari konsistensi mereka dalam belajar digital marketing yang bisa kamu contoh, selamat belajar!

Share with Your Friends!
Avatar for Defantra Ramadhan
Research and Development at MarkPlus

Leave a Comment